5 Ide Ngabuburit Asyik di Rumah Saja

Bukber. Bukber tahun kemarin :')


Tidak pernah terbayang akan menjalani Ramadhan model begini. Sama sekali tidak pernah. Ramadhan yang aku kenal sedari kecil, templatenya adalah jalan-jalan pagi setelah sholat subuh, berburu takjil, buka puasa bareng teman-teman, ibadah di masjid dengan riang gembira. Tapi setelah corona datang & belum tau kapan perginya, ‘the new normal’ mau gak mau, suka gak suka, harus kita jalani juga. Bekerja, belajar & beribadah di rumah saja. Keluar rumah hanya untuk urusan urgent, seperti membeli bahan makanan atau ke apotek.

Pastinya tidak mudah menjalani perubahan drastis seperti ini. Di awal pandemi, aku pun sempat denial & ujung-ujungnya malah migrain. Haha. Rindu bebas ke sana kemari, rindu ngantor dengan konsep normal, rindu bisa menghadiri event ina itu, rindu hari-hari sebelum adanya pandemi. Tapi, bukan cuma aku kan yang mengalami situasi ini? Lagian, kita bisa apa selain menerima, lalu belajar beradaptasi dengan keadaan baru. Apalagi di bulan Ramadhan begini, tidak layak rasanya lebih banyak berkeluh kesah dibanding beribadah, apalagi masih banyak hal-hal yang bisa disyukuri. Seperti nikmat sehat, bahan makanan yang masih ada di kulkas, gaji bulanan yang masih mengalir, kesempatan untuk bersama-sama orang yang disayangi. It’s enough.


Lalu apa yang aku lakukan untuk mengisi ngabuburit selama Ramadhan biar tetap seru meski harus di rumah saja? Here we go.

1.     Membaca Buku


So Many Books, So Little Time. Dalam kondisi normal biasanya begitulah keadaannya. Ngantor hampir tiap hari, belum lagi kalau ada acara luar studio seperti pagelaran music atau acara-acara di sekolah/kampus. Whoah bisa leyeh-leyeh di rumah sambil baca buku adalah kesempatan yang langka. Makanya di tengah pandemi ini, aku benar-benar memanfaatkan waktu untuk babat habis timbunan & baca buku-buku bagus yang banyak bertebaran di perpustakaan digital. Hobi gratisan yang bikin happy hihi.

2. Menonton Drama Korea

Oppa oppa!!

Sebelum pandemi, terakhir kali aku nonton drama korea itu adalah ... jeng jeng tahun 2015. Waktu itu aku baru saja ditempatkan di kantor cabang di daerah. Sepi banget coy. Teman baru cuma sedikit, mall gak ada, begitu pun tempat-tempat keramaian lainnya. Cuma .. pantainya cakep-cakep. Tapi kan bosan juga ya kalau tiap hari main ke pantai. Untuk mengusir bosan, aku pun nyoba nonton drakor, ndilala ketagihan. Sampai kemudian bersibuk-sibuk ria lagi & drakor pun sempat tersisihkan dari hidupku. Cielah. Haha.

Baru deh di saat pandemi ini, punya banyak waktu luang untuk nontonin eounni & oppa-oppa cakep itu. Tapi nih ya, saran dari aku, kalo lagi ngabuburit, jangan cari drama-drama berat penuh konflik yang bikin kamu pengen maki-maki. Mending nonton drama-drama uwuw yang bikin senyum-senyum happy saja. Kalo lagi puasa kan gaboleh marah-marah, beb. Tahan emosi. Jagalah hati, jangan kau kotori. :p

3. Memasak Menu Buka Puasa


Kalau bukan karena corona, mungkin aku gak akan tertarik masuk dapur. Prinsipku, kalau bisa makan di luar, kenapa harus ribet masak? Sekarang berbalik, aku emang harus membiasakan diri ribet masak, karena udah gak bisa makan di luar. Duh hidup. Dari yang awalnya terpaksa, lama-lama jadi terbiasa. Meski baru bisa masak menu-menu rumahan sederhana, buatku yang sehari-harinya selalu jajan/delivery makanan, ini adalah sebuah pencapaian. Yosh.

Asyik juga ternyata ngubek-ngubek dapur, nyobain resep ina itu dengan bantuan blog atau youtube orang lain. Nagih sih. Apalagi sekarang tuh ada-ada aja resep yang viral di medsos. Tertantang aja buat ikut nyobain. Lebih seru ketimbang jajan, perjuangannya lebih berasa. Lagian nih ya, setelah menjalani proses masak memasak sendiri di dapur, ternyata lebih hemat dibanding jajan mulu di luar. Tentunya juga lebih sehat & bersih. Yeey!

4. Berkebun

Ini juga sebenarnya berhubungan sama masak memasak. Kalo lagi masak terus ada kelengkapan bahan-bahan yang kurang kan males ya harus ke kang sayur dulu. Pengennya langsung metik aja di halaman. Ringkes. Makanya, aku mulai berkebun sayur mayur yang mudah tumbuh di pot, seperti cabai, daun mint, daun mint, daun basil & tomat. Selain membantu menghemat budget pengeluaran belanja rumah tangga, berkebun juga katanya bisa bikin sistem kekebalan tubuh kita lebih oke. Barangkali karena bahagia & bebas stress kali ya lihat yang hijau-hijau di masa pandemi seperti sekarang ini?

5. Ngabuburit Online


Meski asyik berkutat dengan hobi selama pandemi, aku hanya manusia biasa yang tetap butuh interaksi sosial, butuh ngobrol-ngobrol, butuh ketawa-tawa sama orang lain di luar keluarga inti. Kalau berkutat sama diri sendiri aja, ya bakal stress juga haha. Padahal nih ya, gak hanya kesehatan badan, kesehatan mental itu juga penting. Aku berusaha banget jaga diri dan pikiran dari potensi stres di masa pandemik ini dengan hiburan-hiburan yang bermanfaat. Makanya sooooo happy ketika bisa ngabuburit online bareng FWD. Yup! The new normal : #DiRumahAjaBarengFWD tetap kompak menyebarkan kebaikan meski terpisah jarak.


Kegiatan yang digelar FWD pun seru-seru, seperti pada hari Rabu lalu (29/04/20), aku bisa merasakan keseruan ngabuburit online via instagram live sambil tetap produktif. Ikutan ngakak lihat keseruan Kak Gita Bhebhita yang memandu live bersama Chef Putri Miranti. Ngobrolnya heboh, keceriaannya menular, berasa lagi nongkrong sama genk heboh hihii. Makin berfaedah karena instagram livenya sambil bebikinin takjil, cendol chia yang nikmat buat berbuka puasa.

Pada mau resepnya gak nih?

Resep Cendol Chia

Bahan-bahan :

50gr Tepung Beras
1 pak Agar-Agar Plain / Jelly
Perisa/Extract Pandan secukupnya
Sejumput Garam
1 sdt Chia Seed
Susu
Sirup secukupnya
Air 500gr

Cara Membuat :

1.  Masukkan tepung beras, agar-agar, perisa pandan, garam ke dalam panci dan tuang air. Aduk rata, lalu nyalakan kompor.
2.     Setelah matang, tuang dicetakan cendol. Tips cetak cendok di dalam air dingin/es batu agar cendol cepat mengeras.
3.  Tuang cendol ke dalam mangkuk/gelas, ditambah dengan chia seed, susu, sirup sesuai selera

Jangan lupa dicobain yak!

Kegiatan hari Jumat lalu (01/05/20) juga nggak kalah seru. Setelah hopeless kalo Ramadhan tahun ini akan berlalu tanpa bukber, eh ternyata bisa merasakan sensasi bukber virtual sikasik. Kali ini bukan hanya bareng Kak Gita Bhebhita & Chef Putri Miranti, tapi juga ada Ibu Maika Randini yang merupakan Chief Marketing Officer FWD Life. Kata Ibu Maika, selain seru-seruan  Instagram Live setiap minggunya, #bukabarengFWD dengan jajanan dan percakapan virtual, ada juga kegiatan #berbagibarengFWD melalui SOS Children's Villages. Sepakat banget kalo berbagi itu bukan hanya materi saja, tetapi juga momen, harapan, dan pengalaman. Dengan semagat bersama, kita bisa loh mendukung hidupkan mimpi anak Indonesia dengan membuka donasi untuk SOS Children’s Village Indonesia.

Jalan-jalan ke Pantai Panjang
Tapi hanya dalam mimpi saja
Pandemi ini mungkin masih panjang
Bersama kita saling jaga ya!



14 comments

  1. Udah nyoba semuanya, tapi kayaknya kegiatan ngabuburit yg paling sering dilakukan pas masa pandemi kayak gini ya gogoleran eh terus ketiduran.

    ReplyDelete
  2. Diantara semua itu aku pilih nonton drakor aja mbaaakk wkwkw.. kalok yang lainnya itu bikin capek wkwkw

    ReplyDelete
  3. Diantara semua itu aku pilih nonton drakor aja mbaaakk wkwkw.. kalok yang lainnya itu bikin capek wkwkw

    ReplyDelete
  4. Aku banget itu mbak, selama pandemi mantengin drama-drama korea terbaru eheheh btw, resep cendolnya menggiurkan bangetttt. Jadi pengen buat juga haha

    ReplyDelete
  5. semua udah dicobain nih Intan, masak juga makin rajin kadang resep dicampur aduk juga, hahaha. baca buku diganti medsos

    ReplyDelete
  6. Dari 5 tips nomor 2 aja yang nggak deh hahaha...anyway makasih tipsnya ya mba selamat ngabuburit juga

    ReplyDelete
  7. ngabuburitku adalah bekerja menjadi karyawan pabrik masker (rumahhan)mama hehe.
    tapi paling suka tidur sih (eh).
    soalnya kalau sore biasanya udah capek banget

    ReplyDelete
  8. Ah iyaa samaan, akupun selama dirumah kaya gitu, lebih banyak akrivitas bareng anak, cobain masak ma liat Ig live

    ReplyDelete
  9. memasak adalah favoriteku, jadi nyobain resep apa aja yang penasaran dimasak

    ReplyDelete
  10. Kebetulan juga banyak buku yang belun sempat kubaca, mungkin ini waktunya. Lumayan di rumah aja tetap produktif hehe

    ReplyDelete
  11. Memasak ini emang paling seru banget yah kegitan dirumah aja seperti ini banyak aktifitas yang bisa dilakukan dirumah aja ya tentunya

    ReplyDelete
  12. Asyik banget yah kak namanya dirumah aja gini pastinya seru banget bisa melakukan kegiatan apa aja termasuk ngabuburit yah

    ReplyDelete
  13. Diantara semua yang gak aku lakuin adalah berkebun..hehehe.. Walau punya taman, ternyata gak bisa ngerawatnya

    ReplyDelete
  14. Kayaknya enak resepnya ya Intan.

    Alhamdulillah sudah terbiasa dengan the new normal.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^