Sosok

Punya Uang Lebih, Baiknya Dipakai Untuk Apa? [Tips dari Blogger Gresik, Ria Rochma]

Senin, September 18, 2017

Siapa sih yang nggak suka kalo dapat jatah uang lebih banyak dari biasanya? Entah karena gaji naik, bonus dari kantor atau menang lomba blog dan mendapatkan sejumlah uang yang nominalnya lumayan. Pasti happy. Dan kalau aku sih langsung berencana menghabiskan uang itu untuk belanja-belanja. Beli makanan, buku, sama baju baru dong.

Ada yang sama kayak aku?

Tapi nih, dari tulisan Mbak Ria Rochma, sang blogger Gresik yang ngeblog di http://www.mamaarkananta.com/, seharusnya saat punya uang lebih, alih-alih langsung belanja, seharusnya kita lebih bijak menggunakan uang itu untuk hal-hal yang lebih prioritas.




Apa itu?


1. Bayar Hutang

Hayo. Ini emang berat ya teman-teman. Ngutang mah gampang, tapi bayarnya beraaaat! Kayaknya ada aja keperluan yang lebih mendesak ketimbang bayar hutang. Alhasil, hutang pun makin dilupakan seiring waktu. Waduh, padahal kalo pun nggak ditagih di dunia, hutang bakal ditagih di akhirat loh. Serem ih. Makanya jangan suka ngutang. Kalo pun emang udah terlanjur mending buru-buru dibayar pas uangnya ada. Jangan ditunda-tunda melulu.

2. Sesuaikan Kemampuan

Pengennya aku pas udah kerja gini, tiap bulan bisa ngasih uang ke ibu bapak dan keluarga besar. Meski memang mereka nggak kekurangan, tapi seneng aja rasanya kalo bisa berbagi pundi-pundi rupiah hasil kerja sebulan. Atau seandainya bisa beliin ibu tas baru setiap bulan. Hm. Ibu yang hobi ngoleksi tas, pasti seneng banget.

Tapi aku sadar diri kalo kemampuan keuanganku belum sampai di titik itu. Jadi ya sejauh ini aku cuma bisa transfer-transfer pulsa atau kirim makanan. Daripada nggaya kirim uang dalam amplop tebal, tapi di rantau aku malah ngutang sana sini kan ndak lucu loh. Mau menyenangkan orang lain itu baik, tapi jangan lupa disesuaikan sama kemampuan ya teman-teman.

3. Daftar Keinginan

Yap, nulis daftar keinginan ini tujuannya biar kita nggak kalap belanja pas punya uang. Dengan menulis apa-apa saja yang kita mau, kita akan punya semacam skala prioritas. Ternyata ada barang-barang yang memang kita butuhkan, namun ada pula yang sekedar jadi keinginan dan sebenarnya gak penting-penting amat. Jangan sampai kebalik, barang yang penting nggak kunjung kebeli, eh yang gak penting malah numpuk-numpuk di lemari. Failed!

Tiap kali menginginkan suatu barang, coba deh ditulis dulu. Pas punya uang, daftarnya dipandang-pandangin, baru diputuskan mau melunasi daftar yang mana duluan. Ingat, beli barang yang memang dibutuhkan dan berguna sampai jangka panjang. Bukan sekedar buat gaya-gayaan.

4. Tabung

Karena kita tidak sekedar hidup untuk hari ini. Ada masa depan yang menunggu. Apa kabar rumah dan kendaraan kalau kita nggak mulai nyicil nabung saat muda dan lapang? Lagipula, siapa yang bisa menebak hari esok, entah ada keadaan mendesak yang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Tabungan yang akan menyelamatkan kita.

Jadi, pas punya uang lebih, nggak ada salahnya untuk menyisihkan sebagian untuk ditabung. Yakin deh, kejadian uang habis entah kemana nggak akan terulang lagi kalo habit menabung kita lakukan terus menerus tiap kali punya uang.

5. Bersenang-senanglah

Kalo udah melewati 4 poin di atas, baru deh boleh bersenang-senang. Mau luluran & creambath di salon? Silahkan. Mau beli buku idaman? Boleh aja. Mau jajan makanan favorit? Yuk cus. Bebas pokoknya sisa uangnya mau dipakai untuk apa.


--


Nah teman-teman, menarik kan tips keuangan dari Mbak Ria di atas? Kalau kita menerapkan tips ini, nggak takut lagi deh uang habis tanpa tau peruntukannya. Penggunan uang akan tersusun rapi sesuai skala prioritas. Omong-omong, kalian udah kenal sama Mbak Ria Rochma belum nih? Jadi Mbak Ria ini adalah blogger yang sebenarnya masuk di lingkup Blogger Surabaya, namun domisilinya di Gresik. Selain sebagai blogger, Mbak Ria juga berprofesi sebagai guru Bimbingan Konseling di salah satu SMP di Gresik.

Dilihat dari nama blognya, tentu ketebak kalo Mbak Ria ini adalah seorang mama. Selain sibuk dengan dunia blogging dan dunia BK di sekolah, Mbak Ria juga sibuk mengurus 2 balita di rumah, yaitu Arya dan Fathin. Duo krucils ini adalah moodbooster Mbak Ria ketika beraktivitas.

Di blognya, ada 3 tema yang diusung Mbak Ria, yaitu parenting, lifestyle dan crafting. Yes, lifestyle blogger ini juga jago berkreasi dengan kertas untuk menciptakan kreasi-kreasi yang ciamik. Aktif banget ya teman-teman. Apalagi Mbak Ria ini ngeblognya konsisten loh, dari tahun 2012 hingga sekarang.




Yuk kenalan lebih jauh sama Mbak Ria Rochma. :)


You Might Also Like

0 komentar

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan