5 Contoh Ide Usaha Kreatif Tanpa Modal Besar yang Bisa Dicoba



Deskripsi: Ide bisnis memang sangat beragam. Namun, untuk bisa mendapatkan pasar dan keuntungan yang menjanjikan, kreativitas mutlak diperlukan. Berikut pilihan usaha kreatif yang bisa kamu coba.
 
Pict from Pixabay

Bekerja di perusahaan alias di bawah kendali orang lain dalam jangka waktu lama tak pelak menghadirkan rasa bosan dan jenuh. Tentu saja, ada saat ketika kamu berpikir untuk menjadi pengusaha, yang bisa bekerja semaunya tanpa terikat waktu. Pendapatan bisa diperoleh setiap saat tanpa menunggu akhir bulan, dengan besaran yang terkadang jauh melebihi gaji bulanan. Bahkan, kamu adalah bosnya, yang berhak menentukan segala keputusan berikut strateginya.



Meski begitu, membangun bisnis tidak hanya sebatas pada modal dan kepemilikan lahan usaha. Selain pandai mencari celah dan cermat melihat peluang yang ada, kamu juga harus memiliki ide yang berbalut dengan kreativitas, sehingga menghasilkan sebuah bisnis yang unik. Tidak mudah, memang, tetapi beberapa contoh usaha kreatif berikut ini mungkin bisa menjadi referensimu untuk memulai bisnis baru.

1/ Jasa Sewa Mainan Anak

Pict from Pixabay

Mungkin, kamu sudah dengan mudah menemui jasa persewaan buku atau media permainan terkini seperti PlayStation di area tempat tinggal. Akan tetapi, tidak dengan jasa sewa mainan anak. Ide usaha ini terbilang kreatif, karena kecanggihan teknologi mengikis keinginan anak untuk menyentuh mainan tradisional, sehingga akan menumbuhkan kembali minat anak terhadap mainan lawas.

Kehadiran ponsel memang lebih memudahkan orang tua dalam mengedukasi sang buah hati. Namun, memberikan benda elektronik ini lebih dini pada anak tidak pernah memberikan dampak baik pada tumbuh kembangnya. Solusinya, orang tua bisa mengedukasi anak melalui mainan tradisional. Biasanya, jenis mainan edukasi memiliki harga sewa yang lebih tinggi, jadi kamu bisa berfokus pada sektor tersebut.

2/ Jasa Cuci Sepatu

Pict from Pixabay

Bicara tentang bisnis pencucian pakaian atau laundry memang sudah menjadi hal biasa. Namun, tidak dengan jasa cuci sepatu. Ide usaha kreatif ini muncul dengan latar belakang dibukanya bisnis cuci helm. Tidak jauh berbeda dengan helm, sepatu yang jarang dicuci bisa menjadi sarang tumbuh kembang kuman dan bakteri. Tidak hanya membuat sepatu menjadi bau, kaki pun turut mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Saat beraktivitas, kakimu akan turut berkeringat meski tidak terasa. Kondisi inilah yang menyebabkan sepatu menjadi bau. Namun, masyarakat kini hampir tak punya banyak waktu luang untuk sekadar mencucinya. Nah, kamu bisa memanfaatkannya menjadi ladang usaha yang cukup menjanjikan.

3/ Jasa Sewa atau Penjualan Buku Bekas

Pict from Pixabay

Eksistensi buku semakin tersingkirkan sejak munculnya gawai yang semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan apa yang diinginkan, termasuk membaca buku secara elektronik. Meski begitu, masih saja ada orang yang memilih untuk membaca buku cetak dibandingkan dengan menggunakan ponsel. Inilah waktu yang tepat untukmu membuka jasa persewaan atau penjualan buku.

Tunggu dulu, bukan buku terbaru, melainkan buku bekas yang bisa menjadi ide bisnis kreatif kamu. Pasalnya, sangat mudah menemukan buku baru di gerai online, tetapi tidak dengan buku bekas. Meski tidak terlalu terekspos, nyatanya masih sangat banyak penikmat buku-buku lawas. Kamu bisa memberikan peraturan membaca di tempat untuk menghindari buku rusak atau hilang jika memilih bisnis persewaan.

4/ Fotografer Produk

Pict from Pixabay

Membuka jasa fotografer memang tak lagi baru, ya. Akan tetapi, ada banyak jenis bidang jasa fotografi yang bisa kamu pilih. Jika jasa foto prewedding sudah sangat menjamur, mengapa tidak beralih pada bidang foto yang masih jarang? Seperti misalnya fotografer produk. Inspirasi usaha kreatif fotografi lain yang masih jarang peminat adalah fotografi interior, fotografi eksterior, hotel, dan gedung. Belum banyak ilmu? Coba saja dulu, karena kamu hanya perlu mencoba untuk menjadi bisa.

5/ Persewaan Peralatan Bayi

Pict from Pixabay

Perlengkapan bayi memang dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Bagimu yang sudah lagi tak memiliki bayi, tentu semua barang ini menjadi tak bisa lagi digunakan. Lalu, mengapa kamu tidak coba untuk menyewakannya supaya tetap bisa berguna sekaligus memberikan penghasilan tambahan? Jenis usaha ini sedang banjir peminat, karena bisa lebih menghemat pengeluaran dibandingkan dengan membelinya. Peralatan bayi yang bisa disewa seperti kursi makan, boks bayi, pompa asi, dan aneka mainan bayi.

Demikian tadi insiprasi ide usaha kreatif yang bisa kamu coba lakukan untuk bisa dapatkan suntikan dana tambahan untuk memenuhi kebutuhan harian. Tertarik pada salah satunya dan berniat mencoba? Yuk, jangan menunda dan mulai sekarang juga!



1 comment

  1. persewaaan alat bayi kayaknya usaha yang menjanjikan untuk kedepan mbak

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^