5 Langkah Mudah Agar Lebih Produktif


Januari udah hampir kelar yey! Apa kabar bulan Januari-nya teman-teman? Wah, kalo aku sih berharap bulan ini cepat berlalu. Maklum, januari gak gajian, sist. Udah dirapel Desember kemarin, jadi januari-nya ngos ngosan. Haha. Kelihatan banget ya berapa ada uang di tangan, segitu juga yang diabisin. Jangan ditiru please. Usahakan buat punya pengaturan keuangan yang apik. Ada yang disisihkan buat jaga-jaga alias dana darurat. Dan ketika penghasilan naik, jangan buru-buru naikin gaya hidup, mending naikin saldo tabungan/investasi. Soalnya pengalaman pribadi nih, mau berapa persen pun gaji naik, kalo gak diatur dengan bijak ya gak bakal bisa nyisihin uang juga. Habis terus. Deg degan terus mikirin uang.

Dan ini juga berlaku untuk waktu yang kita miliki. Semua orang punya 24 jam per hari (kalimat klise tapi emang betul). Tapi bedanya, ada yang memanfaatkan waktu yang dimiliki itu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat alias produktif, ada juga yang sekedar melewati hari demi hari dengan ongkang-ongkang kaki. Kerja ya seadanya, gerak ya secukupnya, gak produktif, gak melakukan sesuatu yang baru dan seru.

Untukku pribadi, kalo dari segi produktivitas, januari masuk di kategori lumayan.  Ngeblog udah mulai rajin lagi, meski masih merangkak. Untung gak lama-lama terjebak hiatus. Itulah untungnya gabung di komunitas blogger, pas lagi di titik jenuh, balik semangat lagi pas lihat temen-temen ngeshare seputar aktivitas bloggingnya. Pas buka sosmed pun, yang muncul adalah update cerita dari teman-teman blogger. Jadi ya gitu.. punya temen yang passionnya sama itu bisa jadi penambah energi yang luar biasa.


Dan untuk bulan februari nanti, aku pengennya lebih produktif, lebih rajin, jadi gak ada waktu yang terbuang sia-sia. So, aku melakukan beberapa langkah berikut.

1. Sholat tepat waktu


Ini ngaruh banget. Kalo untuk urusan sholat aja udah males-malesan, wah alamat aktivitas selanjutnya juga jadi males.. mager .. atau apapun lah itu namanya. Aku ngerasain sendiri, kalo sholat tepat waktu, rasanya banyak waktu luang setelahnya. Jadi lebih tenang, hati lebih adem, mau lanjutin kerjaan yang lain pun jadi syemangat 45. Ini PR banget sih sebenernya buatku, walaupun udah merasakan keuntungan sholat tepat waktu, nggak jarang juga kejebak sama kesibukan/males. Biasanya mepet di ujung waktu tuh sholatnya, apalagi Subuh. Duh..


2. Matikan smartphone untuk sementara waktu


Iya. Simply karena aku bukan tipe orang yang bisa nyuekin notification smartphone. Kalo HP bunyi, udah deh aku bakal gak tenang sebelum nengokin HP. Takut penting, takut yang menghubungi itu butuh balesan cepat, dll. Makanya kerjaan suka lambat diselesaikan, kalo nulis pun jadinya lama, kalo lagi ngerjain yang lain suka gagal fokus.

Nah, dibanding nyuekin notif, aku lebih ‘tega’ matiin HP sekalian. Kalo di WA kelihatan kan ya terakhir aktif jam berapa (kecuali kalo pake settingan khusus), jadi aku harap sih yang menghubungi bisa ngerti kalo si empu HP lagi ada kerjaan/lagi istirahat. Dan satu lagi, aku bukan tipikal manusia yang pelit bales WA/aplikasi chattingan lainnya. Kalo bales tuh pengennya ramah, panjang, bertabur emoji, dibanding bales denganburu-buru, pendek, jadi terkesan judes. Ini tergantung selera sih sebenernya. Karena ada orang yang di sosmed/aplikasi chatting pelit ngetik obrolan, tapi aslinya ternyata rame dan menyenangkan. Ada. Tapi buatku, a big no bales pesan dengan alakadarnya. Tidak mau. Uuu.

