Dirotasi ke Bengkulu vs Dirotasi ke Bintuhan

Sepulang diklat penyiar unggulan pertengahan September lalu, sebenarnya perasaan & pengharapanku udah terombang ambing. Halah drama. Haha. Abis gini, diklat itu kan tujuannya untuk re-design programma 4. Logikanya, ilmu selama 2 bulan diklat itu hanya bisa diterapkan kalo aku pulang ke Bengkulu yang punya programma 4. Belum lagi ditambah dengan kabar angin yang berhembus kencang, kalo emang bakal ada rotasi intern dan salah satu pegawai yang dirotasi adalah aku, yang bakal pindah dari RRI Bintuhan ke programma 4.

Wow. Udah dag dig dug aja.

September lewat. Masih sabar dong.

Oktober, aku inisiatif packing sedikit. Buku-buku di ruang depan mostly udah aku masukin ke kardus, sebagian lagi udah dibagi-bagi ke temen-temen. Aku juga kok ya pede banget pamitan ke orang-orang sekitar, termasuk ke mbak-mbak salon tempat aku biasa luluran. What theeeeee ….. kepedean! Eh tapi, udah kelar nih Oktober, gak ada kabar lanjutan soal rotasi.


Pertengahan November, kepala stasiun RRI Bengkulu yang baru, beserta para kabid melakukan kunjungan ke Bintuhan. Aku kira sekalian bawa kabar gembira alias SK rotasi, tapi ternyata engggg.. zonk. Haha. Di titik itu, boleh dibilang, harapan aku udah menciut. Galau deh sekitar 3 hari, terus (memaksakan diri) semangat lagi. Maksudnya, semangat untuk bongkar ulang semua barang-barang yang udah dikardusin sembari menyemangati diri sendiri ..

“Di mana pun berada, Intan harus tetap strong. 2 tahun lebih bisa survive, tinggal nerusin doang mah kecil!”

Aku udah mulai ngelupain harapan untuk balik ke Bengkulu. Lagi dan lagi, aku berusaha keras mensyukuri apa-apa yang bisa disyukuri. Kerja di kabupaten gini lebih ringan, sinyal wifi di kost luar biasa kencang, akrab sama temen kantor, bisa punya banyak waktu luang untuk baca koleksi buku di Scoop & bisa main Super Mario Run sampai bosen *penting. Hehe.

Lalu awal Desember ini, anak-anak PBPNS dapat undangan ke Bengkulu untuk mengikuti sumpah jabatan PBPNS yang memang digelar serentak oleh RRI se-Indonesia. Aku termasuk di antara 2400an PB yang disumpah itu. Happy-happy aja tapi gak mikir yang macem-macem. Seneng bisa ke Bengkulu sama temen-temen Bintuhan. Bisa ngemall, nongkrong sambal makan enak, karaokean di tempat yang soundnya bagus .. itu semua gak bisa didapetin di Bintuhan. Hahaha. Bisa dibayangkan my 2,5 years di kota kecil ini kan? Sesuatu yang bisa bikin bosan tingkat tinggi, stress, sampai pernah mau resign. Duluuuu! *cerita lama.


Mungkin benar apa kata orang bijak, sesuatu yang kita kejar setengah mati, kadang susaaaaah banget dapetinnya. Tapi pas kita udah ikhlas & legowo, eh dateng sendiri tuh apa yang kita mau. Tanpa perlu ngotot-ngototan, tanpa perlu derai airmata. Awal desember ini bagiku bukan hanya SK baru, NRP baru, gaji baru, tapi juga kehidupan baru. My life is back!

Tapi apa kemudian aku se-excited itu?

Aku coba menganalisis perasaan. Senang kah itu? Excited? Bingung? Terharu? Deg degan? Sedih? Aku rasain pelan-pelan. Dan ternyata, senang tidak terlalu mendominasi, perasaan itu sudah bercampur dengan perasaan-perasaan lain juga. Ninggalin temen-temen kantor yang udah akrab banget, ninggalin kenyamanan di kost yang aku temukan 1,5 tahun yang lalu ini, ninggalin frekuensi tempat aku mengudara selama 2,5 tahun ini. Ternyata .. tetap aja sedih! Haha dasar manusia!

Maumu apa sih, nduk?

Ya mau lah pindah. Apalagi kalo inget bapak yang sering masuk RS dan cuma ibu sendirian yang jagain, rasanya pedih. Belum lagi soal langkah yang seolah mati ketika di sini. Ketika di RRI Bengkulu ngadain banyak event, rasanya tuuuu iri, pengen juga sibuk-sibuk berfaedah. Urusan blogging juga. Kuliah s2 juga. And so on & so much! Jadi.. dengan mengesampingkan perasaan-perasaan lain, intinya Alhamdulillah bisa balik ke Bengkulu.


Dan aku mau ceritain perbedaan yang terjadi ketika aku dirotasi ke Bengkulu bulan ini vs ketika aku dirotasi ke Bintuhan bulan Juni 2015 lalu.

Langsung gercep pengen pindah vs ngulur-ngulur waktu.

SK rotasi ke Bengkulu berlaku mulai 4 Desember dan aku cuma minta waktu 3 hari untuk angkut-angkut barang. Gerak cepat. Padahal jadwal siaran di Bintuhan udah terplot rapi sampai akhir Desember dan semuanya harus dirombak ulang. Pukpuk kawan-kawan siaran. Apa lantas kemudian aku ngusulin ke atasan biar aku kelarin dulu jadwal desember? Nggak hehe. Aku milih buat langsung pergi.

Dulu nih pas dirotasi ke Bintuhan sebenernya suratnya berlaku mulai pertengahan Mei, aku pun minta penangguhan sampai Mei berakhir karena jadwal siaranku masih banyak. Asli beraaaaatt banget pergi, udah nangis-nangis lah, udah minta bantuan sana sini lah dsb dsb. Tapiiiii ya mau piye? Wong SK pengangkatan pegawainya emang jatah Bintuhan. Aku pun harus pergi, 2 kali puasa, 2 kali lebaran, masih kalah sih sama Bang Toyib. :)

Kondisi keuangan yang memprihatinkan vs kondisi keuangan yang lumayan stabil

Dulu itu pas pindah ke Bintuhan, statusnya baru banget alih status dari honorer ke PB, gaji PB belum langsung keluar, harus bayar 2 kost karena aku belum bisa ninggalin kost di Bengkulu. Masih mikirin mau bimbingan skripsi dan lain-lain. Ampuuuun pokoknya. Jadi biar bisa survive, ibu masih kasih jatah 60% dari uang jajan aku pas masih belum kerja. Rasanya? Pengen resign. Capek iya, duit kurang, kuliah telat, homesick waaaaaaaa! Waktu itu aku sempat gamang, beneran nih mau ngambil jalan ini? Apa tidak ada jalan yang bertabur bunga-bunga dan aman untuk dilewati?

Waktu aku kenal dunia radio tahun 2012 lalu, aku sama sekali gak mikirin gajinya atau mikirin apakah masa depan bisa terjamin dengan profesi ini? Sama sekali nggak. Pure karena I love broadcasting so damn much. Seiring waktu, ketika umur makin bertambah, ketergantungan sama orangtua makin berkurang, oh aku baru ngerti kalo hidup gak cukup sekedar soal passion, tapi soal pemasukan juga. Salah? Ya nggak lah. Namanya manusia butuh uang buat makan, buat masa depan, buat semuanya. Dan so lucky, karena terpujilah wahai engkau ibu bapak guru .. eh maksudnya, bersyukur banget bisa makan dengan kenyang, tanpa harus meninggalkan passion.

Pindah ke Bintuhan = kehilangan rencana. Pindah ke Bengkulu = kepala penuh rencana

Kebingungan, itu yang aku rasakan waktu dipindahkan ke Bintuhan. Selain siaran aku harus ngapain? Lihatin pantai Linau sampai berubah warna jadi pink? Naik tanjakan padang kempas bolak balik 10 kali sehari biar ada kerjaan? Sedih. Karena aku suka mikir, aku suka kerja, aku suka kalo bisa produktif. Dengan semua keterbatasan fasilitas, dengan kesunyian Bintuhan dan sekitarnya, awal-awal di sana rasanya jarum jam bergerak super lambat. Meski lama kelamaan, aku bisa sibuk juga. Menyibukkan diri sendiri dengan baca-baca buku di Scoop yang gak abis-abis, tepatnya. I love you Scoop!

Pindah ke Bengkulu artinya frekuensi santai-santai akan jauh berkurang. Ritme kerja akan kembali pada titik seharusnya. Ada naskah-naskah pernak pernik siaran yang menunggu untuk diselesaikan. Ada jadwal siaran yang lebih variatif (halo siaran malam, halo siaran subuh!). Juga ada rapat-rapat dadakan, tugas-tugas dadakan lainnya yang butuh dikasih perhatian.


Ganbatte! 

1 comment

  1. Jadi udah di Bengkulu nih..?
    Semoga lebih semangat lagi yeay

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^