Pentingnya Asupan Vitamin C Bagi Tubuh



Dengan status sebagai anak kost yang punya uang jajan terbatas, menjaga pola hidup tetap sehat (sesehat dibawah pengawasan orangtua) jadi hal yang susah-susah gampang. Susah, karena godaan buat menjalani hidup enggak sehat datang dari segala penjuru, atas bawah, kiri kanan, depan belakang (mulai lebay!). Gampang, karena sebenarnya untuk hidup sehat, nggak butuh kenaikan uang jajan biar nyama-nyamain kenaikan BBM. Soalnya, hidup sehat itu murah, yang nggak murah itu adalah usahanya.

Gimana nggak, mau tidur jam 2 pagi, siapa yang tau? Mau makan junk food 3 kali sehari, siapa peduli? Saat orangtua berpuluh kilometer jaraknya dari kita, nggak ada yang lebih bisa peduli sama kita, selain diri sendiri.

Waktu pulang ke rumah beberapa waktu lalu (karena kebetulan libur kuliah barengan sama libur siaran). Ibu ngomel panjang lebar,

“Kok matanya berkantung sih, nak? Kurang tidur ya? Duh, kalo lagi bukan jadwal siaran, jangan begadang lah. Kasian badan. Mau tambah gede kantung matanya?

Kulitnya kusam pula. Jarang makan buah sama sayur ya? Makan junk food melulu, iya? Anak gadis kok ya nggak ngerawat diri. Mau nanti dapet suami yang ‘mbrukudul’? Mau?”

Aku ngikik. Sejak usia udah merengsek melewati angka 20, ibu memang mulai sibuk mewanti-wanti untuk belajar masak, belajar manage keuangan, rajin ngerawat tubuh, juga wajah. Kata ibu, Allah itu Maha Adil, yang ‘cantik’ akan disandingkan dengan yang ‘cakep’. Jangan harap dapet suami kayak Dude, kalo kitanya nggak mampu jadi secantik dan seanggun si Icha #salahfokus

Sebelum balik ke Bengkulu, ibu maksa aku buat ngeboyong juicer yang ada di rumah. Kata ibu, kalo lagi nggak mood makan buah, aku cukup minum sarinya aja. Kata beliau lagi, “Ya masa, tinggal potong buah, cuci, masukin ke juicer, minum, males? Sederhana, murah dan nggak capek loh.”

Demi menghindari omelan yang lebih panjang, si juicer pun beralih ke kost. Seminggu, 2 minggu, lalu nyaris sebulan, sekedar teronggok di pojok kost, nggak kepake. Hingga kemudian, saat udah riweuh sama agenda magang di sekolah (baca : PPL), nyusun proposal ecek-ecek, siaran pula, aku mulai ngerasain nggak enak badan. Yah, gimana nggak, tidur kurang (pas ada kesempatan tidur lebih lama, malah hatinya lagi galau #anakmuda), makan bergizi pun jarang, apalagi buat minum susu, makan sayur plus buah, mana sempet? Waktunya nggak ada, uang pun nggak punya :p

Tapi, aku nggak pengen terus-terusan ‘nyiksa’ diri. Sebelum perasaan nggak enak badannya makin parah, aku beburu blusukan di google. “Agar badan tetap fit kala sibuk dan musim pancaroba”, kurang lebih seperti itulah keyword yang aku masukkan di kolom pencarian google. 

Dan ternyata, salah satu caranya adalah dengan mencukupkan kebutuhan akan vitamin C. Kabarnya, jika kebutuhan vitamin C terpenuhi, kita nggak bakal gampang demam, flu, nggak enak badan, dan sejenisnya.

http://www.stanfordcenter.com/blog-layout/37-manul-book-ot/203-mengapa-manusia-membutuhkan-vitamin-c


Ditambah lagi, ada pula manfaat tambahan dari Vitamin C loh, yaitu :

Memperbaiki kulit.

Vitamin C mengandung antioksidan yang banyak yang juga dibutuhkan oleh kulit. Nah, si antioksidan itu berfungsi untuk menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat terkena paparan sinar matahari. Selain itu, pemberian asupan vitamin Cyang digabungkan dengan bahan lainnya dapat memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk berupa garis-garis halus, pigmentasi yang nggak merata, warna kulit dan juga tekstur kulit, bisa jadi lebih kenyal dan krenyes-krenyes.

Meningkatkan mood.

