Ngeblog Random dengan Niche Lifestyle

FYI, blog Inokari ini adalah blog kedua yang aku buat dan rawat hingga sekarang. Masih ada blog satu lagi sih, namanya Ketimpuk Buku yang sudah kelihatan nichenya apa dari judulnya itu, ya kan? Lalu, blog pertamanya Intan mana nih? Kok ngakunya selama ini cuma punya 2 blog doang?

Blog pertama udah ditutup. Hehe.

Karena ..

Akhir 2012 dulu itu aku beneran buta banget soal blog. Bikin blog sekedar untuk memenuhi syarat ikutan giveaway doang. Karena sayang membiarkan blog pertama itu berdebu, aku isi deh sama puisi-puisi yang pernah aku ikutkan dalam berbagai lomba kecil-kecilan di facebook. Selain itu aku juga bikin tulisan berseri tentang tanggal 12. Why 12? Karena tanggal 12 adalah tanggal jadian sama pacar, tentunya sekarang udah mantan. Mau jomblo sampai halal. Eh maksudnya dihalalkan, deng.


Isi blog pertama itu sungguhlah alay. Wahahaaaa. Tapi anehnya waktu itu sih pede-pede aja ngeshare link tulisan ke sosmed. Anehnya juga pembacanya lumayan banyak. Mostly dedek-dedek gemes yang rajin mention di twitter “Kak Ntan, kapan lanjutin cerita cintanya sama Kak anu? Ditungguin ya.” Sungguhlah receh hal-hal yang aku bagikan di blog masa itu. Sekarang masih receh sih, tapi gak begitu malu-maluin lagi. Kayaknya sih, gak tau kalo sore.


Makin berumur gini, kok ya makin males ngasih tau ke seluruh sosmed lagi deket sama siapa, udah berapa lama & ceritanya bagaimana. Soalnya … kalo gak jadi sampai pelaminan tuh malu & capek. Capek ngapusin foto-fotonya. Haha

Move on dari kisah cinta-cintaan, Dek Ntan lalu bikin blog dengan judul Goresan Pemenang (cikal bakal inokari dot com). Wahaha namanya alay. Tapi dulu bangga dong, soalnya semacam sugesti kalo ikutan giveaway pake blog ini, dijamin menang. Dan beneran banyak menang sih. Hehe. Blog ini awalnya dipake buat ikutan giveaway, ikutan lomba, sekalian jadi tempat dokumentasi hadiah-hadiah yang didapatkan. Masa-masa berjaya, dalam sebulan bisa menang belasan hadiah, walo yaa hadiahnya macam mug, buku, voucher makan di KFC, pulsa, yang gitu-gitu deh, rasanya menyenangkan aja. Waktu luang bisa dipake untuk hal-hal berfaedah.

Time flies, aku udah semakin sibuk sama urusan kantor. Yang kalo orang luar lihat, kerjaan penyiar radio itu apa sih? Paling cuma ngomong doang, terus pulang. Nyatanya nggak begitu sayang. Penyiar yang pengen dipunya sama instansi sekarang ya yang multitasking. Bisa siaran, bisa nulis naskah, bisa dipake buat voice over, liputan ke lapangan buat bahan feature, and many more. Kalo lagi sibuk banget, bisa tidur 6 jam sehari itu udah anugerah yang patut disyukuri banget.

Tapi yang namanya passion emang gak bisa dijauhin, meski sibuk banget, aku masih nyari celah biar bisa ngeblog, udah kadung kebiasaan nulis di blog walo cuma curhat-curhat receh. Nyatanya, curhatan receh itu juga yang bikin survive sewaktu terdampar kerja di Bintuhan. Ngeblog jadi semacam escape untuk melihat dunia dari ranah maya. Kamu tau, di sosmed semua orang berlomba untuk terlihat paling bahagia. Nggak salah sih. Sah-sah aja. Aku juga ngefilter apa yang mau dibagiin di sosmed. Kalo pun ada yang sedih-sedih, diusahain tertutup sama emoji ketawa ato caption manis. Biarin di dunia nyata aja sedih itu gak bisa ditutupin. Tapiiii.. kalo lagi susah, pengen kan dikuatin? Kalo lihat orang-orang nih bahagiaaaa semua, kadang jadi makin stress. KENAPA AKU DOANG YANG SEDIH MENDERITA GUNDAH GULANA?

Aku bilangin, coba main-main ke blog lifestyle, dari curhatan receh mereka, kamu bakal tau kalo pahit manis asem asin dunia kehidupan itu hal yang wajar. Sedihmu itu bukan yang paling gloomy di dunia. Masalahmu itu bisa jadi cuma se per sekian ujung kuku masalah orang lain. Yap, di blog, orang-orang kelihatan lebih manusiawi. Mereka senang, mereka sedih, mereka punya pencapaian, mereka kadang juga jatuh sejatuh jatuhnya. Ngeblog itu bikin kamu punya teman, walo posisi kamu sekedar lagi di balik layar laptop.


Itulah kenapa, nyaris 5 tahun punya blog gado-gado atau kalo kata orang zaman sekarang tuh blog lifestyle, aku masih betah-betah aja. Gak semua yang harus ditulis di blog itu adalah hal yang besar, pencapaian luar biasa, kalo ternyata yang remeh juga berguna. Aku pernah dapat sebuah email, sialnya aku baca email itu pas lagi di kantor. Mau nangis malu, malu kalo kelihatan sama temen kantor. Gak nangis gimana, dadaku udah sesak. Then, aku nangis di kamar mandi. Haha bego!


Kalo kamu dapat email seperti itu, apa yang kamu rasakan? Nangis gak kamu? Aku gak pernah berniat selalu terlihat kuat pas lagi nulis. Aku kadang nulis curhatan itu sambil nangis. Ya maklum, hati Dek Ntan itu kadang terlalu dangdut, cemen, sering gloomy. Tapi aku selalu berpegang sama prinsip, jangan bikin orang lain jadi ikutan sedih karena kesedihanmu. Sedih boleh, tapi cari caranya biar sedihmu itu menguap, kalo perlu bantu orang lain untuk mengatasi kesedihannya. Gitu. Makanya di balik shit things yang sering terjadi, aku selalu nyoba melihat dari sisi lain, dari sisi yang lebih terang. Aku bawa semangat itu ke tulisan-tulisan yang aku posting di sini. Biar kalo ada yang lagi sedih terus nyasar ke sini, dia bisa ngerasa punya temen yang gak ngejudge tapi ngepukpuk biar sedihnya hilang. Sesederhana itu aja udah.



Buat aku pribadi, tulisan di blog ini sometimes membantu banget. Pas lagi sedih, pas lagi jatuh & hilang arah, aku buka tulisan lama yang menyenangkan, yang bikin semangat, yang bisa dijadikan moodbooster. Last but not the least teman-teman, apa pun niche blogmu, sereceh apa pun isinya, usahain ada hal-hal baik yang bisa diambil. Hal baik itu bisa berupa hiburan, penyemangat, inspirasi atau apa pun, asal jangan bikin tulisan yang makin bikin orang lain hopeless. Wkwk. Semangat ngeblog yak man teman. Kelilingi diri dengan para blogger, jangan mau termakan bujuk rayu hiatus, gabung komunitas Blogger Bengkulu sekalian buat anak-anak muda Bengkulu yang mau belajar ngeblog. :)

8 comments

  1. Hai Intan, udah lama banget ya ampun aku nggak ninggalin komen di sini 😂

    Kalau aku dapet email kayak gitu, ku bakal nangis juga ntan. Terharu banget.

    Setuju sih, kalau di sosmed terutama instagram banyaknya yang di share ya yang bahagia-bahagia gitu. Dan bener juga,kadang bikin merasa menderita gundah gulana sendiri tapi tetep dikuat-kuatin nyahaha.

    Beda sama di blog. Bisa nemu berbagai macam rasa dan hal baru yang bikin lebih semangat buat hidup dan menghibur.

    *dan aku jadi semangat ngekuis dan ngegiveaway gegara postingan yang kubaca di blog ini lho. Makasih banyak yaaa hihihi *pelukdigital

    Blog aku receh banget dong hahaha. *lari ke pojokan terus tutupin muka.

    ReplyDelete
  2. Yeele

    Ternyata ada blog yang isinya tentang kisah cinta intan? Mana mana mana? Aku pengen baca hehehee

    ReplyDelete
  3. Wah tulisan ini juga moodboster juga lho :D Tulisan di blogkku juga random gak menentu di satu tema, haha.

    ReplyDelete
  4. Uuuh so sweet tulisannya kak Intan :D Blog lifestyle banyak ngasih refresh baik buat yang baca dan yang nulis. Cuma ya dulu pas awal-awal sepi, teman dekat yang suka nulis malas ngeblog, jadilah blog pertama fira meski sudah 4 tahun, ramainya baru pas fira gabung Bobe dan mulai rajin bw. Selalu semangat kak, aku tunggu posting-posting selanjutnya.

    ReplyDelete
  5. gaya hidup seseorang apalagi yang unik dan nyentrik adalah hal menarik

    ReplyDelete
  6. blog aku banget nbak Ntan yg gado-gado. btw aku udah ngikutin tulisan2 mbak Ntan dari zaman dahulu kala, dari mbak Intan msh alay wkwk, dan bagi aku tulisan mbk Intan selalu menginspirasi sampe skrg. terimakasih tulisan ini membangkitkan semangatku atas blog gado2 ku mbak.

    ReplyDelete
  7. wah, intan ada blog cinta, hihihi

    btw ma kasih ya Intan atas share ilmu dan pengalamannya ya buat Bobe

    ReplyDelete
  8. semoga banyak manfaat ya dari share ilmu kemarin

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^