3. Susun prioritas


24 jam itu bisa terasa lama, bisa juga terasa cepat. Tergantung beban pekerjaan yang tengah kita hadapi. Contoh nih, pas aku ikut diklat penyiar unggulan beberapa bulan lalu, 2 bulan itu berlalu tanpa terasa. Wusssh tau-tau udah kelar aja diklatnya. Dan beneran selama 2 bulan itu, aku kepayahan untuk sekedar baca novel saking padatnya aktivitas dan tugas. Capek sih .. tapi menyenangkan.

So sebenernya aku pengen bilang, kalo kita harus punya prioritas, biar gak kecapkean & waktu 24 jam yang kita miliki bisa cukup. Gak ada kewajiban yang alpa dikerjakan. Pas diklat kemarin tuh aku beneran fokus ke diklat dulu, walaupun rasanya sayang selama 2 bulan di Jakarta, cuma sempat datang ke 1 event blogger (itu pun setelah ujian & tinggal perpisahan doang. Jarang-jarang ye kann lama di Jakarta. Tapi tetep, ada yang namanya prioritas. Kalo hal-hal yang wajib sudah beres dilakukan, baru deh bisa leyeh-leyeh dengan damai.

Untukku, saat ini prioritas adalah kerjaan di kantor.  Paket filler, feature, ILM & fragmen setiap bulannya (dan kerjaan lain kalo kebetulan ada). Harus belajar ngedit dengan pede. Hehe. Maklum yess masih pake software gratisan, kadang minder kalo inget software canggih pas di diklat, juga kualitas recordingnya yang bikin senyam senyum.. uwuuu suara jadi bening, bersih. Tapi ya, kalo kata orang bijak, ‘peralatan’ yang canggih akan kita temukan di ‘perjalanan’, kerjakan dulu, nanti pasti dapet celahnya untuk bikin yang bagus. Semangat dulu, alat canggih belakangan. Karena masalah utamanya bukan di alat, melainkan semangat yang mengerjakan itu loh. Optimis dulu pokoknya! *pukpuk-in diri sendiri

Dan prioritas lainnya tentu aja progress ngeblog. Udah mulai turun gunung dengan ikutan giveaway kecil-kecilan sekarang. Semoga ada satu dua yang nyangkut. Hehe. Ngeblog ini emang gak bisa nunggu ide atau semangat menulis turun dari langit, kadang harus dipaksakan. Bicara tentang passion bukan berarti kita gak pernah bosen ngerjainnya, tapi sejauh mana kita bisa komit, semangat dan mau nyoba lagi pas hasilnya di luar harapan. So happy sekarang bisa ikutan event bulanan yang digelar sama Blogger Bengkulu, terus 2 minggu sekali bisa ikutan share link. Ah membantu bangetlah pokoknya. Kolom komentar jadi lumayan rame, PV naik & ‘memaksa’ juga biar rutin blogwalking. *DA apa kabar nih? Naik gak kamu? Aku udah lumayan rajin loh ini. Haha.

Target ngeblog gak muluk-muluk kok, bisa nulis 10 postingan aja buat masing-masing blog. Itu udah cukup banget sembari sesekali ikutan giveaway/lomba. Kalo target yang ini udah tercapai, baru mikirin yang lain.

Dan ya, prioritas selanjutnya adalah nulis novel, keinginan yang selalu menggelegak tiap main ke toko buku, tapi gak pernah diseriusin. Padahal udah khatam ratusan novel romance dan aku mau bikin juga! Gak muluk-muluk juga kok, bisa nulis selembar dua lembar aja per hari udah cukup banget. Kalo gak ada yang mau nerbitin, nanti diterbitin sendiri aja buat kenang-kenangan ke anak cucu. Tapi ngarepnya ada yang nerbitin sih heheee. Mau ngadain blogtour loh ini. Nanti gantian kalo selama ini aku yang daftar buat jadi host blogtour, next time aku yang ngasih buku ke temen-temen blogger buku.

Prioritas lain adalah belajar hal baru. Menyetir. Kurus mengemudi. Kursus bahasa asing (hmm aku mulai mikirin mau belajar otodidak aja via acara fun English di radio, kira-kira ngaruh gak ya? Let’s try babe!). Belajar main alat musik & others. Aduh, Intan banyak banget maunya nih!

4. Jangan menunda, keluarlah dari zona nyaman


Yap! Kunci dari produktivitas adalah melawan males-malesan, berani gerak walau pun rasanya tempat tidur di rumah seakan punya magnet. haha Lagian gini deh, mau ditunda esok lusa tetap harus dikerjakan kan? Lebih cepat ya lebih oke, karena lebih santai ngerjainnya. Daripada buru-buru dan dihantui rasa panik, wihh malah nggak maksimal nanti ngerjain segala sesuatunya. Ini berlaku untuk semua hal. Kerjaan di kantor, urusan blogging, naskah novel & mempelajari hal-hal baru. Kalo cuma dipengenin, cuma sekedar dipikirin mah gak bakal selesai. Jangan takut untuk memulai aja sih intinya.

5. Sisihkan waktu untuk me time


Produktif sama sibuk itu beda loh gaes. Jauh beda. Jadi gini, aku emang menjunjung tinggi yang namanya produktivitas, tapi benci kesibukan yang bikin letih dan akhirnya jatuh sakit. Jadi nggak salah sama sekali memanjakan diri sesekali dengan ke salon, baca buku, dengerin lagu yang enak, kulineran or whatever yang menyenangkan. karena dengan punya me time, kita bakal terhindar dari rasa jenuh, energy ter-recharge lagi. Oh iya, dibanding ngabisin waktu dengan baper lihat smartphone, lebih baik menghabiskan waktu dengan tidur loh. Me time jugak itu. Me time murah meriah yang bikin badan seger. Me time kesukaannya Intan setelah makan. *hobi makan tidur kok pengen langsing sih kamu Ntan Intan?

Segitu dulu deh tips dari aku. Ini juga sudah rutin aku praktikkan sejak beberapa hari ini, rasanya lebih adem aja sih. Gak grasa grusu karena kerjaan berceceran atau kelelahan ngurusin kerjaan. Tetap santai tapi produktif gitu loh.

Btw, selamat menantikan Februari yang penuh cinta ya teman-teman. Selamat menyambut gajian yang selalu menyenangkan *kecuali buat yang gajinya udah diabisin buat pinjaman bank wkwkw.


Note : all pics from Pixabay

8 comments

  1. Semangat baru di tahun 2018. Semoga apa yang di agendakan dapat tercapai. Aamiin.

    ReplyDelete
  2. Bertabur emoji tapi jangan salah lagi ya kak kayak di WAG *lariiiiii 😂😂😂

    ReplyDelete
  3. setuju kak, kalo udah tinggal sholat, yang lain juga bakalan kececer dan gak tepat waktu ngerjainnya.

    ReplyDelete
  4. sisihkan waktu untuk me time itu yang paling penting tan hehehheeee

    ReplyDelete
  5. Sholat tepat waktu, rigth!
    Catat, stabilo garis bawahi..hehe *pengingat untuk diri sendiri juga

    ReplyDelete
  6. Wahh.. bener banget nih, kalo aku menjauhkan diri dari smarphone.. waduh paling susah itu.. tapi harus dicoba ya kak.. biar produktif ^^

    ReplyDelete
  7. itu point no 4 bener bgt, hampir semua awal kegagalan krn malas gerak :D
    hahahaaa

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^