Peparan Komplet Mengenai Teknik Cetak Kaos DTG


Peparan Komplet mengenai Teknik Cetak Kaos DTG, Sablon merupakan cara untuk mencetak ilustrasi desain ke permukaan beberapa jenis media, salah satunya kain, plastik, kertas, kaca, dan lainnya. Sablon kain atau kaos merupakan salah satu teknik cetak yang popuper  di kalangan masyarakat.

Sablon kaos pada dasanya lebih akrap digunakan untuk mencetak ilustrasi desain kaos melalui mesin screen sablon dalam berbagai macam jenis warna. Metode ini kini dikenal sebagai sablon manual yang sampai sekarang masih digunakan  untuk mencetak desain kaos.


Semakin berkembangnya zaman memunculkan berbagai inovasi alat yang dapat membantu pekerjaan, salah satunya mesin cetak kaos DTG (Direct to Garment). Teknik cetak DTG merupakan metode sablon dengan menerapkan perpaduan fungsi mesin dan perangkat lunak tanpa membutuhkan perangkat screen sablon.

Di bawah ini merupakan keterangan lengkap terkait mesin cetak kaos DTG. Penjelasan ini dilihat dari berbagai kebutuhan alat, biaya, target penjualan, keuntungan maupun kerugiannya menggunkan teknik cetak kaos DTG

Pengertian Cetak Kaos pada Teknik DTG.

Pada langkah awal ini kita akan membahas keutamaan penggunaan mesin DTG, Cari tau proses teknik DTG melalui pemaparan ini.

Teknik Direct to Garment (DTG) merupakan cara penyablonan kaos murni menggunakan kinerja mesin untuk mencetak desain kaos

Perkakas Pendukung Teknik DTG.

Pada tahap proses percetakan sablon kaos dengan teknik DTG, sejumlah perkakas pendukung dibutuhkan untuk memeperlancar produksi yang diantaranya meliputi atas:

1.      Unit perangkat keras (Komputer)
2.     Perangkat lunak software AcroRip
3.     Pewarna sablon
4.     Mesin pengering
5.     Printer DTG
6.     Kaos berwana terang
7.     Larutan pre-treatment
8.     Larutan Epoxy

Biaya Perangkat Teknik DTG

Printer DTG memiliki kevariasian harga yang ditawarkan dipasaran. Harga mesin bergantung dari fitur, kualitas dan merk prodaknya

Epsen adalah contoh merk prodak printer ternama pengeluaran mesin DTG yang menawarkan berbagai fitur pendukung. Printer ini dijual dengan harga yang sdikit ramah terhadap dompet tetapi memberikan kualitas yang sangat bagus dan berbeda dengan prodak di pasaran. 

Masih banyak lagi prodak luncuran dari DTG yang meramaikan pasar digital sablon. Sebagian mesin pengeluaran DTG dibadrol dengan harga cukup terjangkau yaitu antara 10 sampai15 juta

Tahapan Proses Cetak Teknik DTG

- Proses print kaos DTG memerlukan beberapa tahapan dalam mencetak desain kaos. Di bawah ini adalah langkah-langkah dalam proses mencetak.


- Gunakan software AcroRip pada komputer untuk meyimpan desain yang ingin dicetak

- Semprotlah dengan kompresor yang berisi larutan pre-teratment pada area permukaan kaos yang ingin dicetak.

- Tunggulah suhu mesin Heat Press mencapai 180°C untuk memanaskan kaos

- Siapkan print DTG untuk mencetak desain sablon

- Lindungi kondisi sablon dengan melapisi larutan Epoxy.


- Masukkan kain pada mesin prees yang sudah mencapai suhu 160°C selama 30 detik
1  
Sasaran Penjualan Mesin Teknik DTG

Menapak dari mermasalahan harga mesin DTG yang sedikit menguras dompet, sudah pasti kita sudah mengerti sasaran customer yang sesuai untuk prodak ini.

Penggunaan mesin DTG optimal untuk digunakan sebagai media sablon untuk pemesanan kaos satuan. Hal ini juga harus diimbangi dengan lebih gencar promosi sehingga dapat menutup biaya operasional pengadaan mesin DTG.

Kelebihan Dan Kekurangan Teknik DTG

Teknik DTG menawarkan berbagai fitur kelebihan dalam proses produksi, namun terdapat pula kekurangan.dalam pemakaian. Dibawah ini kami jelaskan kelebihan serta kekurangan menggunakan tekik DTG sebagai mesin cetak sablon.

Kelebihan sablon teknik DTG


1. Hasil sablon memiliki kemiripan tinggi sesuai dengan desain.

2. Dapat mencetak desain kaos yang collorfull

3. Tidak memakan waktu lama dalam proses produksi

4. Meminimalisir penngeluaran dari beban gaji untuk para pegawai.


5. Tidak menggunakan media perantara untuk mencetak sablon

1    Kekurangan sablon teknik DTG


1. Tidak cocok digunakan untuk produksi banyak

2. Memiliki keterbatasan dalam mencetak sablon pada bahan katun

3. Biaya pemeliharaan alat yang mahal.
1
Diharapkan melalui pemaparan lengkap mengenai pengertian mesin kaos DTG diatas mampu memberikan gambaran dan pemahaman terkait kelebihan dan kekurangan prodak ini.







No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^