M E N A N G ^^

Silly Moment : Itu Susu!

Rabu, Juli 09, 2014




Jika ditanya hal apa yang paling menyebalkan di muka bumi ini, maka jawabanku adalah MEMASAK. Panas, gerah, kotor, riweuh juga letih. Kalo anak alay bilang : huft, pokoknya masak itu nyebelin!

Jadi nggak heran, meski udah duduk manis di bangku SMA *6 tahun lalu* aku paling anti sama satu ruangan rumah bernama dapur. Aku lebih milih buat nyiram bunga, nyapu halaman ato nyetrika baju. Jangankan buat masak dengan tenaga aku sendiri, nemenin ibu masak pun jarang. Errr.. anak durhaka!

Bukan tanpa alasan sih, sebabnya, zaman masih unyil seunyil unyil dulu, aku pernah sok berani ngidupin kompor *waktu itu masih pake kompor minyak tanah* buat ngegoreng kerupuk ikan. Lancar sih sewaktu proses penggorengan. Nah, pas mau masukin sisa minyak goreng yang udah kepake, kucuran minyak gorengnya malah mengalir deras ke tangan. Panaaaaassshhh.. plus melepuh parah :(

Sejak hari itu, aku jauh-jauhan sama kompor, panci, minyak panas juga sekalian dapur-dapurnya. Trauma!

***


Apa mau dikata, udah takdirnya anak gadis satu-satunya ini kudu ketemu lagi sama dapur. Suatu sore *waktu itu aku udah kelas 2 SMA* ibu ngabarin kalo beliau bakal telat pulang, masih ada gawean di kantor. Teruuuusss, ibu minta tolong buat masakin gulai ayam kampung. Beliau bilang, ayamnya udah dibersihin, bumbunya udah ditakar dan disiapin, plus santan yang juga udah siap pake. Tinggal cemplungin aja, tungguin sampe mendidih, beres, gitu katanya.

Meskipun semuanya udah disiapin, tetep aja aku sebel setengah mati harus ketemuan sama dapur lagi. Dengan muka bete plus mood yang acakadul, aku melangkah gontai ke dapur. Hidupin kompor, cemplungin segala rupa bahan, tungguin mendidih, terus tinggalin *nggak pake cicip-cicip. Malesss..

***

Udah jadi tradisi dan kebiasaan di rumah mungil kami, makan malam jadi ritual makan bersama, jadi wadah cerita segala rupa-rupa masalah. Namun, sebelum rentetan cerita keluar dari bapak, ibu juga aku, ibu tiba-tiba berujar dengan sedikit memekik “kok gulainya manis, rasa susu?”

Bapak memandangku penuh tanda tanya, aku mengalihkan pandang pada sepotong sayap ayam gulai yang tergeletak pasrah di piring siap santap. Hati-hati campur cemas, ku gigit si ayam, benar kata ibu, rasanya manis, persis rasa susu.

“Engg.. Intan nggak tau. Perasaan tadi udah bener deh, semua bahan yang ibu bilang udah Intan cemplungin.”

“Santannya kamu ambil dimana? Di dalam lemari ato yang dalam kulkas?”

“Dalam kulkas, yang di dalam gelas gede.”

“Ya ampuuunn nak, itu susu bukan santan. Santannya dalam lemari. Makanya, sebelum dicemplungin, kan bisa dicium dulu aromanya. Kan beda, bau santan sama bau susu. ………. Bla bla blaa…”

Aku diam, menunduk dalam.

Bapak tersenyum-senyum prihatin.

Dan ibu, masih tetap dengan ceramahnya tentang beda santan dan susu.

What a silly moment … for me ya!















Pesan moral :

1) Kalo emang ragu mana santan, mana susu ato mana garam, mana gula, cicipin aja deh. Biar pasti dan nggak bikin keki kalo ternyata salah nyemplungin.

2) Ngerjain apapun itu, kudu ikhlas, kudu pake hati, jangan manyun, ntar hasilnya pasti nggak oke.

3) Percaya deh, ala bisa karena biasa. Kalo dibiasain, pasti jago masak deh suatu saat ntar *ntah kapan sih. Muahahaa

Note :
496 kata beserta judul





You Might Also Like

20 komentar

  1. Ntan ntan kamu itu ada-ada aja, etapi suka tuh sama foto-foto kamu. Sudah cantik kalau begaya kayak apapun tetap cantik deh :D

    BalasHapus
  2. Hihiii.. makasih mbak :D *nahan malu sebenernya ituu

    BalasHapus
  3. hehehe....susu versus santaaan nih judulnya....moga2 menaaang yaah :)..nice photos ..

    BalasHapus
  4. gayanya intan bener2 nggak nguatin,,,good anak manis :)

    BalasHapus
  5. hehahaha... melihat ekspresimu aku jadi tersenyum-senyum...apalagi ada tulisannya begitu.. hjihiihihi... salam kenal ya kak.. aku udah follow blogmu... semoga saya bisa terinspirasi dengan blog ini.. salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ekspresinya alay ya Gha? :D
      Sering-sering main kesini yaaa

      Hapus
  6. Nama masakannya jadi apa, Mbak?, gulai susu sapi?, hihi. fotonya lucu-lucu, Mbak, hhaha. ekspresinya ngena :D

    BalasHapus
  7. hahahaha....g kebayang gulai rasa susu

    terdaftar
    terima kasih sudah mengikuti GA silly moment
    salam^^

    BalasHapus
  8. Hahaha... Itu pasti jurus chef baru

    BalasHapus
  9. aku abis stalking banyak banget blognya kak Intan, keren-keren, sukaaa xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal isinya kebanyakan absurd -,-
      makasih yaaa :*

      Hapus
  10. Hehee. Ini nih yang bikin senyum-senyum geli, Kak. Nae juga gagap dalam hal memasak. Tapi yakin juga, suatu saat pasti bakalan jago memasak. Apalagi kalau udah kepepet. Hehee

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan