M E N A N G ^^

Ramadhan Seru ala Intan

Sabtu, Juli 05, 2014



Marhaban ya Ramadhan! *Uhui telat, terus ditimpukin takjil sama pembaca :D

Maafkeun, Ramadhan kali ini hari-harinya Intan dipenuhin sama gawean yang bikin riweuh. Jadi, baru sempat nulis cerita Ramadhan ya sekarang ini, itu pun karena ada giveaway. Heheee.. Yep yep, tahun ini Intan kudu siaran & KKN (Kuliah Kerja Nyata) dalam waktu yang berbarengan. Riweuh dan letih!

Selain itu, tepat sehari sebelum Ramadhan berlangsung, sebagai cewek normal yang udah gede, Intan berhalangan puasa. Ayeee.. kalo cowok-cowok banyak yang iri sama cewek yang punya jatah buat nggak puasa, sini Intan bocorin faktanya, dapet jatah nggak puasa pas ramadhan itu sama sekali nggak enak. Susah buat makan, tapi susah juga buat nggak makan *lah, sahur aja nggak ikutan jee, mana tahan si perut nggak keisi seharian u.u

Baiklah, ini nih cerita ala Intan selama Ramadhan semingguan ini ..


Makan sembunyi-sembunyi di tempat yang “disembunyikan”

Awal Ramadhan harusnya jadi puncak semangat berpuasa dan beribadah. Sialnya, Intan kepaksa nggak bisa ikut euforia itu. Hari pertama dan setelahnya belum bisa ikutan puasa.

Nah, pas hari pertama Ramadhan, Intan beneran nggak kuat nahan lapar efek belanja belinji keperluan KKN. Celingak celinguk, akhirnya mutusin buat mampir ke gerai foodcourt Mega Mall *salah satu di antara dua mall di Bengkulu. Aeh, ternyata di gerai yang tertutup itu, banyak sekali manusia yang tengah makan minum. Semoga aja lagi pada halangan kek Intan semua, atau emang mereka bukan muslim.

Setelah cek en ricek, Intan mutusin buat beli makanan di Zest Fried Chicken aka ZFC *sejenis KFC, CFC gitu. Pilah pilih, akhirnya mutusin buat pesen nasi goreng, teh botol, juga seporsi Chicken Kress. Sekedar jaga-jaga kalo si nasi goreng “miskin” ayam. Etdah, ternyata nasi gorengnya bertabur suwiran daging ayam juga bakso. Aeh, kasian Chicken Kressnya, enak tapi nggak dihabisin karena yang makan udah kenyang duluan sama nasi goreng komplitnya. Mubazir niye!



Stttt.. buat makanan seunyil-unyil ini, Intan kudu ngeluarin 40 ribuan. Hih, coba kalo bukan makan diem-diem, uang segitu bisa banget dibawa makan di Unib Belakang. Bisa dapet 4 porsi nasi ayam goreng komplit loh *anak kost rugi bandar


Jadi musafir selama Ramadhan

Ini nih nasibnya penyiar radio milik pemerintah, nggak akan boleh ngambil cuti kalo bukan urusan nikah, hamil dan melahirkan, sakit yang beneran sakit, dan berbagai urusan yang penting lainnya *jadi boleh dibilang KKN nggak penting dong :p

So efeknya, Intan kudu bolak balik lokasi KKN – radio. Jaraknya? Kudu banget ditempuh 2 jam perjalanan ala slow motionnya Intan. Hehee ..

Letih? Iya, nggak usah ditanya lagi. Tapi Intan lebih milih kek gini, ketimbang ntar lulus kuliah, kudu kesana kemari nenteng surat lamaran kerja. Aeh, suram dong. Mending berletih-letih sekarang, leyeh-leyeh kemudian.

Eit, ada lagi nih yang ngeri, setiap kali perjalanan menuju radio, ada 2 titik lokasi yang bikin jantung cekat cekot : jembatan desa lokasi KKN yang bolong-bolong plus jalan tanjakan *bekas jalan beraspal* yang batunya udah pada keluar semua T.T




Ganbatte haeee!

“Kepaksa” ngubah pola dan gaya hidup.

Ada yang bilang, KKN itu sekedar jadi ajang pindah tempat tidur, pindah tempat makan. Iya, bener sih. Kalo biasanya tidur di kasur empuk, pindah ke tempat tidur yang cuma beralaskan tikar plus bantal unyu tanpa guling *silahkan bawa guling kalo mau ribet seribet-ribetnya. Then, kalo biasanya bingung mau makan apa *nyari makanan enak*, di lokasi KKN, kudu banget maksain perut buat nerima apapun yang masuk.

Haeh. Nyaris seminggu cuma ketemu telur *3 telur bagi 8, ampuuuun* , jengkol, ikan teri, dan sayur mayur *yang udah nggak seger lagi T.T


Bukan cuma pekara tidur sama makan yang bikin riweuh, tapi juga pola tidur yang keganggu. Gimana nggak, di sekre KKN, mana boleh tutup pintu bagi siapapun tamu? Kudu diterima, kudu ditemenin. Enak sih kalo tamunya berkunjung di jam-jam normal, tapi kalo datengnya pagi hari yang kepagian banget, atau malah malem yang kemaleman banget, piye? *tutup pintu ajaa.. ahahaa


Para bocah yang datang bertamu buat ngajakin main remi ampe teler T.T



Oke. Masih ada satu lagi yang ketinggalan : mandi. Kalo biasanya tinggal mandi dengan riang di kamar mandi kost, kali ini kudu nimba sumur *dan dapet air yang keruh. Ataaauu, ada opsi lain nih, mandi di sungai, tapi sebelumnya kudu naik turun jalan dan semak belukar. Ampun dj!

Sungainya kelihatan bersih, tapi pas mandi kulit pada gatal-gatal cantik! :|


Kalo boleh jujur, Intan benci sebenci-bencinya *bukan rindu serindu-rindunya* sama kebijakan Universitas tempat Intan ngampus buat KKN. Apa sih coba manfaatnya nahan mahasiswa/i buat tinggal di daerah-daerah yang bikin hidup yang udah susah makin susah? 2 bulan pula. Bulan Ramadhan pula. Jangankan mampu bergerak lebih untuk menghadirkan kreativitas di tengah masyarakat, sedang kami sendiri kadang meringuk  menahan lapar gara-gara menu sahur yang senantiasa ditemani mie rebus. Jangankan mampu memberi warna cerah untuk masyarakat, sedang kami kadang keletihan menahan dingin cuaca yang belum bisa mambuat kami terbiasa. Makan susah. Tidur susah. Intan boleh ngeluh kan ya? :(

Aeh, sudah sudahlah. Intan nggak tau dan nggak pengen sok tau, apa yang bakal Intan alamin di hari-hari berikutnya di bulan Ramadhan kali ini, tapi yang jelas, apapun itu, Intan bakal nyoba buat menikmatinya. Meski rasa-rasanya susah setengah mati, semua sulit ini pasti akan terlewati. Semuanya pasti akan baik-baik aja *ngasih sugesti positif buat otak

Selepas dua bulan ini,

Kehidupan normal akan kembali dijalani. Makan enak, tidur nyenyak. Hidup dengan mudah. Indah!

Intinya : sabar saja!

Jika tidak ada kesulitan, tidak akan pernah ada rasa syukur untuk setiap kemudahan, kan?

Happy Ramadhan! :’)




Wajah-wajah ngenes mahasiswa/I KKN :’D







You Might Also Like

10 komentar

  1. Met KKN... KKN itu berguna kok untuk mendewasakan mahasiswa dalam menerapkan ilmunya di kehodupan nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee .. iya sih mak. Andai aja makan tidur nggak susah :D

      Hapus
  2. Jadi pengen cepat cepat KKN juga.. ^_^

    BalasHapus
  3. Selamat bersukaduka KKN, dinikmati sajaa.. biar besok ada cerita "menarik" yang bisa diceritakan hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee.. semoga banyak sukanya. Aamiin ^^

      Hapus
  4. jadi inget masa masa kuliah abis baca postingan ini hehhehe

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Ahhaaaa.. biar serem ntar juga bakal dilewati kok Nae :p

      Hapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan