5 Alasan Kenapa Bertahan Menulis Blog


5 Alasan Kenapa Bertahan Menulis Blog

Akhir tahun 2012 adalah kali pertama aku memutuskan punya blog. Blog gratisan tentu saja. Diisi dengan tulisan-tulisan receh yang diikutkan pada berbagai giveaway yang hits pada masanya. Sekalian deh biar afdol, ditambahi dengan tulisan curhat unfaedah seputar cinta-cintaan. Gils! Untung blog yang pertama itu sudah aku tutup. Kalo masih dibiarkan aksesnya terbuka untuk umum sampe sekarang, malunya jangan ditanya. Haha.

Nyesel?

Ga sih. Karena kalo ga ada blog alay di tahun 2012 itu, barangkali aku gak akan kenal dunia blogging sampai sekarang. Terkadang, kita perlu nyasar untuk ketemu jalan yang benar, kan? *brb aktifin aplikasi Waze biar ga nyasar lagi. xD


Lalu, kalo ditanya apa yang bikin aku survive ngeblog sampai hari ini, sederhananya ya karena aku suka nulis, aku suka sharing dan blog mengakomodasi kesukaan aku itu. Jauh sebelum ngeblog, aku juga udah berusaha nulis novel, tapi ga kelar-kelar (Sekarang nyoba lagi dengan usaha yang lebih keras!).

But then, pas ketemu blog yang genre ((genre)) tulisannya bisa lebih bebas, nyantai, ga perlu panjang-panjang beud - cukup 500 – 1.000an kata aja untuk satu postingan, aku ngerasa COCOK. Sama lah seperti saat kamu nemu seseorang yang bukan hanya bikin hati berdesir namun sekaligus bikin kamu membayangkan ‘kalian’ di masa depan hidup berdampingan. Tanpa sadar kamu bilang ke diri sendiri, ‘Wah ini nih orangnya, jodoh aku nih kayanya!” Begitu lah kira-kira yang aku rasakan sama si blogging ini. JODOH.

Dan ya, selain perasaan suka, cocok, nyaman, dst yang menjadi pondasi, tentu ada alasan lain yang membuat aku bertahan menulis blog selama bertahun-tahun ini.

1. Punya catatan perjalanan

Pernah ngerasa down gak beb? Aku pernah. Kayaknya buntu banget ya hidup. Pengen lari jauh, memulai hidup dari awal lagi. Halah drama banget haha. Tapi ya gitu deh perasaan hati pas lagi sedih-sedihnya. Semua kelihatan gelap & buruk. Pada kondisi ini aku ngerasain banget si blog banyak membantu. Flashback membaca cerita diri sendiri di masa-masa lalu rasanya ngasih ketenangan tersendiri.

“Oaalah. Ternyata dulu tu aku pernah punya masalah yang lebih berat, kalo masalah kayak yang sekarang doang mah kecil. Aku pasti bisa survive!”

“Wah, tahun sekian aku produktif banget. Pernah menang ini itu. Pernah jalan ke sini ke situ. Gak pengen sedh-sedih ah, aku mau sebahagia itu lagi.”

Ato sesederhana bisa mensyukuri apa yang kita dapetin hari ini.

“Njir, dulu pas jadi anak magang di kantor gaji aku cuma 500 ribu doang, tapi bisa happy banget. Masa sih aku gak bersyukur sama isi rekening yang sekarang?”

Lalu mensyukuri pekerjaan, bekerja lebih giat lagi, lebih semangat lagi. Mensyukuri gaji yang diterima setiap bulan, tanpa sibuk membandingkan sama gaji di instansi sebelah. Ngapain membandingkan diri sama orang lain yang kadang startnya udah beda? Kenapa nggak membandingkan sama diri sendiri versi setahun dua tahun lalu? Kan bisa lebih fair!

2. Jadi wadah untuk berkompetisi

Aku suka banget ikutan lomba. Sejak zaman bocah, aku semangat banget kalo punya kesempatan ikut lomba ini itu. Dari mulai makan kerupuk, joget dangdutan sampe yang agak kerenan dikit kaya baca puisi, debat bahasa Inggris, pidato sampai lomba nyanyi – which is aku ga bisa nyanyi haha. Gak semuanya aku menangin. Sering banget kalah, tapi aku gakpapa. Biar aku tau & sadar diri kalo bumi ini gak berotasi untukku seorang. 

