Prioritas


Tepat seminggu aku pindah ke Bengkulu dan aku ngerasa belum ngapa-ngapain. Haha. Siaran sih udah ya, udah ngerasain jungkir balik tidur malam gak nyenyak & kaget-kagetan kebangun mulu tiap satu jam, saking takutnya kebablasan tidur. Bayangin deh, nyetting alarm jam 4 pagi, jam 12nya udah kebangun, bobo lagi, jam 1 kebangun lagi, bobo lagi, jam 2 kebangun lagi .. grrrrr! Drama siaran pagi uuuuu..




Tapi bukan itu maksudku. Kalau sekedar siaran mah, gak usah jauh-jauh pindah ke Bengkulu, kali. Di Bintuhan kan juga siaran. Maksudnya, filler-filler, majalah udara, mini fragmen, ILM dan pernak Pernik siaran lain itu yang harus aku kejar. Harus pelan-pelan dikerjakan kalo gak mau begadang pas ada tugas dadakan dari pusat. Lagian malu ah sama SK kalo pas pindah gini kerjanya malah melempem, sedangkan tertulis jelas alasan pindah tugas dari Bintuhan ke Bengkulu ini untuk mengawal Pro 4 re-design. Ya salah satunya dengan bikin pernak pernik siaran itu. Wajib hukumnya!


Kalo dipikir-pikir emang sih semingguan ini aku masih beradaptasi (ulang) dengan suasana Bengkulu, berikut suasana di kantor. Maklum, meski dulu kerja di sini, tapi kan udah beda ya.. after 2,5 years, tentu banyak ritme kerja yang harus aku ikuti. Dan ya, kalo aku pikir pindah ke Bintuhan dulu bikin gagal move on, sebenernya balik ke Bengkulu pun bikin kagok. Tetap butuh penyesuaian. Namanya juga ninggalin zona yang pelan-pelan udah dirasa nyaman kan gak semudah ngeblock kontak mantan yang dulu pernah ninggalin tanpa alasan, terus sekarang minta balikan lagi, ya kan?

Nah, salah satu penghambat aku buat mulai lari-lari kecil di kondisi ini nggak lain nggak bukan karena aku tergolong tipe manusia yang banyak mau. Fokusnya sering terbelah, terpecah, terbagi. Ya begitu deh. Ngasih kontribusi buat kantor, mau.. Ngeblog kenceng juga mau. Jualan online juga kepengen. Main game super Mario jalan teros. Ngunduh buku di Scoop gak kelar-kelar. Stalking akunnya Gisel & lihat-lihat online shop yang dia endorse. Dan bla bla bla. Dari yang penting sampe ke hal-hal yang receh,

Intinya sih, aku merasa gagal mengatur prioritas. Terlalu maruk. Ambisinya terlalu kompleks. Padahal… untuk bisa lari-lari kecil sampai kemudian terbang, tentu harus fokus. Tentu harus meluangkan waktu lebih banyak di bidang tertentu & konsisten. Contohnya aja soal edit mengedit, aku udah bisa pegang Adobe tapi gak lancar dan belum bisa main feeling. Coba kalo tiap hari latihan ngedit, pasti bakal beda cerita.  

Contoh lain lagi seputar pemasukan tambahan. Jadi ceritanya, aku pengeeeeen banget bisa lepas ketergantungan sama uang gaji dari kantor. Pengen deh kerja karena emang pengen kerja, ikut ngasih kontribusi untuk negara, bukan sekedar nadah transferan tiap bulan. Aku tuh ya pengeeeeen punya passive income dari usaha atau mungkin dari hasil investasi. Ngebayangin kalo udah punya kos-kosan 20 pintu, alangkah enaknya. Tiap bulan uang masuk, bisa lebih bebas ngatur waktu buat nulis, masak kue atau melakukan apa pun yang aku suka. Jadi semacam pengen usaha sampingan biar kos-kosannya lekas jadi, tapi gak tau mau buka usaha apa hahaa.

Aku sering lupa kalo dari blog ini, blog buku, juga sosmed-sosmed yang aku punya, aku sering dapat uang jajan tambahan yang lumayan. Dulu pernah berjaya jadi kuis hunter, sering hoki pas ada giveaway, job juga lumayan, sepadan lah sama usaha ngeblognya yang pasang surut wkwkw. Seandainya ngekuisnya tekun lagi kayak dulu, ngeblognya dikencengin lagi, apa itu gak bisa dijadikan sumber tambahan buat bikin kosan idaman? Menurutku sih bisa. Jadi mari kita lupakan soal pengen buka olshop itu. Udah sering banget nyoba jualan, tapi produk ganti terooos tiap bulan. Haha

So, mari kita atur ulang prioritas, coba untuk lebih konsisten & berkesinambungan. Naskah pernak pernik siaran, rundown acara, naskah interview/MCing dll harus dikerjakan setiap hari. Lebih bagus kerja dikit-dikit tapi sering, daripada ngerjain seluruh deadline sampe gak sempat tidur berminggu-minggu. Hoho. Selain itu, pengen ngekuis lagi, ngegiveaway lagi, ngeblog yang kenceng, juga menyelesaikan naskah buku yang – kok gak pernah disentuh lagi, coba? Lebih sering main super Mario nih si Intan!

Btw, kalo kamu, apa prioritasnya dalam jangka waktu dekat ini, gaes?





4 comments

  1. Ya, elah dikira merek toko sebelah tan, taunya...
    Semoga dimudahkan dan tercapai semuanya ya yang di Prioritaskan

    ReplyDelete
  2. Emang dapet ucapan "congrats" dari kuis dan giveaway itu nagihi banget ya... aku juga lumayan sering dapat, semoga tahun depan dapetnya yang lebih cetar lagi...eh kok doain diri sendiri...hihihi
    Semoga yang diprioritaskan segera terwujud mba...

    ReplyDelete
  3. Ntaaannn, alhamdulillah udah back for good ke Bengkulu ya! :) semoga segera bisa memanajemen waktu biar semua dapet bagiannya untuk dikerjain.

    ReplyDelete
  4. Kalo aku sih prioritas utama saat ini mau cepat2 kelarin skripsi terus wisuda deh. setelah itu ya maunya cari pekerjaan. maunya kerja jadi penyiar kayak mbak Intan, tapi itu mungkin gak yaaa?

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^