Template Blog, Salah Satu Moodbooster Jitu Agar Semangat Ngeblog


Assalamualaikum ..

Aku sering bilang ke teman-teman yang baru terjun ke dunia blogging agar memperlakukan blog selayaknya rumah. Diurusin, disayang-sayang, didandanin biar cakep & kita sebagai empu juga bisa nyaman tinggal di rumah sendiri. Bayangin kalo rumah dipenuhi dengan sarang laba-laba, emang masih betah tinggal di sana? Pasti bawaannya pengen kabur mulu deh. xD

Salah satu faktor kenyamanan ngeblog buatku adalah template blog. Tau template, beb? Kalau dari hasil kelas blogging yang aku ikuti hari minggu lalu bersama teman-teman Blogger Bengkulu, template itu adalah gabungan dari header, body, footer, serta sidebar.

Berkesempatan jadi moderator, thanks Bobe.

Sederhananya, template blog adalah tampilan keseluruhan blog kita. Untuk blogger pro, menggunakan template premium adalah suatu keharusan, karena pengguna bisa menggunakan fitur yang biasanya tersembunyi pada template gratisan, bisa memodifikasi footer & menghapus tulisan powered by yang biasanya ada di bagian paling bawah suatu template blog. *brb scroll sampe bawah banget.


Intan bisa masang template sendiri? Kalo sekarang sih bisa-bisa aja. Jarinya udah lumayan lincah. Tapi pas awal-awal ngeblog dulu, walah.. pake drama nangis-nangis deh tuh pas ganti template. Ya gimana, pas lihat sekilas, kok ya si template baru itu kelihatan cakep banget, pas dipasangin ternyata B aja. Terus, mau dibalikin ke tampilan lama, ternyata kode html template lama gak disave. ANAK PINTER. *lalu nangis terisak, kesel karena urusan kode mengode si template ini.

Dan ya, template yang dulu aku gunakan tentu aja template gratisan. Kalo bisa download gratis, kenapa harus beli? *prinsip. Aku ya mana tau, kalo si template gratisan itu banyak poin minusnya, kayak loadingnya agak lama karena banyak kode tembahan. Dulu tuh kan taunya, kalo cakep & gemesin, ya dipasang. Sama lah kaya cinta-cintaan zaman SMA, cakep dikit, dipacarin. Belum mikir, ini cowok punya progress bagus atau nggak di masa depan? Bisa diajak ngejar mimpi bareng-bareng ato nggak? DEK PLEASE, dari bahas template bisa ya langsung lari ke urusan asmara xD

Ya habisnya korelasinya sama. Asal cakep mah, kekepin!


Hei temen-temen yang baru aja dapet hibah template premium, awas ya kalo sampe  templatenya dijual lagi. xD

Baru lah kemudian di tahun 2015, aku baru ngeh kalo ada yang namanya template premium, template yang responsif, template yang gak bakal bikin kita pusing karena mendadak kolom komentar di blog menghilang *seriusan aku pernah ngalamin ini pas pake template gratisan huhu. Tapi ya namanya juga anak baru, tau sih tau, tapi ya gak langsung berniat beli detik itu juga. Karena lumayan mihil, beb. Paling murah 150 ribuan, apalagi kalo minta disettingin ini itu, biayanya bisa lumayan banget.

Makin lama, makin banyak blogger senior yang sharing seputar pentingnya menggunakan template premium yang responsive. Berdasarkan sebuah data ditemukan fakta kalo pembaca blog tuh paling sering buka blog via handphone. Bayangin deh kalo templatenya gak responsive. Pas dibuka di komputer, cakep banget. Pas dibuka di handphone, eh kepotong di sana sini. Kalo kata orang Bengkulu tuh “Itulah namonyo idak cen!”

Aku akhirnya menguatkan hati untuk membeli template blog yang premium sekaligus bayar biaya setting biar taunya terima beres. *dasar pemalas. Wkwk. Waktu itu, seingatku, aku harus bayar sekitar 300 ribu rupiah. Mayan banget ya beb. Puas sama hasilnya? Cukup puas. Seenggaknya, urusan template gak bikin ribet lagi. Paling males aku tu kalo tetiba kolom komentar menghilang ato pas posting, font huruf tulisannya beda-beda. Aduh sutris deh. Pengennya fokus nulis ae, malah badmood karena urusan template. Alhamdulillah, sejak pakai template premium, aku terbebas dari hal-hal gak menyenangkan sedemikian.

Tapi …

Tapi masalahnya sejak aku punya 3 blog, beb. 1 blog butuh kisaran 300 ribu buat dipasangin template premium yang lumayan kece. Kalo 3 blog …. Eng, nyaris sejuta aja huhu. Akhirnya, si blog satunya ngopy template si blog utama. Dan blog yang ketiga, belum diisi apa-apa karena belum punya template yang oke. Huah, padahal kalo tiga-tiganya beneran diberdayakan, lumayan banget kan buat menjaring job-job. *berbinar-binar membayangkan fee yang biasa diterima dikali tiga. Waooo bisa beli kamera baru bulan depan xD

Syukurlah, di kelas blogger, 28 Oktober lalu, aku kecipratan dapat free 3 template premium dari Mbak Ria Fasha yeey. Beruntung kali lah Dek Ntan nih, udah berkesempatan ikutan kelas blogging for free karena jadi moderator, bisa dapat free template pula yang kece-kece *langsung bersemangat pengen benahin blog yummy day biar bisa dipake ngejob. Trims ya teman-teman Blogger Bengkulu. Beneran gak rugi ikutan kelasnya. Udahlah dapat ilmu baru, dapat free tiket nonton, free 3 template premium & makan siang enak gratis di Hangout Cafe & Resto Penurunan.



Sering-sering ngadain event kece kaya gini ya Bobeku sayang.

Yup, kemarin itu kelas blogger Bobe diadakan di tempat makan kekinian yang lokasinya gak begitu jauh dari Bencoolen Indah Mall, Hangout. Mungkin blogpost tentang Hangout ini akan aku ceritakan khusus di blog yummy day, tapi sedikit cerita, aku suka banget sama konsep tempatnya yang nyaman, homey juga makanannya enyak-enyak. Kemarin sempat icipin mie goreng seafood & steak ayamnya, uwiiiih ntap. Harganya juga pas di kantong. Pengen deh nongkrong cantik di sini lagi. Ajakin lagi dong, Bobe! :p


Beberapa menu enak di Hangout Café & Resto. Nyaaam!




Tulisan ini diikutsertakan pada kegiatan #NulisSerempak yang diadakan oleh Blogger Bengkulu ft Hangout Café & Resto

4 comments

  1. Seruuu bingittt acaranyaaaa dapet template banyakkk wowwww

    ReplyDelete
  2. Kalo mau jadi pro blogger. Memang bagian dari tampilan blog ini,harus dijadikan perhatian biar menarik buat semua pihak.

    ReplyDelete
  3. Agak pricey ya kak Intan. Kemarin aku beli setengahnya dari itu hehe coba cek blog aku deh :P

    ReplyDelete
  4. Huaa seru sekali mbak. Kapan lah di Klaten ada kek gitu. 😂 Ngomongin soal template buatin tulisan yang merekomendasikan beli template dong mbak. Daku pengen ganti template tapi nggak tahu dimana beli nya, udah search sih tapi masih bingung. Sedih lah.. huhu

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^