Lewat blog, aku yang sekarang sudah diberi batasan berupa jam kerja kantoran, tetap nemu celah buat berheboh-heboh ngelomba. Tentu aja di dunia maya. Nyata ada juga sih, tapi sesekali aja dan gak ganggu jam kantor. Lomba blog itu ada banyak sekali, dari mulai jenis hingga hadiahnya. Meski saingan ngelomba di zaman sekarang ini sungguh kelas berat – penulis & desain grafis banyak yang turun gunung jadi blogger – tapi aku ga mau patah arang. Aku percaya kalo rezeki orang tuh udah punya porsi masing-masing, kelebihan juga masing-masing. Aku emang ga jago nulis yang uwaw atau ngasih ilustrasi yang uwaw di tulisan, tapi aku percaya, kalo kita udah berusaha, kadar hoki bisa dinaikkan kok. Semangat! *edisi menyemangati diri sendiri hoho

3. Memperluas networking & punya teman-teman baru

Beberapa waktu lalu aku diundang mengisi workshop di salah satu kampus di Bengkulu. Workshopnya mengenai literasi digital. Nah, aku kebagian sharing tentang dunia blog & printilannya. Seneng euy bisa berbagi cerita sama dedek-dedek mahasiswa. Kalo bukan karena ngeblog, aku gak akan dapat kesempatan sharing seperti itu.


5 Alasan Kenapa Bertahan Menulis Blog

Begitu pun dengan kesempatan menjadi pemateri ato moderator yang sering diberikan oleh komunitas blogger di daerahku. Happy! Berkat ngeblog, aku jadi punya kesempatan bertemu orang-orang baru, memperluas networking & membuka kesempatan-kesempatan baru. Hidupku tidak hanya berputar antara kantor & rumah, tapi jadi makin seru & berwarna.

5 Alasan Kenapa Bertahan Menulis Blog

4. Menjadi pelecut semangat untuk terus belajar hal baru

Ketika memutuskan menjadi seorang blogger, artinya sudah siap menjadi seorang pembelajar sejati. Ilmu blogging itu luas banget, bukan hanya sebatas menulis lalu posting. Tapi gimana caranya kamu ngebranding dirimu di media sosial, naikin pageviews, dapetin job, dll, semuanya harus kamu pelajari kalo emang serius pengen jadi seorang blogger yang mumpuni.

Capek gak kak?

Kalo kamu melakukannya dengan riang & punya kadar cinta yang luber-luber untuk blog, capeknya gak seberapa, rasa senangnya yang bakal lebih banyak mendominasi. Percaya deh!

5. Menghasilkan pundi-pundi rupiah

Aku pun baru sadar tahun ini kalo ternyata blog & medsos lumayan banget buat tambah-tambah uang jajan. Pernah iseng menghitung income sebulan, ternyata nyaris menyamai income dari kantor. hoho. Tapi jangan jadikan ngeblog sebagai mesin uang ya beb kalo gak mau capek. Nikmatin aja prosesnya, kalo di tengah perjalanan, ternyata kamu dapat percikan transferan dari ngejob, ya Alhamdulillah.

Untukku sendiri, tahun ini adalah tahun yang cukup serius. Belajar serius mengelola income ngeblog untuk diputar agar proses ngeblognya lebih kece. Kalo dulu tu, tiap dapet transferan, langsung dipake jajan online, sekarang aku keep dulu. Aku rasa, udah saatnya ngeblog ini kudu pake modal – ya modalnya dari si transferan itu. Ga boleh pelit invest buat modal ngeblog, kayak kamera, laptop yang bagus, tripod, ring light, dll. Itu investnya. Jangan pengen income naik tapi usahanya gak dinaikin *toyor diri sendiri yang udah ngeblog bertahun-tahun tapi masih ngandelin kamera HP. Kenapa sungguh tidak modal sih, dek? xD

--

Sekian dari aku, gimana dari kamu? Apa yang bikin kamu bertahan menulis blog sejauh ini? Atau buat yang baru mau terjun ke dunia blogging, apa yang kemudian membuatmu tertarik untuk menulis blog? Share di kolom komentar yak! :)

30 comments

  1. Hai, Kak. Salam kenal ya, nice post dan semangat sampai challenge ke 30 harinya selesai :)

    ReplyDelete
  2. Punya catatan perjalanan. Buat kita flashback lagi ke belakang, daripada ngebandingin diri sendiri sama orang lain, mending bandingin diri sendiri sama masa lalu ye kan. Ah , setuju banget tuh mbak.

    ReplyDelete
  3. Sama kak, paling utama buat catatan perjalanan. Bisa buat refleksi diri hehe

    ReplyDelete
  4. Suka sama kalimat kalau kita sudah berusaha kadar hoki bisa dinaikkan. Hihihi, hoki yang diupayakan ya.
    Semoga makin berkibar ya intan.

    ReplyDelete
  5. Ngeblog memang menjadi aktivitas yang menyenangkan ya Mbak. Jika akhirnya bisa menjadi penghasilan ya itu berkah namanya. Alhamdulillah. Semoga terus sukses...

    ReplyDelete
  6. Pastinya kalau untuk saya ngeblog itu ibarat catatan harian. Biar ada kenangannya :)

    ReplyDelete
  7. Sepakat mba, ngblog juga jadi pelecut semangaku buat belajar hal-hal baru, rajin baca macam2 topik juga :)

    ReplyDelete
  8. Aku tetap menulis supaya jadi catatan hidup sih, kadang ada momen yang bikin kita ingin terus mengenangnya.. ya di blog deh disimpan berbentuk tulisan

    ReplyDelete
  9. Bener banget ya Alhamdulillah dengan ngeblog, kita bisa jadi menambah pundi pundi rejeki ya mba. Hehhe. Aku pun mngeblog karena satu sisi juga bisa menjalin tali silaturahmi

    ReplyDelete
  10. Jadi blogger itu seru...nambah teman, nambah wawasan, dapat informasi lebih cepat, dan bisa berbagi lewat tulisan :)

    ReplyDelete
  11. Banyak hal yang membuat tetap eksis ngeblog. Btw, kita samaan mulai ngeblognya di 2012

    ReplyDelete
  12. Semangat ngeblog mbak. Ditunggu tulisan terbarunyaaa. Semangat menyelesaikan 30 hari tantangan Bp. Aku ikutan juga nih

    ReplyDelete
  13. Aku pun membuat blog biar bisa ada cerita tentang diriku dan orang-orang disekitarku, perjalanan hiduplah. Hahahahaaa

    ReplyDelete
  14. Hahaha... Aku kenal inokari pertama memang dari giveaway. Kalo ga salah GA yg ku adain pun inokari ini jd salah satu pemenangnya. Wkwkwk, langganan pemenang GA pada masanya sampai hari ini

    ReplyDelete
  15. Adeq cantiq ini memang produktif banget...
    Inget kemarin barusan dapet hadiah menang nulis yaa, Ntan.
    Ouuwh~
    Sungguh kece ruarbiasaaa....Intan.

    ReplyDelete
  16. Hehehe aku juga punya mba blog awal pertama kali, alay gitu template nya, dll. Tapi ya itu, kalau ga ada it, ga ada blog ku yang sekarang ini hehehe

    ReplyDelete
  17. Huaa Intan bicara jodoh. 😍

    Semoga langgeng ngeblognya ya Ntan.

    ReplyDelete
  18. Keren ya mbak. Berawal dari blog kita bisa berkembang jadi apa aja bahkan jadi pembicara/ pemateri. InsyaAllah ilmunya berkjah dan bermanfaat ya mbk :D

    ReplyDelete
  19. Semua alasan diatas sama banget kayak aku. Tp ak baru ngeblog thn 2017 sih. Hihi. Zaman kuliah msh sukanya nulis2 status panjang n nyamvah di sosmed. Haha. Semangat terus mba ngeblognya. :)

    ReplyDelete
  20. Hehehe.. Emang ngeblog itu seru kok ya. Pantes aja betah 😍

    ReplyDelete
  21. Aku jadi kecanduan ngeblog itu karena banyak hal, salah satunya ya bisa bikin kita kenal dengan banyak orang melalui share artikel2 kita itu. Coba aja bayangin, kita yang tadinya hanya diam di tempat, menulis artikel sekedarnya, eh tau-tau bisa punya banyak teman blogger dari seluruh penjuru negeri. Bonus silaturahmi yang luar biasa kan. ;)

    ReplyDelete
  22. Aku suka nulis sejak jaman SMA, masih curhatan alay yang dipost hihi dan beberapa kali on off nulis. Sekarang mau rajin lagi aaah

    ReplyDelete
  23. Udah dari 2012.. Aku punya blog dr tahun 2010, tapi 2014 akhir ngeh soal blog..

    ReplyDelete
  24. Intaaaan, aku ngefans :*
    Dikau adalah gambaran anak muda produktif dan kreatif harapan bangsa dan negara *duile bahasanya, hahaha. Etapi serius, keren kali dirimu, anak muda. Pertahankan!

    ReplyDelete
  25. Kata Bapakku menjadi manusia itu harus punya jejak yg baik, salah satu tempat untuk membuat jejak ya menulis. Paling mudah ya blogging. Alhamdulillah masih bertahan ngeblog juga. Walaupun sekarang frekuensinya berkurang.

    ReplyDelete
  26. Been there, done that. Pernah banget ngalamin dapet gaji yang 450 ribuan trus bersyukur banget dengan ngbelog bisa banayk dapat hal, elain uang tentunya. Nah taun kemarin, rekeningku yang udah lumayan ndut jadi ramping karena laptop minta pensiun trus kebelet juga beli kamera buat modal ngeblog hahaha Tapi seneng karena jadi tools yang produktif. Semangat ngeblog ya, Intan ^_^

    ReplyDelete
  27. Kalau buat saya sih menulis adalah cara terbaik untuk mengekalkan ingatan, karena ingatan kita sangat terbatas.

    ReplyDelete
  28. Semoga terus bertahan Mbak
    Karena kalau bukan kita siapa lagi?
    Memang terlihat melelahkan tetapi ketika banyak yang mendapat manfaat itu jadi bahagia tersendiri

    ReplyDelete
  29. Betuuuullllll. Hasil ngeblog dipake untuk mempercantik blog atau konten medsos. Hahaha...
    hosting sendiri sama ring light niihhh yang belim kesampaian...

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^