Mendadak Lapar Saat Mampir ke Blognya Ardiba Sefrienda


Sate. Daging bakar tusuk berbumbu gurih ini diperkirakan mulai diciptakan sekitar awal abad 19 bersamaan dengan banyaknya arus pedagang, baik itu pedagang yang statusnya pendatang maupun penyebar agama dari Arab ke Indonesia. Saat itu, penggunaan bahan dasar sate yang paling digemari adalah daging kambing. Namun seiring dengan membaurnya berbagai etnis di Indonesia seperti suku Jawa, Sumatera, Sunda dan suku lainnya, penggunaan bahan dasar  sate pun semakin berkembang dan beragam. Bukan hanya daging kambing atau domba saja sekarang ini yang dapat diolah menjadi hidangan sate yang lezat, namun begitu pula dengan daging ayam, bebek, sapi, kerbau, kuda, kerang bahkan kelinci. Tentunya bumbu untuk mendampingi sate pun sudah semakin variatif. Hidangan nusantara satu ini, dengan seiring waktu menjadi kuliner andalan Indonesia yang kelezatannya sudah mendunia.  



Omong-omong soal sate, di blog salah satu food blogger yang aku kenal melalui arisan link Blogger Perempuan, Mbak Ardiba Sefrienda, aku memperoleh informasi tentang sate klathak alias sate kambing khas Jogja. Kabarnya, di Jogja sekarang ini, penikmat kuliner sudah bisa menikmati sate klathak versi kekinian di sebuah tempat makan bernama Nglathak. Menariknya, di sana tersedia sate klathak yang dipadukan dengan mozzarella. Wuih. Nyam nyam. Dan jangan salah nih gaes, keju mozarellanya produksi lokal loh, dari Wonosari. Sumber susunya pun diambil langsung dari Cangkringan. Keren kan? Makanan enak kekinian tapi bahan yang digunakan 100% produk lokal dan menggunakan bahan tradisional. Wah, ini sih bisnisnya keren, bisa sekalian memberdayakan UKM-UKM juga loh.

Lalu selain itu, di sana juga ada gulai dengan pedas berlevel yang kekinian. Yang doyan padas pasti happy. Untuk menyegarkan tenggorokan sehabis makan yang pedas-pedas yummy, kamu bisa pilih minuman kekinian tapi tradisonal juga, namanya green smoothie yoghurt. Kamu perlu tau, alih-alih menggunakan matcha yang jelas-jelas produk impor, Nglathak ini lebih memilih menggunakan campuran yoghurt dan daun kelor. Kece! Nggak cuma segar dan nikmat, secara ilmiah daun kelor terbukti punya kandungan protein lebih tinggi, jadi lebih berkhasiat untuk tubuh. Makan minum enak, tapi tetap sehat, siapa sih yang gak doyan hayo?

Eh tapi nih, udah kenal sama Mbak Ardiba belum, teman-teman? Kalo main ke blognya aku suka laper loh, karena memang cukup banyak blogpost soal makanan. Tapi tentu aja banyak hal lain yang dibahas, bahkan curhat pun ada. Karena Mbak Diba juga berperan sebagai family dan lifestyle blogger. Blogger kece yang sudah sering menjuarai berbagai lomba menulis maupun giveaway ini, sekarang menetap di Palembang, setelah sebelumnya tinggal lama di Jogja. Boleh dibilang, Mbak Diba adalah blogger angkatan lama, karena sudah mulai ngeblog sejak tahun 2009. Wah cakeeep bisa bertahan ngeblog sampai tahun 2017 ini loh. Udah berapa tahun coba? 8 tahun gaes!

Source : https://www.instagram.com/ardibars/

Kamu perlu tau juga nih teman-teman, Mbak Diba pindah ke Palembang karena tuntutan pekerjaan, artinya di luar ngeblog, Mbak Diba juga punya kesibukan di tempat kerja. Balik lagi soal passion mah ini, kalo nggak punya passion menulis dan ngeblog, yakin gak akan kuat nyediain waktu buat ngeblog lagi. Membagi waktu untuk kesibukan di kantor, keluarga dan blog, bukan perkara mudah. Aku pernah merasakannya sendiri. Hehe. Apalagi nih, Mbak Diba ternyata juga punya 2 blog. Blog lainnya itu membahas seputar investasi. Berat ya? Makanya Mbak Diba ngajakin teman untuk berkolaborasi menulis di blog itu setiap sebulan sekali. Ide bagus kan gaes? Kalo mentok nulis sendirian, kita bisa loh ngajakin teman blogger lain untuk berkolaborasi. :)


Ardiba Sefrienda

6 comments

  1. Jadi kepingin nih mbak nyate, itu mbak Adiba keren banget ya bahasannya tentang investasi

    ReplyDelete
  2. saya mah udah lapar duluan pas ngeliat fotonya

    ReplyDelete
  3. Duh. Bikin laper kalau lihat makanan. Apalagi sate, enak sekali kyaknya, cma nelan ludah.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^