2020 Rewind

 

Meski 2020 banyak banget dramanya, tapi tahun 2020 tetap jadi tahun spesial buatku. Tahun di mana akhirnya aku menikah, menempuh hidup baru, yang ternyata emang benaran baru. Hidup tidak lagi memikirkan mimpi diri sendiri, tapi berkolaborasi bersama suami & Insya Allah bersama anak-anak nanti. Aku ingin mengingat 2020 dalam memori yang baik. Here we go, 2020 rewind versi aku.

Januari 2020

Pertama kalinya aku ngambil cuti di awal tahun, seminggu full. Balik ke Lubuk Durian, nenangin hati, mau nyiapin printilan nikah. Deg degan parah sih. Aku nulis di buku catatan banyak banget sebagai sarana healing, apa-apa yang harus aku siapin, gimana budgetingnya, apa aja yang bikin aku khawatir dan gimana solusinya. Waktu berlalu cepet banget deh tuh di Januari. Cemas campur excited!

Februari 2020

Lamaran. Sederhana aja, karena pengen menghemat budget hehe. Niatnya simpen-simpen uang buat honeymoon ke Malang & Jogja, tapi ternyata apa daya, jangankan honeymoon, rencana resepsi pun berantakan karena pandemi. Nangis sih lihat ribuan undangan yang akhirnya dibuang. Padahal ngonsep sendiri tuh sama Kak Albeth, sampe puyeng, tapi akhirnya kebuang sia-sia. Menangis huhu! Andai bisa diulang, aku mau bikin acara lamaran yang proper, terus mau prewedding juga ahahaha.


Maret 2020

Persiapan nikahan udah hampir beres, walo banyak juga dramanya. Setelah jungkir balik nyiapin segala sesuatunya, akhirnya bisa bernafas lega. Huft. Karena udah agak selow, akhirnya sempat ikutan giveaway minat baca, mayan banget dapat pulsa bonus kepercayaan diri kalo ternyata hoki aku di giveaway tuh masih ada. Haha. Terus sempat ikutan lomba video pendek juga tentang desa impian. Alhamdulillah menang uang tunai 500 K. Kepercayaan diri buat ngelomba, pelan-pelan mulai dateng lagi.

Cuma nih di akhir maret ternyata jadi sering berurai airmata, apalagi penyebabnya kalo bukan karena pandemi & maklumat kapolri yang melarang hajatan. Susah banget untuk legowo sih. Apalagi udah prepare abis-abisan. Tapi pada akhirnya, yang terjadi ya terjadilah.

April 2020

Finally MENIKAH. Dengan akad sederhana & khidmat. Alhamdulillah. Saking santuynya nikahan aku kemarin tuh, malem-malem sebelum hari H akad, aku masih sempet ngerjain project campign hahaha. Ya abis gimana, yang hadir hanya keluarga ini, penghulu & saksi. Syukurannya cuma ngundang tetangga satu RT, itu pun makan-makannya diungsikan di rumah tetangga sebelah. Takut dibubarin kan kalo rame-ramean di rumah.


Cuti nikah 12 hari yang direncanakan bakal dihabiskan dengan honeymoon istimewa, ternyata berakhir di rumah saja. Aku dan suami menghabiskan waktu dengan nonton drakor, diawali dengan Crash Landing on You yang berhasil dengan gegap gempita bikin kami bobo jam 3 pagi. Haha. Pas cuti berakhir, aku juga banyakan di rumah karena siaran 3 programma dimerger jadi 1, banyakan wfh. Jadi bener-bener memulai hidup baru dengan belajar masak. Waktu itu ga punya pilihan sih, mau jajan juga gak berani. Pandemi lagi hot-hotnya (sebenernya sampe sekarang pun hiks). Berat badan aku sempat turun banyak, karena ternyata ngurusin rumah & masak capek uga ya. Lebih capek dari ngantor coy. Ga ada abisnya tuh kerjaan rumah.

Di minggu-minggu awal menikah, aku sempat nangis & ngeluh ke suami karena udah jam 11 tapi kerjaan rumah gak beres-beres, belum mandi, belum makan huhu. Makin ke sini, udah dapet celahnya lah. Belajar bikin prioritas & mengutamakan kesehatan fisik mental dibanding rapinya rumah. Alesan banget ya hahaha. Seumur hidup, baru pas nikah ini, aku move on dari masak sambel-sambelan & tumis-tumisan doang, udah naik level dikit bisa masak sup ayam, ayam bakar & menu-menu lainnya. Horay!

Mei 2020

Bulan Mei udah mulai ambil job online lagi, ikutan acara buka puasa virtual, ikutan kuis, dll. Seneng karena suami support, bukan hanya mengizinkan aku pacaran lama-lama sama laptop tapi juga bantuin ambil foto & video. Aku juga jadi rajin lagi ngekuis karena pengen dapet hadiah yang bisa dinikmati berdua bareng suami.

Di bulan ini tuh masih banyakan wfh, tapi tantangannya harus ngerasain siaran sahur coy. Opening siaran jam 3 pagi, which is jam 2 udah harus bangun & siap-siap. Ngeri banget kan kalo gak kebangun. Sahur berdua suami di depan studio. Dia tungguin sampe beres siaran di jam 7 pagi. Amboii.. kalo bisa gak mau lagi ngerasain siaran sahur. Berat anet!

 

Juni 2020

Masih konsisten ikutan kuis, apalagi yang ada hubungannya sama dunia finansial & investasi. Ngerasain banget sih pas pandemi butuh source income yang lain selain dari kerjaan sehari-hari. Masih memfavoritkan Om Nicky Hogan. Selalu duduk manis & mengikuti tiap kali beliau ngisi IG live. Karena ya niat investasi harus senantiasa di jalan yang lurus biar gak greedy, dan bagiku salah satu orang yang punya pemikiran bener soal investasi di pasar modal tuh beliau. Salah satu hikmah dari pandemi nih, banyak bertebaran IG live & webinar berfaedah. Termasuk sesi sharing-sharing dari Om Nicky Hogan.

Akhir Juni, siaran udah gak merger lagi. Aku balik siaran di Pro 2. Ih gak nyangka, setelah terpisah sekian lama, muternya balik lagi di Pro 2. Bisa bawain acara ABCB lagi, bisa siaran ala anak muda lagi. Ya tentu aja seneng. Tapi bye bye WFH, yang artinya sama dengan halo rumah makan padang. Aku gak punya energi lagi buat masak sering-sering wkwkw.

Juli 2020

Aku dan suami mulai kebosenan kerja kerja kerja & di rumah aja. Akhirnya nyari tempat main yang outdoor, yang gak terlalu ramai & bisa bikin otak lebih rileks. Akhirnya sempat main ke Lorong Watu Argamakmur & main ke Bukit Jipang, Curup. Syeneng!


Agustus 2020

Agustus liburan berdua sama suami ke Kaur. Nginep 3 malam, main dari pantai ke pantai. Seru banget. Apalagi pas ke Pantai Pengubaian. Rileks banget sih pikiran. Tentram. Waktu itu sekalian nyari konten juga buat ikutan lomba podcast tapi berlatar video. Menang dong juara 2. Hadiahnya Rp 7 juta rupiah, hadiah paling besar sepanjang pengalaman aku ikutan lomba & ngegiveaway huhu syeneng. Views podcastnya di IGTV juga tembus 1000an lebih. Cakep. Tapi sampe sekarang belum punya energi buat menseriusi podcast, palingan bikin konten pas ada lomba aja.



Di bulan Agustus ini aku juga menang banyak giveaway kecil-kecilan, kaya buku & uang tunai. Rezeki banget Alhamdulillah. Di akhir bulan Agustus itu ditutup dengan sharing bareng IDX Bengkulu di live IG. Syeneng bisa sharing seputar investasi di pasar modal.

 

September 2020

September juga cakep nih. Menang lomba review buku, dapat paket buku & saffron masa. Berguna banget pas pandemi gini. Kalo bukan karena hadiah, aku kayanya belum nyobain saffron, soalnya mahal coy. 0,5 gram aja harganya udah ratusan ribu. Etapi emang nendang sih manfaatnya. Aku hampir sakit berulang kali karena kurang istirahat, Alhamdulillah bisa dapat energi tambahan dari saffron.  

Perdana dikirimi produk kecantikan juga nih di bulan September & ada kerjasama lanjutan di bulan berikutnya yeyy. Paling nendang pas menang giveaway nginep di Mercure. Aaakk! Jadi hadiah ulang tahun buat suami. Jadi makin semangat dong ikutan giveaway.

 


Oktober 2020

Oktober kembali diisi dengan keriweuhan mau ngadain resepsi nikahan. Kalo nurutin maunya aku, aku sih udah gamau lagi resepsian. Mending uangnya buat tambah-tambah beli mobil ato rumah, tapi orangtua keukeuh mau resepsian. Dipikir-pikir lagi yada yada, kan aku anak tunggal, cuma sekali aja ada pesta nikahan di rumah tuh. Walo serba buru-buru karena takut ada maklumat larangan keramaian lagi, Alhamdulillah resepsi done. Gitu ya rasanya pake sunting, berat & bikin sakit kepala haduh haha.



Bulan Oktober ini aku juga bawain program Guru Keliling, program inisiasi RRI untuk membantu adik-adik berkebutuhan khusus agar lebih proper belajar karena langsung didatangi di rumah. Seru, haru, banyak lagi perasaan pas keliling dari SLB ke SLB. Dari SLB di Kota Bengkulu hingga Bengkulu Utara, Kaur, Rejang Lebong, Seluma, dll.

 

November & Desember 2020

Kerjaan di kantor lagi banyak-banyaknya. Dari mulai bikin acara apresiasi puisi, rapat evaluasi, dll. huft. Ada hari-hari di mana ngerasa kurang waktu sama suami. ada saat-saat yang akhirnya bikin mikir, apa aku terlalu sibuk ya? doh, padahal mau program punya bayi. Huhu. Menyeimbangkan antara urusan kantor & rumah tangga, ternyata gak gampang, but i’ll try. Nyoba nerapin midfullness. Kalo lagi di rumah & bareng suami yaudah sih, kerjaan bisa nanti-nanti. Aku juga ngurang-ngurangin ngomel haha. Masa sih udah jarang ketemu, pas ketemu malah diomelin. Kan kasian suami akuu. :p

Kalo lagi luang & suami lagi sibuk sama ‘enemy has been slain’, aku menyibukkan diri dengan webinar, masih ikutan giveaway juga. Kemarin tuh pas Bobe (read: Blogger Bengkulu) ngadain giveaway marathon, Alhamdulillah bisa menang 3 kali. Dapat nasi liwet, basreng & pembalut Avail. Ahahah.

Alhamdulillah untuk semua nikmat yang hadir di tahun 2020. 2021 pastinya akan lanjut berjuang, sambil tetap nyari-nyari potensi cuan-cuan yang lain. :p Doain juga 2021 ini bisa enjoy promil & dapat dedek bayi yahh. Biar rumah makin semarak, biar hidup makin berwarna & makin seru begadangnya ahaha. Btw, aku punya sih list resolusi lengkap untuk tahun 2021 ini, tapi nanti-nanti aja deh aku ceritain pas satu per satu udah diraih. Aamiin. Bisamillah for 2021, semoga indah! :))

 

12 comments

  1. MasyaAllah, bagus banget foto pernikahannya mbak... semoga 2021 ini lebih indah untuk kita semua...

    ReplyDelete
  2. Hadeuh ntan....panjang bangets tulisannya.
    Tapi kebaca semua kata demi kata tak ada yang terlewatkan.
    Hikmah yang kuambil dari tulisan ini adalah belajar berlapang dada menerima real kehidupan walau jauh dari rencana yang ada. InsyaAllah rencana Allah SWT akan terasa lebih nikmat dan indah jika kita syukuri.

    ReplyDelete
  3. Perjalanan 2020 yang berkesan sekali tan, allah memberi berkah amiin

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ya Mbk Tan... ☺
    2020 mmg nano2 bagi smua org aku rasa.
    aamiin, semoga segera dpt momongan ya Mbk. ☺☺ Semangat Mbk Tan utk 2021 😍

    ReplyDelete
  5. Meski banyak yang buat pusing akibat pandemi, tapi bisa dibilang juga tahun keberuntungan ya buat mbak. Coz banyak dapat cuan dari GA dan ikut lomba. Keren dah mbak😍

    ReplyDelete
  6. Wahh..aku baru tau ternyata mbak Ntan anak tunggal toh. Wajar ortunya keukeh mau ngadain resepsi. Coz cuma sekali ini loh.🤗

    ReplyDelete
  7. Wahh..aku baru tau ternyata mbak Ntan anak tunggal toh. Wajar ortunya keukeh mau ngadain resepsi. Coz cuma sekali ini loh.🤗

    ReplyDelete
  8. Liku-likunya dengan sabar dilewati. Ada pelangi setelah hujan usai, dek. Rutinitas pekerjaan dan rumah tangga memang kudu balance. Insyallah kita bisa. hehehe

    ReplyDelete
  9. Uhuyy indahnya tahun 2020-nya kak, Intan. Walaupun lagi masa pandemi tapi tak melunturkan kebahagiakan ibadah seumur hidup ini ya, kak heheh.

    ReplyDelete
  10. wonderful 2020 nih for Intan, next can be good and unix memories. but alhamdulillah, i am grateful too see your story, finally your be wife. and the next i hope you be mom too. aamiin

    ReplyDelete
  11. Selalu seru baca curhatan dek ntan. Asik yah sekarang dah punya suami dan ngerti banget itu kennapa kerjaan rumah gak kelar-kelar. Wkwkwk. Belom lagi nanti punya bayi. Hahaha.. moga disegerakan ya deek

    ReplyDelete
  12. Peluk Intan. kalo aku yang ngadepi kenyataan kayak gitu udah stress berat pasti. tapi dirimu tangguh. saluuut.. semoga bahagia selalu dengan ayang bebnya ya.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^