Pasangan Muda Menanti Datangnya Kehamilan

Kamis, Desember 08, 2016




Bagi pasangan yang sudah menikah cukup lama, kehamilan adalah suatu hal mutlak yang ditunggu-tunggu. Banyak yang sepakat bahwa kehadiran anak akan melengkapi kebahagiaan berumah tangga. Anak adalah sarana mengabadikan cinta. Tak heran, beragam upaya akan dilakukan agar cepat hamil. Dari mulai berkonsultasi langsung ke dokter maupun berobat secara tradisional.

Seperti yang dialami seorang kawan yang sudah menikah nyaris dua tahun ini namun belum diberi kesempatan hamil, mau tak mau mulai resah. Ia sudah memeriksakan kondisi diri dan pasangan ke dokter, hasilnya bagus. Tak ada masalah apa pun. Hanya saja entah mengapa kehamilan tak kunjung datang. Ia lantas memutuskan untuk mengikuti program kehamilan. Ada beberapa hal yang disarankan dokter, yakni :

Menjaga kondisi tubuh agar tidak terlalu lelah

Si kawan sama sepertiku yang bekerja sebagai penyiar dengan ritme kerja yang random. Kadang siaran di pagi buta, kadang dapat shift siaran hingga malam. Kondisi ini tentu saja harus diakali agar tidak membuat tubuh ngambek. Harus pandai mengambil celah beristirahat di tengah jam kerja yang berbeda dengan pegawai kantoran lain. Jika sedang off siaran, baiknya memang mengalokasikan waktu dengan beristiahat atau melakukan hal-hal yang membuat tubuh rileks. Seperti menonton drama kesukaan, membaca buku, menikmati camilan, atau sekedar mencium aroma lilin aromatherapi sambil melakukan yoga.

Kalo dituruti, tumpukan pekerjaan nggak akan ada habisnya. Itu lah mengapa harus pandai-pandai menyusun prioritas dan tidak menyiksa badan dengan bekerja dan berpikir berlebihan.


Menjaga asupan makanan  


Selain cukup istirahat, mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh juga tak kalah penting. Mengkonsumsi banyak buah dan sayur sangat disarankan. Ada pula beberapa makanan yang baiknya tidak dikonsumsi, misalnya buah durian. Tentu ini menjadi siksaan tersendiri bagi calon ibu hamil. Tapi demi datangnya si buah hati, tentu bukan masalah besar, kan?

Selain itu juga berhati-hatilah dengan obat-obatan yang dikonsumsi. Karena beberapa jenis obat biasanya mengandung zat-zat yang bisa memperlambat kehamilan. Lebih baik menjaga pola makan agar tetap sehat daripada diserbu dengan obat-obatan.


Memperbaiki gaya hidup

Untuk perempuan yang merokok dan sering minum minuman beralkohol, ada baiknya untuk mulai menyingkirkan 2 benda itu sejauh mungkin dan memulai gaya hidup sehat. Merokok dapat menyebabkan gangguan di tabung saluran indung telur sedangkan minum minuman beralkohol dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan ovulasi.





Hal-hal di atas terkesan simple namun praktiknya tentu tak semudah kelihatannya. Untuk hamil memang butuh usaha keras. Setelah hamil pun, upaya untuk merawat kehamilan pun tak kalah keras. Seperti misalnya saat umur kehamilan 7 bulan, ibu hamil harus semakin memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh. Selain sayur dan buah, tambahan asupan dari susu seperti susu Lactamil sangat dianjurkan agar kebutuhan gizi di saat kondisi badan sedang sering mual dan muntah, tetap terpenuhi. 




You Might Also Like

4 komentar

  1. Seuju degnan point di atas. jangan lupa pasrah dan berdoa

    BalasHapus
  2. Menunggu kehamilan memang menciptakan kegalauan tersendiri buat para pasangan muda. :D

    BalasHapus
  3. Aku sempat melakukan beberapa tips seperti posisi senggama dengan pinggul lebih tinggi, pengamatan lendir serviks dan pengukuran suhu basal tubuh. Namun belum juga diberi rezeki.

    Uniknya setelah aku lebih rileks dan tidak memikirkan target hamil setiap bersenggama, tahun ketujuh aku hamil bahkan tanpa semua teori-teori yang di awalnya getol aku eksekusi.

    Sungguh keturunan murni hak prerogatif Illaahi Robbi, dan sepertinya setiap pasangan memiliki metode yang berbeda antara satu dengan lainnya.

    Yang aku tahu Allah SWT tahu apa yang terbaik buat kita :).

    Dan jangan pernah buruk sangka terhadap takdirNya, setuju?


    ~~~
    www.annarosanna.com



    BalasHapus
  4. Temenku juga ada yang udah 2 tahun nikah baru dikasih sekarang. Tipsnya sih sibukin diri dengan hal-hal positif dan sering traveling berdua sama suami katanya :D

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan