Rekomendasi 5 Kegiatan Asik & Berfaedah untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Saat Bulan Puasa


Ngabuburit ...

Sudah tau kan ya dari mana istilah ngabuburit berasal?

Yup. Istilah yang begitu populer di bulan puasa ini ternyata berasal dari bahasa Sunda. Burit artinya sore hari jelang Magrib. Istilah ini merupakan satu dari beberapa istilah penanda waktu, seperti isuk-isuk alias pagi-pagi, beurang yang artinya siang hari, burit berarti sore hari & peuting yang artinya malam hari.

Waktu untuk melakukan ngabuburit ini biasanya berlangsung pada petang hari setelah Asar. Macam-macam aktivitas bisa dilakukan, biar gak bayangin cendol dingin mulu di antara waktu Asar menuju Magrib. Hihi.

Btw, kalo Intan biasanya melakukan aktivitas apa aja sewaktu ngabuburit?

Here we go ..

Jadi kutu buku di bulan Ramadan

Baca buku apalagi bukunya tergolong buku yang seru dan menghanyutkan, ampuh banget loh untuk membunuh waktu. Baca dari satu lembar ke lembaran lain, tau-tau tamat & tau-tau udah hampir waktunya buka puasa aja. Asik ya?

Rekomendasi 5 Kegiatan Asik & Berfaedah untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Saat Bulan Puasa
Kalo fotonya bagus gini, berarti difotoin sama bae. hehehe

Selama Ramadan ini, aku menargetkan menamatkan 10 buku. So far sudah ancang-ancang mau baca buku Sakinah Bersamamu – Asma Nadia, Pergi – Tere Liye – Simple Stories for a Simple Investor – Nicky Hogan & Oppa Oppa – Annisa Steviani. Random kali ya bacaan Intan. Gapapa dong, biar ilmunya cem macem. Dengan membiasakan diri rajin baca buku di bulan Ramadan, harapannya sih semangat itu bisa diterusin di bulan-bulan selanjutnya.

Membaca Alquran &  memperdalam ilmu agama

Baca buku targetnya sampe 10 dong, lalu Alquran gimana? Di bulan Ramadan ini aku menargetkan khatam Alquran minimal sekali. Biar gak ngos-ngosan, aku cicil-cicil bacanya setiap usai sholat wajib. Walau cuma dapat beberapa lembar ya gakpapa, dikit-dikit lama-lama selesai juga toh? Yang penting konsisten!

Di bulan penuh berkah ini, aku juga lebih meluangkan waktu untuk mendengar ceramah-ceramah agama. Gak jah-jauh, dengernya via radio tempatku bekerja aja. Di setiap waktu sahur & jelang waktu berbuka, selalu dihadirkan obrolan religi dengan tema-tema menarik. Upgrade ilmu di bulan Ramadan, segampang colokin headset ke handphone kok, gaes. Yuk lah download apps RRI Play Go (uwuuu promosi).

Berselancar di internet sambil berburu diskon belanja online

Hihi. Ini sih aktivitas kesukaan semua perempuan kayanya ya. Dan harus dibatasin sih durasi berselancarnya. Karena kalo gak, ya asli bakal lupa waktu banget. Dari usai sahur hingga jelang berbuka puasa pun, aku bakal kuat-kuat aja buka olshop. Yang gak kuat tuh bayar belanjaannya beb hoho.

Jadi ya paling dalam sehari, aku sempetin lah sekitar 30 menit – 1 jam untuk stalking updatean baru si olshop kesayangan. Jangan salah loh, kebiasaan ngepoin olshop ini kadang berbuah manis dengan dapat pomo-promo menarik. Entah itu berupa diskon, cashback atau sekedar free ongkir. Mayan banget beb. Lagian, aku juga gabisa kalo belanja belinji mepet banget jelang lebaran. Panic attack, terus biasanya cuma dapat sisa-sisa aja. Huhu. Jadi lebih baik sih nyicil aja belanjanya.

Bersih-bersih rumah & menyumbangkan barang yang sudah tidak dipakai

Kalo lagi buka olshop, bawaannya pengen ngeborong aja ih, karena mendadak merasa tidak punya apa-apa. Semuanya mau dibeli  haha. Solusinya ya hobi buka olshop juga harus dibarengi dengan hobi beres-beres rumah. Percaya deh, bukan cuma bakal bikin rumah lebih nyaman ditinggali, tapi juga kebiasaan beres-beres bakal bikin kita menemukan barang-barang yang keselip entah di mana. Atau kita bakal menyadari bahwa ada barang-barang yang sudah tidak menimbulkan percikan bahagia di hati pas kita pandang-pandangi (Marie Kondo mode uwuw).

Rekomendasi 5 Kegiatan Asik & Berfaedah untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Saat Bulan Puasa
Semoga kalian disayang sama pemilik baru ya bukuuu :')

Contohnya nih beberapa waktu lalu aku iseng beberes rak buku & menemukan setumpuk buku yang gak akan aku baca ulang. Kenapa? Yaaa .. udah tau isinya, udah tau juga jalan ceritanya, ngapain baca ulang? Gak bakal ada lagi sensasi penasaran dan deg-degan pas buka lembar demi lembar cerita di dalamnya loh. Jadi, daripada numpuk sia-sia di rak buku aku yang gedenya gak seberapa, aku begiin deh buku-buku itu via giveaway di instastory. Total ada 32 buku. Lumayan banget bikin rak buku terasa lega setelah mereka punya pemilik baru. Yeyy.

Berburu hidangan untuk buka puasa

Nah ini juga adalah aktivitas paling menyenangkan pas ngabuburit. Karena masih tinggal sendiri (de kode kode), daripada repot-repot di dapur, udah paling bener jajan aja di luar. Nggak takut boros? Ya pandai-pandai aja cari tempat makan yang lagi promo Ramadan. Banyak kok. Ada yang diskon up to 50%, ada juga yang kasih cashback, dll. Jadi ya harus rajin mantengin promo hehe.

Rekomendasi 5 Kegiatan Asik & Berfaedah untuk Mengisi Waktu Ngabuburit Saat Bulan Puasa
Jajan ini di warkop Palembang Pintu Batu & dapat cashback 20% uwuw

Nah, itu dia beberapa aktivitas yang aku lakukan saat ngabuburit. Puasa itu kalo ditungguin banget jam bukanya ya bakal terasa lama, tapi kalo sambil nyambi ngelakuin aktivitas yang nyenengin, gak kerasa kok. Tau-tau udah azan Magrib aja.

Selamat puasa ya teman-teman. Semoga lancar sampai akhir! :)


1 comment

  1. Kalau saya sih akhir-akhir ini lebih banyak berselancar atau main game Hago, hihihihi.
    kadng yang keluar beli es atau takjil..

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^