Meriahnya Syukuran Hari Jadi Pertama FORCI Bengkulu



23 Desember 2019

“Besok ada yang mau ikutan touring bareng Fortuner Owners Club Indonesia (FORCI) Bengkulu, kah?”

Begitu membaca chat tersebut di grup whatsapp Blogger Bengkulu, aku langsung cek ricek jadwal siaran, Alhamdulillah libur. Akhirnya ikutan daftar deh. Nothing to lose aja, karena yang mau ikutan pasti banyak. Tapi ternyata masih berjodoh untuk ikut serta, berempat sama Bang Peri, Bang Sunardi & Umi Milda.  Asik!

Udah siap jalan-jalan pakai Fortuner?

Waiya dong!



Eits, tapi sebelum bersiap pergi, aku ngepoin dulu dong informasi seputar Fortuner Owners Club Indonesia (FORCI) Bengkulu ini. Nah, kalo ngomongin komunitas mobil, ini memang menarik banget. Biasanya pemilik mobil membuat komunitas berdasarkan lokasi atau merek kendaraan. Bergabung dengan komunitas seperti ini tentunya sangat menyenangkan, karena bisa menambah relasi, menambah ilmu, lebih mudah mencari suku cadang hingga bisa touring bareng sambil melakukan kegiatan positif.  Begitu lah kira-kira yang dilakukan FORCI Bengkulu. Meski usianya baru setahun, kekompakan begitu terasa. Bukan hanya jalan-jalan tak berfaedah, namun mereka juga berusaha mempromosikan wisata Bengkulu, sekaligus melakukan aksi sosial. Proud!

24 Desember 2019


Fortuner Owners Club Indonesia (FORCI) Bengkulu menggelar acara pada tanggal 24 Desember 2019. Diawali dengan morning breakfast di Grage Hotel. Kami sempat ngobrol-ngobrol bareng Pak Undang Sumbaga, owner Central Elektro yang di acara ini bertugas sebagai ketua pelaksana acara, katanya acara syukuran ulang tahun pertama FORCI Bengkulu ini dihadiri sekitar 50 kendaraan Fortuner. Bukan hanya dari Bengkulu, melainkan dari Jabodetabek & Palembang. Usai sarapan, acara dilanjutkan dengan Coffe Morning di Dealer Agung Toyota. Ramah tamah & ngemil lagi. Ayeyy.



Kegiatan Bersih Pantai di Pantai Panjang, sekaligus Makan Siang

Pantai Panjang adalah pantai kebanggaan masyarakat Bengkulu yang membentang sepanjang 7 km. Memiliki hamparan pasir putih yang halus, sempurna untuk jalan-jalan atau jogging pagi. Ombaknya pun tidak terlalu dahsyat, masih memungkinkan untuk menjadi tempat bermain air. Pantai Panjang pun semakin cantik karena memilki pohon cemara & pinus untuk tempat berlindung & bersantai di pinggir pantai.

Namun juga sebagai kawasan wisata utama yang telah dilengkapi dengan restoran, kafe, sampai fasilitas olahraga, yang menjadi PR berkelanjutan di Pantai Panjang, adalah mengenai sampah. Sehingga FORCI Bengkulu pun berinisiatif melakukan kegiatan bersih pantai, agar pantai kesayangan masyarakat Bengkulu ini semakin ciamik & makin indah untuk tempat berswafoto.



Sayangnya, usai bersih-bersih pantai, matahari sudah tinggi, aku kesulitan dapat gambar bagus, karena kameraku harus melawan sinar matahari. Wush. Ya udah, foto-foto secukupnya, lalu menikmati kelapa muda & sekotak nasi dari Rumah Makan Sederhana, rumah makan Padang kesukaan karena lauknya enak-enak banget sih ya ampun! Dapetnya juga lauk yang aku suka, gulai ayam kampung & sayur mayurnya. Lunch with beach view. Amboi nikmatnya!



Menengok Sejarah di Rumah Pengasingan Bung Karno

Bukan sekedar merayakan hari jadi, namun FORCI Bengkulu juga berperan sebagai mitra Dinas Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Bengkulu ke teman-teman FORCI yang datang dari luar Bengkulu, yaitu Jabodetabek & Palembang.


Meski Bengkulu termasuk kota kecil, namun kota ini adalah kota sejarah, terutama bagi rakyat Indonesia yang ingin mengetahui perjalanan hidup Bung Karno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Bung Karno pernah diasingkan di Bengkulu & tinggal di sebuah rumah sederhana. Rumah yang sekarang dikenal dengan nama Rumah Pengasingan Bung Karno. Lokasinya ada di Jalan Soekarno Hatta, tidak begitu jauh dari pusat kota. Tarif masuk ke tempat wisata sejarah satu ini hanya 3 ribu rupiah per orang. Kecuali kalo tujuan berkunjung ke sana untuk pre-wedding atau liputan media komersil, maka tarifnya akan berbeda, kisaran 150 ribu rupiah.


Meski sudah berkali-kali berkunjung ke sana, namun masuk ke rumah pengasingan Bung Karno tetap saja layaknya dibawa ke lorong waktu. Bukan hanya tentang perjuangan Bung Karno melawan penjajah yang menarik untuk dibicarakan, namun kisah cintanya juga tak kalah semarak. Di sana ada ruangan cukup besar, yang di dalamnya terdapat dua lemari kayu yang berisi pakaian-pakaian Bung Karno dan Inggit Garnasih, istri kedua Bung Karno. Lalu ada pula kamar tidur Bung Karno dan Garnasih. Di sana hanya ada ranjang besi tua yang tentunya pernah digunakan sebagai tempat keduanya beristirahat dan memadu kasih.



Melongok ke ruang depan, aku mulai mengenang masa lalu mereka. Di sana ada satu ruang kamar yang menjadi ruang kamar tidur Ratna Djuami dan Sukarti/Kartika. Mereka berdua adalah anak angkat kesayangan Bung Karno. Lalu di sanalah kisah bermula, ketika Fatmawati menjadi teman akrab Ratna Djuami dan Sukarti, hingga sering bermalam di sana. Kisah sejarah pun tercipta pula. Meski sudah berpuluh tahun berlalu, tetap saja bikin baper. Huhu. Memang cinta tak bisa diterka.


Melepas Penat di Sungai Suci


Namanya sungai, tapi sebenarnya pantai. Nah lo, bingung ga tuh? Haha. Jadi gaes, Sungai Suci ini adalah pantai yang berlokasi di Desa Pasar Pedati, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah. Lokasinya sekitar 15 km dari Pusat Kota Bengkulu. Di objek wisata yang satu ini, selain bisa melihat hamparan pasir, pemandangan laut lepas, wisatawan juga bisa menyeberang ke pulau kecil yang terbentuk secara alami di sana dengan menggunakan jembatan gantung. Cukup membayar tiket menyeberang sebesar 5 ribu rupiah, kita akan merasakan sensasi terguncang di ketinggian sekitar 6-7 meter. Makin ngeri-ngeri sedap karena di bagian bawah ada deruan ombak yang cukup kencang & bebatuan yang cukup besar. Ngeri tapi seru!


Syukuran ulang tahun perdana FORCI ditutup dengan dinner party di Grage Hotel Bengkulu. Dengan tema acara “Berfortuner Kita Bersaudara”, komunitas Fortuner Owners Club Indonesia ini berharap bisa terus mempererat persaudaraan diantara para membernya. Ketua FORCI Chapter Bengkulu, Medy Heriansyah pun berharap FORCI semakin solid dan kompak serta menjadi wadah silaturahmi yang positif.


Dalam acara tersebut, juga hadir wakil Gubernur Bengkulu, Dedi Hermasyah yang meminta FORCI Chapter Bengkulu dapat ikut serta mempromosikan Bengkulu,  apalagi pemerintah memiliki program Wonderful Bengkulu 2020.  FORCI Chapter Bengkulu diminta dapat mempromosikan objek-objek wisata yang disinggahi saat melakukan touring.


Berkaca dari event yang digelar FORCI, sebenarnya kita juga bisa berkontribusi positif dengan kegiatan-kegiatan seru. Seperti FORCI, karena hobi jalan-jalan, mereka berupaya untuk membantu mengenalkan objek wisata yang ada di Bengkulu. Selain itu, komunitas mobil ini juga kerap mengadakan kopi darat & melakukan kegiatan positif seperti bersih-bersih pantai, membantu korban bencana, menggelar pelatihan keamanan berkendara lalu lintas, teknik pengereman, teknik melalui jalan rusak dan lain-lain. 

Kamu tertarik join sama komunitas kece ini? Syaratnya cuma 1 kok, gaes. Punya Fortuner lah. Hehehe. Doain ya someday, Intan bisa gabung sama Pak Undang, Om Buyung, dan teman-teman join di FORCI. Yaey! Nah, untuk informasi pendaftaran anggota baru dapat menghubungi 08117396655 atau ke Sekretariat di Blebong Auto Car Jl. Adam Malik nomor 35 Bengkulu. :)





10 comments

  1. Asik nih bisa jalan-jalan, makan-makan dan peduli terhadap lingkungan dengan mengadakan bakti sosial.

    Inilah yang akan membuat Kita senang karena ikut komunitas Forci bukan hanya karena hoby yang sama, suka jalan jalan sama Mobil fortuner tapi juga lebih cinta bumi

    ReplyDelete
  2. Agak berat nih mesti beli Fortuner dulu kalau mau gabung FORCI. Tapi cukup seru ya kegiatannya.

    ReplyDelete
  3. Aduh, Mbak, hatiku ikut berdesir-desir membayangkan menyeberangi jembatan gantung setinggi itu dengan deburan ombak di bawahnya. Berasa jembatannya goyang-goyang, terus angin kencang, terus aku meliuk-liuk, eh terus khawatir kecebur, hahaha ... Begini nih kalau nggak bisa berenang. Takut aja bawaanya kalau kecebur gimana.

    Wah, ini khusus pemilik Fortuner berarti, ya? Hahaha ... Mari menabung, yuuuk.

    ReplyDelete
  4. Wah mantan ya mbk bisa jln2.
    Walaupun masih di lingkungan Bengkulu.Tapi jadilah refreshing
    Ya mbk kmi doakan semoga terkabul aamiin.
    Kami blm punya Fortuner mbk wkkw

    ReplyDelete
  5. Seru banget acaranya mba heheh.. sayangnya gak punya fortuner qkwkkw

    ReplyDelete
  6. Masyaa Allah, seru banget mbak touringnya. Pastiya banyak pengalaman dan jadi makin banyak tahu. Sayang nih pas saya balik Bengkulu wkt tu blm ada kegiatan spt ini, padahal pengen banget ikutan

    ReplyDelete
  7. MasyaAllah keren banget ini Ntan, bisa diajak jalan-jalan, kerjasama dan kolaborasi bersih2 sampah. Sosial tetep nggak ketinggalan dong ya. Kalo masku juga ikut, club gitu tapi Kendal Sedan Club. Mudah-mudahan bisa upgrade mobil jadi fortuner aamiin.

    ReplyDelete
  8. Seru ya kegiatannya, jadi syukuran komunitas pemilik mobil Fortuner ga hanya senang2 aja tapi ada juga aksi sosial yang berbasis pada lingkungan

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^