Liburan ke Dieng? Siap-siap dimanjakan dengan 7 Keindahan ini!





Sebelumnya, aku cenderung berpikir kalo travelling hanya milik orang kaya dan pengusaha. Why? Dengan gaji yang segitu-gitu aja setiap bulannya, yakali bisa liburan? Mending uangnya ditabung buat nyicil rumah atau kendaraan. Atau sekalian aja belajar berinvestasi. Sayang ah kalo pemasukan hasil kerja keras dari 8 to 5 setiap hari selama sebulan abis-abis aja dipake buat liburan. Ngumpulinnya lama, ngabisinnya sebentar doang, iya gak?

Tapi pada satu titik, ketika udah nyaris 3 tahun kerja tanpa liburan (maksudnya kalo pun libur di weekend, cuma dihabiskan dengan tidur atau ngubek-ngubek sosmed), aku mulai ngerasain ada yang salah. Aku ngerasa bosen dan hilang arah. Padahal dunia radio adalah dunia yang aku suka, dunia yang dulu kataku adalah passion. Tapi aku ngerasa lelah. Mau produktif kayak dulu-dulu kok kayaknya males? Huh. Makin ke sini, makin aku nyoba nyari tau, ternyata yang bikin aku mau lari dari studio, bukan karena aku gak cinta siaran lagi, tapi akunya butuh piknik, butuh liburan, butuh keluar sejenak dari rutinitas.

Tapii.. emang bisa liburan? Waktunya kapan? Uangnya cukup gak?



Liburan yang yahud itu adalah saat masih punya tenaga, punya uang, dan gak ganggu tabungan. Kalo pulang liburan malah stress lihat saldo tabungan.. hmm .. itu sih namanya maksa. Lagian pilihan liburan amat banyak. Tinggal disesuaikan aja sama kocek dan waktu liburan yang dimiliki. Kalo mampunya baru sebatas keliling Indonesia, jangan maksain terbang ke Eropa. Kalo waktu yang dimiliki untuk liburan cuma seminggu doang, jangan maksa mau liburan sebulan penuh. Nyantai aja. Sesuaikan sama kemampuan.

Kalo aku, salah satu destinasi wisata yang pengen aku kunjungi adalah Dieng.

Kenapa?

Karena deket sama Jogja. Kota kesayangan banyak orang termasuk aku. Setelah puas bernostalgia di Jogja, melipir 2 – 3 hari ke Dieng adalah pilihan tepat.  

Source : https://www.traveloka.com/

Dari Yogyakarta, cuma butuh waktu 3 jam dengan menggunakan mobil untuk tiba di Dieng. Banyak lokasi wisata yang bisa memanjakan mata & menyegarkan pikiran selama di sana. Kita bisa ke Dieng Plateau Theatre, Danau Telaga Warna, Telaga Pengilon, Kawah Sikidang.. and so on.    

1.Dieng Plateau Theatre

Lokasinya persis di dekat Danau Telaga Warna. Di sini, kita bisa nonton film mengenai sejarah terbentuknya dataran tinggi Dieng dan beberapa objek wisata di Dieng. Dengan durasi film sekitar 25 menit, dijamin pengetahuan kita akan Dieng akan terupgrade dengan mudah.

2. Telaga Warna

Usai nonton, kita bisa mampir di Telaga Warna. Konon, telaga yang unik dan indah ini memiliki lima warna. Bahkan, ada yang bilang sih tujuh warna. Namun, warna dominan yang terlihat mata biasanya hanya hijau toska, biru muda dan sedikit kuning keemasan karena tertimpa cahaya matahari. Area di sekitar telaga juga sangat asri, karena telaga dikelilingi bukit-bukit hijau nan cantik.  Uwuw segarnya!

3. Telaga Pengilon

Belum puas nikmatin yang seger-seger? Kita bisa ke Telaga Pengilon. Bedanya sama Telaga Warna, di sini nuansa airnya hijau kekuning-kuningan. Terus, buat kamu yang hobi mancing, pasti seneng banget karena di sini banyak ikan. Uyeee! Bisa mancing.

4.Kawah Sikidang.

Sikidang artinya rusa dalam bahasa Jawa. Di sini kita akan menyaksikan pemandangan keren : kepulan asap dalam kolam besar yang berisi lumpur panas dan berbau belerang. Tapi inget harus hati-hati, karena banyak gelembung air yang keluar dari celah-celah batu. Sttt, buat yang merokok harus nahan diri dulu ya soalnya di sini pengunjung dilarang merokok.

5. Gunung Sikunir

Dari puncak Sikunir, kita bisa melihat puncak Gunung Sindoro, Merapi dan Sumbing. Ada tiga zona untuk menyaksikan matahari terbit di sini. Zona 1 merupakan zona yang paling dekat dengan tempat parker sedangkan zona 3 adalah zona yang paling tinggi. Saat mendaki, nggak ada salahnya untuk meminta tour guide menemani peerjalanan. Biasanya pengunjung memberikan tip sekitar Rp 20.000 – Rp 30.000,- pada tour guide.

6. Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah candi Hindu yang dulunya digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata.  Di kompleks ini, juga berdiri gagah Candi Semar, Candi Puntadewa, dan Candi Srikandi.  

7. Jajan oleh-oleh di Wonosobo

Kembali ke Wonosobo wajib hukumnya jajan oleh-oleh. Oleh-oleh hits di sini adalah manisan carica dan purwaceng. Carica adalah buah pepaya yang ukurannya lebih mini dibanding pepaya pada umumnya. Pohon Carica banyak terdapat di Dieng. Sedangkan Purwaceng adalah obat kuat yang dibuat dalam bentuk minuman, susu atau kopi. Minuman ini dipercaya menambah stamina dan tenaga.   

--

Fix! Rencana jalan-jalan ke Dieng emang harus dieksekusi, destinasi wisatanya bikin mupeng! Tapi kadang nih yang bikin aku males adalah proses nyari-nyari tiket pesawat dan hotel. Aduuuh lama deh nunggu sampe nemu yang pas.

“Tapi kan Ntan, sekarang udah ada paket tiket hotel Traveloka, satu kali klik udah langsung nemu tiket sama hotel? Lebih mudah & saving time kalii!”

Hah beneran?




Wih ternyata iya guys! Sekarang udah gak perlu pusing-pusing lagi nyari tiket pesawat sama hotel secara terpisah. Kalo takdirnya emang mereka udah menyatu, ngapain dipisahin coba? Kalo mereka sedih gimana?

*ehalah fokus Ntan fokus!

FYI, pas aku nyoba pesen si paket praktis tiket + hotel ini, ternyata harganya lebih murah dibanding pesan tiket dan hotel secara terpisah. Asyik! Sisa uang jatah akomodasi bisa dialihkan untuk modal wisata kuliner. Nyam nyam! Eh iya, mau bayar transaksi di Traveloka juga nggak susah sama sekali, karena punya banyak metode pembayaran. Tinggal tergantung lagi sama akses yang kamu punya. Memudahkan banget ya kan?

Nah, buat yang dalam waktu dekat punya rencana liburan, yuklah pesan paket tiket+hotel di Traveloka. Benefitnya wokeh! Lebih hemat waktu, hemat uang, gampang pula pembayarannya. Liburan mau seneng-seneng toh, bukan pusing-pusing? Pilih yang paling gampang, biar pas pulang hati makin senang. Siap kerja lagi dengan penuh semangat! :)


5 comments

  1. kebetulan sha mau ke dieng bulan depan nih tan, tapi ke dieng plateu aja ama ke sentra ukm. eh, ke kawah nya deket ga sih dr dieng plateu? sayag banget ya kalau cuma ke sana doang

    ReplyDelete
  2. Dieng, dataran tinggi nan sejuk, benar-benar direkomendasikan

    ReplyDelete
  3. Tiap main ke Jogja ga pernah sempat main ke Dieng.. Mesti banget ya dicobain ke Dieng pake paket tiket pesawat sama hotelnya Traveloka nih.. ^^

    ReplyDelete
  4. Dataran tinggi yang udah terkenal sejak zaman SD nih, karena masuk di Buku-buku

    ReplyDelete
  5. wah lumayan tuh, ada paket wisata traveloka. jadi ga usah mikir atu-atu.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^