Korelasi Antara Uang & Kebahagiaan Serta Banyaknya Pilihan




“Gimana kehidupan after marriage? Menyenangkan gak?”

Aku bertanya dengan nada riang ke seorang sahabat yang baru saja menikah & tengah hamil muda. Setahuku, menikah di usia pas 25 tahun adalah impiannya sejak dulu. Dan langsung hamil setelah itu adalah hal yang juga ia inginkan ; jadi mama muda, biar jarak usia sama anak-anak gak begitu berjauhan.

Namun ternyata jawaban yang aku dengar tak seperti dugaanku. Dia malah menjawab lesu, kalau sekarang kondisi keuangan keluarga kecilnya benar-benar pailit. Memang, sebelum menikah ia sudah menggadaikan gaji pokok untuk meminjam uang dengan jumlah besar untuk membeli mobil & biaya renovasi rumah. Namun waktu itu, dia tenang-tenang saja karena masih ada uang tunjungan & tambahan uang lauk pauk yang memang diberikan oleh kantor tempatnya bekerja. Namun siapa sangka, sang suami justru terlilit hutang karena nekat membuka bengkel, agar bisa menafkahi dia & si calon anak.


Ya beb, mereka ini menikah dalam kondisi finansial yang belum begitu siap. Yang cowok belum selesai kuliah & belum bekerja sama sekali. ‘Paket combo’ yang coba diabaikan oleh pihak cewek, namun akhirnya gak bisa disepelekan lagi saat sudah menikah & cinta gak cukup buat dipake beli nasi padang. :(

“Buat berangkat ini aja, aku harus ngajuin pinjaman uang cepat ke orangtua aku beb. Malu banget. Tapi mau gimana. Udah terlanjur nikah & aku gak pengen nyesel-nyesel, emang ini pilihan yang udah aku ambil.”

Aku spontan meluk dia. Sedih banget lihat kondisi dia yang begitu. Nikah belum sampai setahun, harusnya sedang bahagia-bahagianya. Menikmati hidup baru, punya partner hidup baru, bisa meraih mimpi bareng-bareng. Indah. Seharusnya indah. Tapi jadi nyesek karena urusan duit. Sedih ga sih?

Jadi kalo ada yang bilang “Udahlah, duit bukan segalanya. Duit ga bisa beli kebahagiaan.” Iya betul. Tapi coba jangan denial, kamu pasti bakal sepakat kali uang itu menawarkan pilihan & kenyamanan. Berapa banyak keputusan hidup yang kita ambil berdasarkan faktor uang?


Aku berkaca ke diri sendiri, andai uang yang aku punya lebih banyak, aku nggak bakal ambil perumnas di pojokan, yang bikin ngeri-ngeri sedap tiap kali pulang siaran malam ato saat berangkat siaran subuh. Andai aku punya uang lebih banyak, aku bakal ngambil perumnas deket kantor, di tengah kota, which is jalanannya bagus ga main lumpur kaya di sekitaran rumahku sekarang. See, keputusan mau ngambil rumah di mana, hari ini mau makan apa, mau hantaran nikahan seberapa banyak, semuanya ditentukan UANG.

Sad but it’s true, sayang.

Makanya, aku berusaha nggak menghindari topik tentang uang. Mulai mau belajar tentang investasi, mengencangkan ikat pinggang demi bisa menabung, ikut seminar keuangan, dsb. Bukan. Bukan karena aku pengen mendadak kaya raya terus bisa beli pulau, aku hanya ingin berusaha merdeka secara finansial. Pengen hidup tenang tanpa harus memikirkan uang di setiap 24 jam yang dipunya dalam sehari. Pengen kalo megang uang, bisa awet. Bisa punya goals. Bukan sekedar megang uang, terus uangnya ambyar entah kemana.

First, aku harus punya banget dana darurat. Teorinya, aku harus mengumpulkan minimal 6 x biaya hidup aku sebulan. Misalnya dalam sebulan, aku ngabisin uang 2 juta untuk bertahan hidup, itu artinya aku butuh dana darurat sebesar 12 juta. Wow lumayan banget yha.

Dana darurat ini untuk apa? We never know apa yang ditawarkan oleh semesta. Kalo kondisi lagi oke, rezeki bagus, ya berarti Alhamdulillah. Tapi kalo ada kejadian jelek (amit-amit) & mendadak harus mengeluarkan uang di luar anggaran bulanan, bisa ganggu cashflow banget kan kalo gak punya uang cadangan? Contoh kasus lain, semisal gak punya pekerjaan lagi (amit-amit ya Allah), seenggaknya, kita masih punya waktu 6 bulanan untuk nyari pekerjaan baru. Seenggaknya 6 bulan itu kita masih bisa bertahan hidup dengan layak tanpa harus jual ini itu.

Dua. Pake sistem budgeting yang jelas untuk setiap kebutuhan & harus komit. Dulu, aku pernah denger, kalo pengen cashflow aman, coba catetin semua  pengeluaran & pendapatan. Tapi riweuh banget ga sih? Duh. Kayanya lebih ringkes pake sistem budgeting aja. Tau jelas berapa porsi uang untuk kebutuhan sehari-hari, tabungan, invest, bayar asuransi, ngasih ke orangtua, cicilan bulanan, dll. Kalo nggak dibudget kaya gini, pernah kan kebingungan pas ditanya, “Pendapatan sebulanan ini habis kemana aja?”


Tiga. Jangan takut belajar investasi. Dulu aku juga ngeri-ngeri sedap kalo ada orang yang bahas uang & saham. Kayanya tuh berat aja udah kalo udah ngomongin duit. Padahal ngapain harus takut duluan sih ngomongin finansial? Belajar aja pelan-pelan. Invest dikit-dikit. Kalo ketakutan banget lihat angka-angka, yaudah main deposito dulu, main SBR ato ORI dulu, baru pelan-pelan beli saham yang emang returnnya cenderung stabil & naik, bukan malah kejebak saham gorengan. Belajar jadi investor cerdas, bukan jadi investor rakus yang gelap mata sama iming-iming return gedhe, beb.

Mungkin di Indonesia ini, apalagi di tempat tinggalku yang notabene kota kecil, ngebahas uang itu kayanya tabu banget. Sering akutu denger “Udahlah, duit kita kan dikit, ngapain sih pake diatur-atur segala!” Oke baik. Gimana mau ngatur yang gedhe kalo yang kecil marucil gini aja kita gabisa ngaturnya? Hiks. Last but not the least, bahas uang & belajar finansial bukan something yang tabu kok. Jangan sampe di suatu masa, kita ngerasain banget pahitnya ga bisa ngambil pilihan yang kita mau karena sekedar faktor uang. Yuk, atur uangmu dengan bijak mulai sekarang! :)


12 comments

  1. Well, paket combo ya. Kadang cinta itu.. ah sudahlah. Kadang uang itu... Ah, sudahlah. Yang pasti investasi dan merencanakan masa depan adalah pilihan

    ReplyDelete
  2. Dana darurat, kedengarannya serem,,tapi penting, makasih ntan dah diingatkan untuk dana darurat.

    ReplyDelete
  3. Ehe siap mbakku :D Semoga kuliah fira cepat selesai supaya bisa mulai cari kerjaan hehe

    ReplyDelete
  4. Berarti kita harus lebih ngeh lagi dengan keuangan

    ReplyDelete
  5. Andai nih. Andai belum nikah pasti lebih serius buat nabung, karena pas nikah dana yg dibutuhkan tiap bulan itu bikin deg2an kayak nungguin si dia yg ga kasih kepastian whahhaa

    ReplyDelete
  6. Baca ini aku merasa tercerahkan. Mksih sharingny ya mbak ntan. Jdi termotivasi untuk ngatur uang lebih baik lg skrng..

    ReplyDelete
  7. Butuh banget tu kita mulai memikirkan untuk investasi dalam bentuk apapun. yang penting investasi.

    ReplyDelete
  8. Jangan lupa investasi pada ilmu dan skill sebab dia bisa mendatangkan uang kapan saja dan dimana saja. Ga cepat habis jugaaa

    ReplyDelete
  9. Nawra dan adik2nya mulai saya ajatkan juga untuk mengatur dan mengolah uang. Mulai dari uang jajannya.

    ReplyDelete
  10. Emak2 paling pandai loh ngatur uang .Tapi banyak juga emak2 yang boros dan fast ngabisin uang....bahkan ga jelas buat apa

    ReplyDelete
  11. Akuh terkejut baca kalimat pertama, kiraiinn mbak yang . . . heuheuuu

    ReplyDelete
  12. Aku tertarik banget ni kalo next post bahasa tentang investasi, penting buat kita yang baru ngenal "uang & kerjaan"

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^