5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan



Bulan November ceria sudah hampir usai, artinya kita segera akan menyambut bulan Desember. Si bulan ke-12 alias bulan terakhir dalam satu tahun ini. Apa kabar resolusimu? Alhamdulillah kalo bisa membubuhkan banyak tanda checklist di samping goals-goals yang ingin dicapai. Kerja keras udah beres, boleh dong kalo mau memanjakan diri di akhir tahun? Waiya boleh banget, biar fisik & mental bisa istirahat sejenak dari huru hara dunia kerja. Lagian, seperti layaknya pisau, kalo dipake terus tanpa diasah, tanpa diistirahatkan, bisa aja berkarat, lalu patah toh? *brb cek sisa-sisa cinta cuti.

5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan


Tapi nih, ada yang jadi PR banget kalo mau menikmati libur nasional yang juga merangkap sebagai libur akhir tahun di bulan Desember kelak. Ketika peak season alias libur panjang akhir tahun, semua biaya seperti tiket pesawat, hotel, sewa kendaraan dan lain-lain menjadi lebih mahal. Duh, rasanya pengen kekepin dompet, takut bocor di sana sini & terpaksa makan mie instan setiap hari selama bulan Januari. Gawat!


Makanya genks, liburan butuh perencanaan. Agar liburannya bener-bener bisa ngasih rasa bahagia yang sempurna. Bukan justru rasa cemas & was-was saat melihat sisa saldo di rekening. Horror. Jadi apa nih tipsnya Ntan biar liburannya manis, tanpa bikin saldo terkikis?


1. Tentukan waktu & lamanya liburan

5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan


Kalo buat temen-temen yang senasib sepenanggungan kayak aku yang kerja kantoran di bidang operasional, cermat menentukan waktu & lamanya liburan emang wajib banget. Kalo di kantor lagi riweuh sama event, ya kudu sadar diri, jangan ambil liburan terlalu lama. Waktunya juga kudu pas, jangan pas lagi ada acara gede, ngana justru kabur ke luar kota. Cuti emang jadi hak karyawan sih, tapi kalo cuti buat seneng-seneng di saat kondisi kantor lagi riweuh, kayaknya kok ya nggak tega ya.

2. Menentukan destinasi wisata tujuan

Kalo liburannya cuma dapet 4-5 hari doang, liburan ke Karimunjawa sana kayaknya bukan pilihan tepat. Kecuali kalo kamu berangkat dari Semarang. Coba cek kiri kanan, lihat kota tetangga, kali ada yang menarik untuk dijadikan pengisi libur natal hingga jelang libur tahun baru kelak. Misalnya nih, buat aku yang tinggal di Bengkulu gini, pilihan terkece buat liburan ya muterin Pulau Sumatera ini. Banyak kok pilihannya. Ada Sumatera Utara yang menawarkan keindahan Danau Toba, ada Sumatera Barat yang menawarkan pemandangan rumah gadang, Sumatera Selatan yang menawarkan pempek enak & indahnya jembatan ampera, dan masih banyak lagi.
 
5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan
Memandang tanda-tanda liburan di bawah sana :')
So, bijaklah menentukan destinasi wisata yang hendak kamu tuju. Jangan sampai libur yang cuma seiprit justru dihabiskan di perjalanan sajo. Capek badan dongs beb!

3. Susun itinerary

Udah sampai di kota tempat berlibur, terus malah bingung mau kemana? Duh, makanya menyusun itinerary emang penting banget yaks. Jangan males browsing buat nyari-nyari rekomendasi tempat berlibur yang kece, tempat kulineran yang enak & tempat berburu oleh-oleh dengan harga murah meriah. Asyik kan! Makanya jangan terlalu membiarkan liburan mengalir seperti air mengalir. Kalo ngalirnya ke selokan kumuh, emang mau? *Dek, please analoginya itu loh!

4. Jaga kesehatan

Udah dari jauh-jauh hari mempersiapkan liburan, ndilala pas hari H malah terkapar di tempat tidur karena sakit. Haduh, pedih hati, kept. So, seexcited apapun mempersiapkan liburan, jangan abaikan kesehatan. Tetap tidur yang cukup, makan yang teratur, tidak malas olahraga & menjauhi si biang stress. Biar pas saat liburan sudah tiba, kita bisa menikmatinya dengan fit & fresh. Yuhuuuu selamat datang liburan.

5. Tentukan budget

Poin penting banget ya beb. BUDGET. Seperti apa pun rencana liburanmu, eksekusinya tetap ditentukan oleh budget semata. Usahakan sih emang nabung buat liburan ini dari jauh-jauh hari. Ya sekitar 3-6 bulan sebelumnya lah. Makin lama makin bagus sih. Jangan sampe menggerus perekonomian kamu juga sih, maks 10% saja dari income tiap bulan yang disisihkan khusus buat travelling & liburan.
 
5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan
Ketika udah siap liburan, eh budgetnya gacukup. Cengirin jangan? xD
Pastiin juga kamu berlibur sesuai kemampuan. Mampunya bepergian dengan kelas ekonomi yaudah, gausah maksain naik kelas bisnis demi terlihat keren. Mampunya makan di lokasi tipe B aja, ga usah memaksakan diri berhutang demi bisa makan enak di lokasi tipe A plus plus. Termasuk juga urusan oleh-oleh, mampunya beliin tempelan kulkas unyil-unyil yowis, ga usah beli seabrek-abrek barang mahal. Kena julid karena bawa oleh-oleh murah? Hih, ga usah ditemenin lagi, masa untung dibawain oleh-oleh ya kan. *galak!

Then, the last but not the least, pandai-pandai buat berhemat di sana sini. seperti misalnya saat beli tiket pesawat & hotel. Kamu biasanya pesan terpisah ato gimana? Kalo kamu belinya di Traveloka, ada yang seru nih, jadi kamu bisa pesan paket pesawat sekaligus hotel secara bersamaan. Hematnya bisa sampe 20%an. Gils gak sih?

5 Tips Mempersiapkan Libur Akhir Tahun yang Menyenangkan


Lagian praktis juga kan, cukup klik klik, ga usah lagi memesan tiket dan hotel secara terpisah, langsung satu paket aja sekalian. Gampil, hemat waktu, hemat uang pun dibanding ketika kamu harus pesan satu per satu. Selisih uangnya kan lumayan beb buat tambahan beliin oleh-oleh. Ya atau tydac? Nah, makin sip lagi nih, karena pesan memesan di Traveloka tu mudah banget elah cara bayarnya. Via ATM okay, via m-banking ayo, mau bayar secara cash via gerai minimarket yang itu, juga cuss aja. Bebas mah.

Jadi, akhir tahun ini, kamu mau liburan ke mana? Sama siapa? Mau ngapain aja?

KEPO YA WOY! :D




41 comments

  1. Paragraf ke 2 mmng pnulisanny bln September ya ?

    ReplyDelete
  2. Budget itu yang belum bisa disiplin. Sudah bikin list beli oleh2nya sekian saja, eh tahunya nambah dan nambah lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess. Apalah arti rencana liburan tanpa budget yg sesuai ya mba :)

      Delete
  3. Kayaknya akhir tahun ini, saya mau menghabiskan di rumah aja. Lagi malas ke mana-mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen kemana-mana mba. Tapi lagi mikir juga apa lebih enak beli kamera aja ya ketimbang halan-halan? *problem sobat misqueen yg duidnya pas-pasan xD

      Delete
  4. Jaga kesehatan wajib banget ya Ntan, kalau nggak sehat batal deh semuanya, nabung juga perlu banget wkwkwk. PR banget nih soal budget, kebutuhan emak-emak udah beda ama yang masih single.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess Kak Nyi, biar liburannya happy. Btw, aku masih single loh, tapi tetep susah nabung *plak xD

      Delete
  5. Liburan tahun ini nggak kemana-mana sih, paling mudik aja ke rumah ortu bareng anak-anak juga, mumpung libur sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asal happy udah terhitung liburan juga mba. Selamat mudik :)

      Delete
  6. belum menyusun rencana nih buat liburan desember..tapi rencananya sih mudik sebentar trus di rumah aja..budgetnya ga ada ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di rumah aja asal diisi kegiatan yg nyenengin pasti happy juga liburannya ya mba ^^

      Delete
  7. Iya, di jaman milenia ini apa sih ya g susah, kita serba dimanja sama teknologi .Tp binda blm punya acara liburan th th atau early next year.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess bun, serba gampang asal ada uangnya hihiii. Yeayy, samaan bun. Intan juga next year punya rencana liburan nyeberang pulau. Kalo akhir tahun ini yg deket-deket aja deh :)

      Delete
  8. Memang akhir tahun selalu jadi momentum ubtuk liburan yaa mba.. eemm mau coba merencanakan pakai tips nya ah.. 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess semoga tipsnya membantu mbaa. Akhir tahun emang waktu liburan banget, semuanya jadi mihil *kekepin dompet xD

      Delete
  9. Iya nih, sebentar lagi akhir tahun.. Dan saya masih galau untuk menentukan liburan ke mana. Siap-siap libur akhir tahun memang sangat perlu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga galaunya lekas usai ya mba hiihii. Kalo budgetnya banyak, keliling ke banyak tempat wisata aja mba xD

      Delete
  10. Jaga kesehatan itu kaya remeh tapi ternyata penting banget ya mak. Pernah kejadian soalnya udah siap siap liburan, eh anak jatuh sakit. Jadi pending deh liburannya hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sedih ya mak kalo kaya gitu hmmm. Harus banget emang jaga kesehatan biar semua planning lancar jaya :)

      Delete
  11. Ini aku perjalanan ke Malang, dan masih bingung mau kemana aja, hahaha

    ReplyDelete
  12. Liburan memang butuh stamina yang tinggi baik jasmani maupun rohani dan yang jelas kesehatan dompet juga ya..jangan sampai tekor.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat! Liburan biar happy ya mba, bukan malah bikin stress krn tabungan terkuras hihii

      Delete
  13. mesti banyak nabung ini kalau mau liburan cus nanti baru bisa tentuin destinasinya

    ReplyDelete
  14. Mantap deh hrs disiapin jauh hari ya soalnya bakal peak season

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess mba. Semuanya jadi serba mihiiil *ku sedih pengen kekepin dompet xD

      Delete
  15. Kalau waktunya terbatas, bikin itinerary penting banget emang apalagi buat saya yg mageran. Tapi kalau waktu banyak mah woles aja, suka-suka lah mau ngapain juga, nggak harus pake jadwal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku mah waktu liburan terbatas mba. Cuti palingan cuma seminggu sajo, sayang kalo liburannya gak maks huhu

      Delete
  16. Ok banget tipsnya mbk...bsa diaplikasikan ni. mksh ya...

    ReplyDelete
  17. Main ke Semarang dong Intan, pengen mitap denganmuuu

    ReplyDelete
  18. Liburan akhir tahun ini, malah aku yang dikunjungi adik-adikku dari Surabaya, Ntan.
    Doakan yaa...biar gak di cengir-in ((pertanda apa, Ntan??))
    Hehhe~

    ReplyDelete
  19. Harus cepat-cepat booking tiket nih sebelum mahal. Menghadapi liburan ini malah bingung mau kemana.

    ReplyDelete
  20. Nah yang jadi tantangan skarang menyisihkan budget, soalnya kudu bawa anak2 hehee.. Makasih tips nya ntan

    ReplyDelete
  21. Asyik... hawa liburan akhir tahun udah dekat yaa apalagi pas cek harga tiket pesawat udah pada sejuta lebih. Huwaaaa

    ReplyDelete
  22. Liburan akhir tahun tu pasti rame org banget ya mbak? Tapi happy aja sih ya, apalagi kalau persiapannya matang. InsyaAllah akan menyenangkan.

    ReplyDelete
  23. Aku beberapa kali pesan akomodasi juga via Traveloka. Praktis dan cepat, cara pembayarannya pun mudah banget.

    ReplyDelete
  24. Libur akhir tahun, bareng libur anak sekolah. Aku blm ada rencana mau libura ke mana... Hikss

    ReplyDelete
  25. Alhamdulillah, akhir tahun ini sudah merencanakannya, :)

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^