Kopi Bengkulu Naik Daun



// International Coffee Day 2020 di Bumi Rafflesia: Dari Tanah Bengkulu untuk Rasa Dunia


Bengkulu terus kembangkan dan genjot beberapa komoditas unggulan daerah agar semakin dikenal. Salah satunya adalah kopi Bengkulu.

Seperti diketahui, Bengkulu merupakan provinsi ketiga penghasil kopi terbesar di Indonesia setelah Sumatera Selatan dan Lampung.

Bengkulu yang masuk "Segitiga Emas Robusta" di pulau Sumatera ini, setidaknya beberapa tahun terakhir sudah mulai diperhitungkan keberadaannya.


Pemerintah provinsi Bengkulu dalam hal ini Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pun terus lakukan upaya mulai dari branding, perluasan pemasaran hingga kerjasama dengan berbagai pihak. Hal ini semata untuk mengenalkan kepada dunia luar, bahwa Bengkulu memiliki kopi yang punya citarasa khas yang berbeda dengan daerah lain.



Pada tahun 2018, Bengkulu sudah memperoleh sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. IG ini diberikan sebagai langkah untuk melindungi potensi kopi Bengkulu yang cukup besar.

"Satu biji saja biji kopi Bengkulu keluar, maka harus disebutkan nama Bengkulu. Untuk itu, kita perlu melindungi hak para petani kopi Bengkulu agar tidak di klaim daerah lain," ujar Rohidin, 02/01.



Bahkan, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini telah berhasil membranding Kopi Bengkulu dengan merek Bencoolen Coffee hingga Jakarta, dan klimaksnya berbuah MoU Kerjasama Pemasaran Kopi Bengkulu dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Kita bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas yang bisa dibanggakan di skala nasional dan internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota,” ungkap Anies.

Menurut Anies, Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dengan permintaan yang tinggi, dapat menjadi wadah Kopi Bengkulu yang berkualitas baik, untuk dipasarkan.



“Harapannya nanti kopi dari Bengkulu bisa dirasakan oleh warga Jakarta, dengan harga terjangkau, serta kualitas kelas atas,” pungkasnya.

Sementara di akhir tahun 2019 lalu, kopi Bengkulu berhasil pemberoleh penghargaan di 3 kategori awards pada Kejuaraan Kopi Internasional AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products) di Perancis.


Bahkan presiden AVPA (Agency for the Valorization of the Agricultural Products), Philippe Juglar apresiasi langkah Gubernur Rohidin dalam mengembangkan komoditas kopi Bengkulu sehingga dapat bersaing dengan kualitas dan kuantitas yang tidak kalah dengan kopi negara produsen lain.

"Kita ucapkan terimakasih kepada Gubernur Bengkulu yang telah mendedikasikan kinerja, usaha, dan waktunya dalam mengembangkan kopi Bengkulu. Langkah yang dilakukan pak gubernur sampai saat ini sudah sangat tepat,” ungkap Phillipe.

Upaya dan kerja keras Gubernur Rohidin branding kopi Bengkulu makin terasa, setelah Bengkulu secara resmi ditetapkan sebagai tuan rumah International Coffee Day pada tanggal 01 Oktober 2020.



Hal ini disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian RI Gati Wibawaningsih pada Gubernur Rohidin di penguhujung tahun 2019 lalu.

"Masyarakat Bengkulu mestinya bersyukur punya gubernur seperti Gubernur Rohidin ini, karena sangat visioner, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan komoditas lokal hingga ke kancah internasional. Apalagi event besar ini diadakan di benteng terbesar yang memiliki nilai historis," jelas Dirjen IKMA.


International Coffee Day 2020 pada bulan Oktober yang akan datang harus disambut sebagai momentum besar bagi petani dan pelaku kopi Bengkulu.




Pasalnya, terang Gati, Bengkulu menjadi tuan rumah persis ketika permintaan pasar terhadap kopi meningkat drastis. Baik di pasar domistik maupun internasional.



#InternationalCoffeeDay2020
#HariKopiInternasional2020
#KopiBengkulu #KopiLokal #KopiGadingCempaka

16 comments

  1. Sebagai penggemar kopi, senang sekali bisa melihat indrustri kopi berkembang begitu pesat

    ReplyDelete
  2. Ikut senang lihat kopi Bengkulu makin dikenal di kalangan penggemar kopi ya ntan, ayol;ah kapan-kapan ngopi bareng kita

    ReplyDelete
  3. Bangga sekali Bengkulu didaulat menjadi tuan rumah International Coffee Day. Selain itu, bangga juga dong ya hasil perkebunan kita bisa meraih prestasi besar di kancah internasional. Sudah saatnya memang sektor pertanian dan perkebunan kita bergerak maju. Apalagi kualitas hasil pertanian dan perkebunan kita sangat baik. Kalau diberdayakan dengan optimal, tentunya akan membawa dampak positif bagi daerah tersebut termasuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

    Selamat buat kopi Bengkulu!

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget sama kopi dan ini berita yang cukup menarik karena aku belum pernah nyoba kopi ala ala Bengkulu gitu. Apalagi sekarang lagi gencar2nya promosi ya mba :)

    ReplyDelete
  5. Sejak happeningnya minum kopi, aku jadi suka nyobain minum kopi di beberapa tempat. Demi mendapatkan kesan yang pas buat hariku.
    Kopi Bengkulu yang kelasnya Internasyenel, wajib dicoba niih..

    ReplyDelete
  6. Semoga branding Kopi Bengkulu semakin meroket setiap tahun, dan ini menjadi momentum untuk menjadikan kopi sebagai item khas daerah Bengkulu.

    ReplyDelete
  7. wah, kayaknya butuh banyak distribusi kopi bengkulu di coffee coffe shop di indonesia nih...supaya banyak yang kenal kenikmatannya

    ReplyDelete
  8. Selamat buat Bengkulu, sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bengkulu (HAM) Republik Indonesia. Semoga komoditas kopi terus bertumbuh dan menyejahterakan semakin banyak masyarakat Bengkulu. :)

    ReplyDelete
  9. Wahhhhh ternyata khas kopi bukan hanya di lampung aja Ya mba,di bengkulu ini juga kerennnn eui,tapi apa ya Ang membedakan kopi kopi di setiap daerah ?

    ReplyDelete
  10. Masyaa Allah, Bengkulu mulai melebarkan sayapnya ya mbak, makin dikenal termasuk dari kopinya. Saya juga suka sesekali minum kopi, apalagi kopi yg dibawa nenek dari Bengkulu, aromanya nikmat banget

    ReplyDelete
  11. Saya bukan pecinta kopi, meskipun gak nolak juga kalau disuguhi kopi. Yang sangat saya suka itu aroma kopi yang baru diseduh, wangiiii banget.

    Swmoga kopi dari Bengkulu makin berjaya dan mampu berdampingan secara kualitas dengan kopi-kopi dari daerah lainnya

    ReplyDelete
  12. wah jadi bisa donk ya penggemar kopi berwisata kopi di Bengkulu.. jadi ingat di daerah kelahiran saya Sulawesi Selatan juga ada daerah penghasil kopi, yakni Toraja.. kenikmatan kopinya juga udah populer hingga mendunia :)

    ReplyDelete
  13. Pantes kemarin rame banget Tmn2 ngopiku ngasih Informasi International coffee day ini, ternyata Bengkulu keren banget

    ReplyDelete
  14. wah pasti wangi banget dan enak untuk diminum saat pagi hari :D

    ReplyDelete
  15. Nah ini kopi bengkulu, ipeh belum pernah coba. Apa udah ada ya yang jual di bekasi, di kafe-kafenya. Duh, jadi kepengen icip icip

    ReplyDelete
  16. Salah satu hal yg membanggakan dari Indonesia adalah kopinya yg punya rasa dan wangi khas yg sedap banget. Pantas saja jika mendunia.. Semoga bisa turut membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia, terutama di daerah penghasil kopinya.. Aamiin

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^