Hatinya lelah? Pikirannya acakadul? Ada kabar gembira tapi bukan ekstrak manggis #eh. Pemenuhan Vitamin C mampu meningkatkan suasana menyenangkan di hati. Kok bisa sih? Emm, kalo menurut logika ala aku, pas kita ngerasa kondisi badan dalam keadaan fit, kulit cantik pula, secara nggak langsung pikiran jadi fresh juga kan? Pokoknya iya deh, iyain aja! *ditoyor

Iming-iming dari google, akhirnya ngegoda aku buat lebih care sama apa yang masuk ke tubuh. Seenggaknya, dalam sehari ada segelas kecil sari buah yang masuk ke perut. Lalu, apa dong buah favorit yang biasanya aku masukin ke juicer? Tentunya yang mengandung vitamin C  dong!

Jambu Biji

http://kerendanunik.wordpress.com/2012/01/10/10-manfaat-jambu-biji/

Kandungan vitamin C dalam jambu biji hampir 2 kali lipat dari jeruk. Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung 108 mg vitamin C (kata google). Selain itu, buah jambu biji juga berkhasiat untuk mengobati gangguan perut, kayak diare.

Tapi sebenernya, yang paling penting adalah, disini, harga 4 biji jambu biji ukuran sedang cuma 4 ribu aja. Kalo dijus, bisa dapet 2 gelas. Bandingin kalo beli jus jadi, harga segelas jus jambu biji bisa mencapai 10 ribu. 

Tomat

http://herbal-obat.blogspot.com/2012/05/khasiat-dan-manfaat-buah-buahan.html

Tomat juga merupakan sumber vitamin C dan likopen, salah satu karotenoid terkuat yang bertindak sebagai antioksidan. Dalam satu buah tomat ukuran kecil bisa mengandung vitamin C sebanyak 23 mg.

Sttt, tau nggak, jambu biji kalo digandengin sama tomat di dalam juicer, rasanya jadi enak bener! *plus murah hihiiii

Wortel.

http://nyata.co.id/konsultasi/ingin-mata-bening-makan-saja-wortel-mentah/

Heeeiii, taukah, dengan uang 3 ribu, aku udah bisa bawa pulang setengah kg wortel. Kalo dijus bisa dapet 3 gelas. Rasanya emang aneh, berasa minum jamu. Eh tapi, kandungan vitaminnya nggak usah diragukan. Selain mengandung vitamin C, kandungan vitamin A-nya juga maknyus.

Mata sehat, badan bugar, dompet tebal!

Apel

http://kesehatan-nature.blogspot.com/2013/07/khasiat-dari-buah-apel-untuk-kesehatan.html

Kandungan vitamin C dalam 100 gram buah apel adalah 5 mg. Apel juga kaya akan flavonoid antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung, stroke dan kanker. Sebuah apel sedang memiliki sekitar 80 kalori.

Nah, kalo sama buah yang satu ini, agak kurang akrab. Maklum, baru bisa beli apel pas awal bulan atau akhir bulan (pas nerima uang paket). Tapi seriusan, jus apel emang enyak dan seger! Kalo dibandingin sama jambu biji,tomat juga wortel, si apel adalah juara untuk urusan rasa, tapi kalah dalam kemiringan harga :p

Dan seriusan, setelah rutin maksain diri untuk konsisten tidur (minimal) 6 jam dalam sehari, nggak absen buat makan siang dan makan malam, say bye bye untuk junk food, dan tentunya memenuhi kebutuhan Vitamin C yang berasal dari buah untuk kesehatan tubuh. Beragam manfaat telah aku dapatkan : badannya nggak cengeng lagi (alias nggak gampang demam), kulit berasa lebih lembut dan halus, pancaran mata lebih berbinar (no kantung mata) dan tentu saja dengan kondisi tubuh yang baik seperti ini, mood pun senantiasa dalam posisi good.

Alhamdulillah yes! Semoga nggak bosen-bosen buat menjalani pola hidup sehat.








6 comments

  1. Bener banget ini, kalo asupan vitamin C mencukupi, bakalan terjaga deh kesehatan. Udah ngerasain sendiri.. :D

    ReplyDelete
  2. cantik deh... berarti asupan vit c nya cukup ya... :)

    ReplyDelete
  3. Vitamin C itu murah dan gampang kok ya
    Makasi partisipasinya ya :)

    ReplyDelete
  4. jangan lupa kudu cukup istirahat ya Sist^^

    ReplyDelete
  5. Kalo yang ngomong cantik kek gini, percaya aja dech aku. heheh :D

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^