#Resolusiku2017 untuk Hidup yang Lebih Semarak

Jumat, Desember 23, 2016




Assalamualaikum..

Bagiku tahun 2016 ini berjalan dengan tempo mellow dan slow, karena memang di akhir tahun 2015 lalu, aku nggak sempat bikin resolusi. Waktu itu, aku lagi sibuk nyiapin printilan buat wisuda, terus sibuk pindahan ke pojokan kabupaten paling selatan di Provinsi Bengkulu, Kota Bintuhan. Meski masih dalam satu provinsi, tapi perlu waktu 6 jam kalo mau main ke Bengkulu. Apalagi, satu-satunya transportasi yang bisa digunakan hanya transportasi darat. Kadang jadi males pulang kalo pun ada libur, keburu pegal-pegal di jalan.

Sekarang aku nggak mau kecolongan lagi absen bikin resolusi. Meski barangkali buat sebagian orang, resolusi semacam ini nggak penting, tapi buat aku, nulis resolusi bermanfaat banget. Ibarat orang main sepak bola, apa serunya kalo nggak ada gawang? Apa serunya kalo nggak ada tujuan buat mencetak gol? Pasti hambar! Sama kayak hidup kita, dengan adanya tujuan berupa resolusi, berupa goals, hidup bakal makin seru. Bangun di pagi hari jadi lebih semangat karena ada sesuatu yang akan kita kejar.

Selain itu, aku sadar banget kalo energi yang aku punya terbatas. Tanpa perencanaan yang jelas, tenaga dan waktu yang dimiliki alih-alih tepat guna, malah akan terbuang sia-sia. Dengan perencanaan yang matang dan detail, kita bisa bergerak lebih mantap tanpa sibuk mereka-reka ‘aku harus melakukan  apa? aku harus mulai dari mana?’




Sama seperti kodrat manusia pada umumnya yang sukar puas, sebenarnya aku juga punya keinginan yang super banyak! Tapi seorang ahli psikologi menyarankan saat membuat resolusi, lebih baik fokus pada beberapa poin saja.  Agar fokus kita tidak terpecah, sehingga energi bisa dimaksimalkan untuk meraih kehidupan seimbang di tahun 2017 kelak. 

Jadi #Resolusiku2017 adalah ..


Menikmati Apa yang Ada Dalam Genggaman

Ibaratnya, manusia kadang menginginkan ubur-ubur dalam lautan dan melupakan apa yang ada dalam genggaman. Hasilnya tentu aja rasa gelisah dan nggak bahagia. Itu juga yang kadang aku sesali. Dulu saat masih kuliah sambil kerja, aku membayangkan betapa enaknya saat sudah tamat kuliah dan bisa fokus kerja di bidang yang memang aku sukai : broadcasting dan blogging.

Nyatanya pas tamat, aku malah kangen sama keseruan saat kuliah dan suasana kerja kok ya jadi membosankan? Haha. *labil. Barangkali yang mempengaruhi perasaan bosan ini adalah motivasi kerja yang bergeser. Kalo dulu, motivasi aku siaran dan ngeblog karena emang suka, tapi setahunan ini kayaknya udah bergeser buat nyari uang. Lah iya gimana, kan udah harus hidup mandiri, udah gak minta jajan lagi sama orangtua, hidup ngekost ala anak rantau pula. Sayang sih, karena siaran udah nggak senikmat dulu, ngeblog juga cuma pas ada tawaran job doang. Hiks. Aku harus segera berbenah diri!


Sebagai penyiar radio ..


‘Intan enak banget, kerjaannya gampang. Duduk manis di ruangan berAC, goyang-goyang kaki sambil muterin lagu dan baca info doang, terus digaji.’

Wakwaw.

Orang yang ngomong gini pasti belum pernah ngerasain siaran. Gimana harus ngejaga mood agar selalu riang dari hari ke hari, gimana nyiapin playlist yang gak bikin pendengar lari, gimana cara nyajiin info yang bermanfaat biar pas calling gak sekedar cuap-cuap ngasal yang ngga ada isinya dan .. itu nggak gampang! Butuh belajar terus menerus, butuh latihan yang nggak kelar dilakuin sehari dua hari.

Yang harus aku lakukan :

1. Banyak-banyakin denger siaran penyiar RRI kota lain, serap ilmu sebanyak-banyaknya. Aku percaya banget, buat bisa siaran bagus, nggak harus ikutan sekolah broadcasting yang mahal itu, tapi bisa juga dilakukan secara otodidak. Asal mau. Asal bisa melawan malas.

2. Manfaatkan waktu 7,5 jam di kantor buat sebenar-benarnya kerja. Siaran 5,5 jam, 2 jam sisanya buat bikin naskah ILM, bikin LCK, rapiin bank lagu dan lain-lain. Say bye bye untuk buka media sosial pribadi saat siaran, chattingan grup whatsapp apalagi nonton drama korea. Jangan ih. Kayak gak punya waktu lain aja. Malu malu dong.

Mungkin memang pas lihat kiri kanan, kita bakal nyari pembenaran kayak 

‘ah, si anu bolos mulu tapi gajinya sama aja kayak aku’ 

atau 

‘si itu kinerjanya jelek, tapi isi dompetnya sama aja, apa gunanya jadi pegawai rajin?’ 

Tapi sekali lagi, poinnya adalah ‘urusin diri sendiri dulu, syukur-syukur bisa kasih inspirasi ke lingkungan biar bisa ikut bener. Jangan malah ikutan nyebur ke sistem yang salah.’

3. Jangan malas untuk upgrade diri. Misalnya belajar utak atik cool edit, belajar ngeMC, bikin naskah sandiwara radio, dan banyak hal lain. Ilmu broadcasting itu luaaasss banget. Jangan gampang puas. Apalagi zaman sekarang buat belajar tuh gampang. Ada google, ada youtube, hanya bermodalkan MAU dan .... wifi kosan. Hehe. *kalo pake kuota buat yutuban, kasian dompet anak kost.


Belajar ngeMC


Sebagai Blogger..



1. Menulislah lalu edit, tapi jangan berharap bisa menghasilkan tulisan yang perfecto.

Kebiasaan banget. Kalo nulis biasanya disambi editing, lalu pusing sendiri karena nggak puas sama hasilnya. Ujung-ujungnya draft tulisan itu berakhir menjadi draft tanpa pernah dipublish. Karena ketakutan sendiri. Karena pengen tulisan yang sempurna. Karena nggak pede. Dan sejuta alasan lain. Bagus sebenernya ketika kita menginginkan tulisan yang bagus dan layak baca, tapi nggak bakal bagus kalo nulisnya maju mundur cantik. Harus lebih percaya diri.

Target : 10 blogpost untuk blog lifestyle & 10 blogpost untuk blog buku setiap bulan
Total : 120 
blogpost untuk blog lifestyle & 120 blogpost untuk blog buku selama setahun

2. Blogwalking lalu tinggalkan komentar.

Sebenarnya nyaris tiap hari, aku nggak bisa lepas dari blogwalking. Ada blog-blog yang emang ngangenin bahkan lebih ngangenin dari drama korea. Seriusan. Tapi yang jelas, sehabis membaca tulisan fresh dari teman-teman blogger, biasanya aku ngedapetin ide-ide baru, semangat baru dan inspirasi. Masalahnya adalah aku cenderung males ninggalin komentar, padahal ini penting banget buat menjalin silahturahmi sekaligus buat naikin DA *teteup. Fix, 2017 aku bakal lebih sering ninggalin jejak di blogpost teman-teman blogger.

Target : blogwalking ke 10 blog setiap hari
Total : 3600 blogpost yang diblogwalking selama setahun



3. Ikutan lomba dan giveaway, bukan untuk gelar juara atau untuk menyabet hadiah, tapi berlomba menjadikan kualitas diri lebih terasah.

Sebenarnya awal aku masuk ke dunia blogging, bukan karena langsung niatnya buat menulis, melainkan untuk ikutan giveaway yang kebanyakan syaratnya waktu itu berupa share info giveaway via blogpost. Meski lama kelaman mengenal job review, content placement, dan berbagai jenis sarana mendapatkan pemasukan yang lain, aku tetap merasa kalo ikutan giveaway dan lomba blogging adalah cara terasyik buat mengasah kemampuan diri. Belum lagi kalo menang, alamak happy banget nerima hadiahnya.

Target : ikut minimal 1 kuis/giveaway/lomba setiap hari
Total : 360 kuis/giveaway/lomba yang diikuti selama setahun

2017. Giveaway dan lomba, tunggu aku. Aku bakal ikutan ngelomba lagi! ^^



Menjaga Kesehatan. Tanpa Kesehatan, Semua Resolusi Tak Akan Bisa Dieksekusi

1. Tidur cukup minimal 6 jam dalam semalam. Selamat tinggal begadang.


Penyakit banget. Udah tau kalo aku termasuk kategori morning person, tapi kadang suka maksain diri buat menyelesaikan pekerjaan hingga larut. Ujung-ujungnya jam tidur kurang dan pas bangun, badan nggak seger sama sekali.

2017 ini aku menergetkan jam 9 malam udah tutup laptop, udah matiin smartphone, udah meluk guling. Aku bukan termasuk orang yang susah tidur sih, jadi amanlah, tinggal gimana kuat-kuatin diri buat gak tergoda nonton drakor malem-malem.


2. Banyak makan buah.

Pengen nulis banyak makan buah dan sayur, tapi tahun ini belum bisa, karena aku masih beli nasi di luar, belum bisa masak sendiri karena budget buat beli ini itu buat masak, belum terkumpul. Jadi sementara nikmati aja dulu nasi padang dengan sayuran ala kadarnya. Yang penting jangan bablas lupa makan buah. Sekedar pisang sama jeruk masih kebeli lah ya. hoho.




3. Olahraga rutin, bisa ngezumba atau lari di jogging track dekat kantor.

Yap. Perut aku makin buncit karena kurang gerak. Target nih di tahun 2017 ini, berat badan aku harus balik ke angka 45 kg. Idealnya emang segitu. Sesekali pengen jogging di jogging track dekat kantor, tapi kalo lagi males banget keluar kost, ya hayuuk ngezumba aja sambil ngikutin gerakannya via youtube. Youtube the best banget yak. Semua ada. Semua tersedia!



Lebih Mendekatkan Diri Pada Pemilik Semesta

1. Sholat on time, syukur-syukur bisa ditambah Tahajud dan Dhuha.

Ini PR banget karena hidup sendirian gini rentan terlena. Sholat di ujung waktu, padahal kerjaan gegoleran mantengin sosmed doang. Bangun mepet banget di ujung Subuh. Pas jam Dhuha entah lagi sibuk ngapain. Di 2017 kelak, aku pengen lebih on time buat urusan sholat. Sholat aja gak on time, gimana yang lain ya kan?

Baca-baca mengenai betapa hebat pengaruh Tahajud dan Dhuha buat kehidupan yang lebih tenang, aku gak ragu buat masukin ini ke dalam resolusi 2017. Intan harus lebih rajin inget Tuhan, banyak-banyakin doa. Jangan mikirin dunia mulu. Ga bakal ada ujungnya. Rentan stress!


2. Khatam Al-Qur’an minimal 2 kali dalam setahun.



Kyaa! Ini juga PR besar karena di zaman sekolah kemarin aku bisa khatam berkali-kali dalam setahun, tapi sejak kuliah lalu kerja begini, aku cuma ngaji selembar dua lembar selepas sholat Maghrib *duh maluu. Sebagai permulaan, aku nargetin bisa khatam 2 kali selama tahun 2017 kelak. Bismillah ..




Kata orang, berangan-angan doang sih gampang, praktiknya yang susah. Tapi sebenernya balik lagi ke kitanya. Seberapa besar keinginan dalam hati kita untuk diwujudkan, seberapa kuat komitmen dan mampu gak buat disiplin? Kalo udah ada niat yang dikombinasikan sama komitmen dan disipin, Insya Allah semua keinginan bisa dicapai. Jangan lupa juga untuk banyak-banyak berdoa pada pemilik semesta, agar jalan kita dimudahkan, agar pundak kita dikuatkan, agar semangat kita senantiasa diisi ulang.

Ganbatte. Selamat menyambut tahun 2017 dengan impian tanpa batas!



You Might Also Like

20 komentar

  1. wah sama namanya kita yak, tos! Hihi...salam kenal intan *lucu ya manggil nama sendiri wkkk,waaah kembaranku penyiar radio keren euyy!

    Semangat jiayouuu! semoga konsisten dan bisa terwujud resolusinya di tahun depan ini yah. Btw makasih yah udah mampir blogq yg masih acakadut hihi

    BalasHapus
  2. Wuaaa panjang banget ya hihihi. Saya baca sambil aminin..Amin ya Robbal Alamin. Lagi mikir2 buat nulis resolusi juga kayaknya bakal banyak x)

    BalasHapus
  3. Semoga tercapai resolusinya ya intaan..keren deh resolusinya sebagai penyiar, iyaa di kantor ya kerja jangan disambi..

    BalasHapus
  4. Amin, semoga tercapai semua ya Mbak.
    Aku jadi inget jaman sma dulu pingin banget jadi penyiar radio. kayaknya asyik. Secara sma ku dekat radio Geronimo. Saban hari full radio deh di kuping. Tapi aku gada nyali buat cuap2 deh. Jadi salut buat para penyiar yg bisa bikin pendengarnya nggak lari ke channel lain

    BalasHapus
  5. Emang orang liat kitanya suka "seenaknya aja"padahal nggak taunya kita pontang-panting ngelakuin itu. hihihiii..
    Sukses terus yaa mbak Intan...
    aku jga keknya nandain klo mbak Intan jarang banget medsosan yah mbk... hanya waktu2 tertentu keknya hhee

    BalasHapus
  6. Selama ini aku juga mbatin, ini si Intan kok nggak pernah nongol ke mana ya? Sepi-sepi amat. Di blog dan sosmed nggak ada kejelasan. Ternyata oh ternyata sekarang jadi anak rantau.

    Ngomong2 soal jadi penyiar radio, sepakat euy kalau itu nggak mudah. Aku yang cuma 1 tahun jadi penyiar aja bisa ngomong gitu apalagi kamu yang udah lama. Semangaaaat!

    BalasHapus
  7. oh mba ni penyiar to.. banyak ngomong pastinya. haha

    btw siarannya pagi atau malem mba ?

    BalasHapus
  8. "menikmati apa yang ada dalam genggaman" bacanya bikin hati adem, merasa jadi pribadi yang penuh syukur ^^

    BalasHapus
  9. selamat menyambut tahun baru 2017. moga makin sukses n resolusinya tercapai yaa

    BalasHapus
  10. Halo mbak intan, ini kunjungan pertama ku hehe

    Huwaaa target + langkah2nya udah mantep tuh. Semoga resolusinya tercapai ya mbak 🙌

    BalasHapus
  11. wahhhh mantap bgt mbak tulisannya :)
    aku ikut amiin-in ya ^^

    semangat terus
    www.fujichan.net

    BalasHapus
  12. Btw kamu mau bobo 6 jam banget Ntan? Aku tiap hari kudu bobo 8 jam lho. Hahaha. Berasa bayik. Semoga tercapai segala resolusi baiknya ya Ntan sayang. 😘

    BalasHapus
  13. Aku punya impian jd penyiar radio juga mba. Sedangkan MC tercapai namun perlu di explore lagi di tahun 2017 nanti.

    BalasHapus
  14. Wah keren mbak intan resolusinya.
    mantap, lanjutkeun :)

    BalasHapus
  15. Semoga tercapai semua angan2 baiknya, mba. Yes, berangan aja memang mudah. Ya nyata Tuhan juga nggak pernah persulitkan kita untuk berdoa apa aja kan :D Tinggal pelan2 dijalani aja.

    BalasHapus
  16. Good luck and work hard for 2017's resolution ya Intan, detail resolution baguss.. mau dunk diajari siaran... pasti suaranya merdu deh bisa jadi penyiar 😍😍 salam kenal, Sari

    BalasHapus
  17. Betul mba. Resolusi itu harus dibarengi niat. Dulu2 waktu masih labil sih aku juga ikut-ikutan aja bikin resolusi. Sekarang, resolusi justru jadi reminder biar nggak salah jalan hehe. By the way, aku baru tahu kerjaan penyiar radio seribet itu. Aku kira kayak MC gitu, cuma mempelajari. Hal2 lain ada yang handle.

    BalasHapus
  18. Buat aku nulis resolusi juga bermanfaat mbak. Setuju mbak, apa serunya kalau nggak ada tujuan buat mencetak gol. Semangat berbenah diri mbak. Mari menikmati apa yang ada dalam genggaman.

    BalasHapus
  19. Keren resolusinya komplit, reminder for me. Moga sukses dunia dan akheratnya, aamiin.

    Makasih udh ikuta GA aku ya Intan, sukses selalu :)

    BalasHapus
  20. Semangat Intan untuk target dan resolusinya. Semoga semuanya tercapai. Dulu aku sempat tertarik dengan dunia radio, tapi kalah sama minder. Memang bener, ngomong sendirian di depan mic itu nggak semudah keliatannya. Salam kenal :)

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan