Upaya Tetap Sehat & Produktif di Tengah Pandemi Covid-19


Pandemi covid-19 udah mau ulang tahun, apa kabar kesehatan fisik & mental? Semoga masih baik-baik saja.

Kalau di awal-awal pandemi masuk ke Indonesia maret tahun lalu, aku masih terlalu sibuk bertanya-tanya,

“Duh gimana nih, aku harus apa?”

“Kapan nih selesainya?”

“Gimana kalau seandainya begini begini begini?”

Sekarang sih udah moving ke mode realistis, update info covid-19 secukupnya, berusaha melanjutkan hidup dengan baik. Walau vaksin udah ada, tapi bukan berarti boleh longgar sama protokol kesehatan. Jangan sayang! Menurut hitungan matematisnya tuh, andai distribusi vaksin berjalan lancar, kita butuh waktu 3-4 tahun sampai seluruh penduduk Indonesia dapat jatah vaksin. Amboi. Jadi sabar-sabar. Gak usah ngarepin hidup normal seperti sebelum pandemi. Nggak. Nggak akan pernah sama lagi. Yang bisa kita lakukan ya menjalani hidup normal baru seperti saat ini. Memakai masker ketika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain, mencuci tangan dengan sabun & air mengalir. Dan seabrek perubahan-perubahan lain yang turut menyertai pandemi yang belum tau endingnya ini.


Termasuk perubahan gaya hidup yang lebih sehat, karena takut jatuh sakit.

Sakit apapun.

Takut rumah sakit penuh, takut gak ada dokter, takut gak mendapatkan perawatan maksimal karena semua lini disibukkan dengan hantaman pandemi.

Di tengah kondisi yang kayak gini, menjaga kesehatan diri sangat sangat wajib dilakukan. Menjaga asupan makanan, tidur yang cukup, olahraga teratur, cari immune booster biar tetap sehat & produktif di masa-masa yang sulit ini. Dulu aku santai aja begadang nonton drakor, gak memenuhi kebutuhan tidur yang ideal. Sebelum pandemi aku juga cuek sama asupan makanan yang aku konsumsi. Pernah seharian cuma makan bakso bakar doang, besoknya tipes. Gak kapok, tahun depannya kerja sampai teler & berujung bedrest di rumah sakit. Huhu. Kalo sekarang ya ampun beneran mikir ulang kalo mau begadang, gak makan teratur, ato mau mageran seharian. Karena terlalu ngeri kalo jatuh sakit sekarang tuh.

Kecuali saat siaran malam (yang biasanya seminggu sekali), aku udah mematikan handphone di jam 9 malam. Kalau belum ngantuk, biasanya baca buku dulu sebagai pengantar tidur. Seringnya sih ngantuk, karena buku-buku yang aku pilih sebagai pengantar tidur jenis buku yang berat buatku, seperti buku tentang saham, psikologi, filsafat. Beuh. Bisa beres 10 halaman udah prestasi. Aku sengaja gak milih novel, takut novelnya seru, alih-alih bisa cepat tidur, yang ada aku malah bisa begadang sampe novelnya tamat. Haha. Tidur lebih awal, bangun pun lebih awal, rasanya bisa menyambut dunia dengan lebih lapang.

Ketika bangun tidur pun, aku tidak lagi secara auto mencari handphone. Kalau dulu itu tuh penyakitnya. Bangun tidur ku terus buka sosmed, lihat pencapaian orang, lalu insecure. Hahahaha. Buka handphonenya nanti lah sekitar jam 8 pagi. Nikmatin morning routine dulu bikin mood jadi oke. Setelah sholat subuh, aku nyempetin workout sebentar lalu santai-santai sambil menikmati minuman favorit aku, sembari baca buku atau dengerin podcast. Nikmat banget rasanya menikmati pagi dengan selow, sebelum disibukkan dengan huru hara dunia.


Btw, minuman favorit saat morning routine yang akhir-akhir ini rutin aku sesap adalah madu, madu uray, madu murni berkualitas dengan harga terjangkau. Sebenarnya madu uray ini udah sering aku konsumsi sejak bertahun lalu (awalnya karena nyari madu lokal yang terjangkau untuk masker muka hehehe), tapi sejak pandemi ini, aku rutin minum madu setiap pagi. Kadang dicampur lemon, kadang jadi temennya teh, kadang diminum langsung aja. Sesuai selera. Semuanya enyak, karena basicnya tuh madu uray emang udah seenak itu. Manisnya pas, gak bikin sampe keblenger.  

Dulu susah banget rasanya nyari madu organik yang harganya masuk akal. Malah nih ya, aku pernah ketipu beli madu yang katanya organik, nyatanya oplosan madu sama air gula. What! Huhu. Makanya bersyukur banget kenal madu uray, yang kabarnya diambil dari hutan daerah Sulawesi Selatan yang jauh dari industri dan polusi. Madunya pun diproses secara higienis, resmi diawasi oleh LPPOM MUI (halal) dan BPOM Indonesia pula. Seneng. Udah gabisa lagi kena tipu-tipu madu palsu. Lebih nyaman & aman deh mengkonsumsi madu.

Makin seneng lagi karena sekarang @maduuray ada versi sticknya loh. Iya, ada raw uray honey sticks dan raw uray honey & ginger sticks. Kalo dulu pas siaran shift pagi, aku bela-belain bawa madu uray kemasan botol, sekarang cukup selipin ke tas doang. Praktis banget, fix banget jadi madu kesayangan.


Kalau kamu pengen coba madu uray juga atau pengen repurchase nih kayak aku, kamu bisa beli di Jagapati, toko online makanan sehat yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik di Tokopedia & Shopee. Jadi, sejak Juni 2020, Jagapati tidak lagi menjual produk impor, melainkan berfokus menjual produk lokal. Dengan tujuan ingin memperkenalkan produk lokal dari petani & UKM di Indonesia. Wah keren sekali. Jangan sampai, produk dari Indonesia udah diekspor kemana-mana, tapi justru gak dikenal sama bangsa sendiri, kan sayang banget.

Yuk ah kalo mau belanja langsung aja ke ..

https://shopee.co.id/jagapatidotcom

https://www.tokopedia.com/jagapati

https://www.blibli.com/merchant/jagapati  

https://www.lazada.co.id/shop/jagapati-official/

https://www.bukalapak.com/jagapati-official

Happy shopping gaes di @jagapatidotcom. Tetap jaga kesehatan ya. Kita bisa melewati pandemi ini bareng-bareng. Bismillah :))

9 comments

  1. Bener saaayyy sekarang mending kita realistis aja deh kalo semuanya nggak bakal balik kayak dulu lagi. Kalo ngomongin soal pariwisata apalagi. Mending sekarang mulai belajar jenis wirausaha lain yang lebih menguntungkan dengan jadi reseller Madu Uray ini misalnya :D

    ReplyDelete
  2. Keadaan di tengah pandemi gini, penting banget menjaga kesehatan, ini salah satu upaya yg baik...

    ReplyDelete
  3. Banyak tokoh yang menjual jadi mudah mendapatkannya, mau coba madu uray nih

    ReplyDelete
  4. Madu itu minuman kesehatan yang sudah dianjurkan sejak zaman nabi ya dek. Aku setuju, madu menjadi penting dikonsumsi, terlebih saat pandemi seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Boleh nih cb beli dan konsumsi madu uray juga ☺ nice info bgt nih Mbk...

    ReplyDelete
  6. Madu Uray salah satu madu yang amat recomended untuk dikonsumsi di massa pandemic ini...

    ReplyDelete
  7. Reminder banget ni agar nggak lengah karena pandemi belum berakhir.

    ReplyDelete
  8. Wahh.. Jadi penasaran sama rasa madu uray mbak Ntan.. Coba ceki-ceki dulu lah di marketplacenya.😊

    ReplyDelete
  9. Asik nih morning routinenya dek Ntan. ❤️ Asik emang kalau bisa workout jalan-jalan sebentar sambil hirup udara segar. Pulangnya minum lemon hangat pake madu Uray.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^