Menikmati 3 Produk Makanan Enak dari Aca Kumala

 


Bagiku, kesan pertama selalu istimewa.

Begitu pun ketika kali pertama mencicipi makanan. Lihat packagingnya, mencium aromanya, mencicipi aneka rasanya, lalu menentukan apakah makanan itu akan dipilih untuk dinikmati kembali di lain waktu atau tidak.

Akhir tahun lalu, aku berkesempatan nyobain basreng ikan dari Aca Kumala. Meski makanan ini katanya asli dari Bandung, tapi versi Bengkulu juga udah ada loh. Memanfaatkan bahan baku ikan yang di Bengkulu memang melimpah ruah. Sebelumnya aku udah pernah sih makan basreng, tapi ya biasa aja, gak keinget-inget lagi atau terlalu excited pengen makan dan makan lagi. Tapi beda sama basreng dari Aca Kumala, gurihnya, pedasnya, rasa ikannya yang pas, berpadu kriuk di mulut. Yummy!

Suami sampai bilang,

“Yang, order lagi dong!”


Waktu itu kami menikmati basreng pedas dengan ukuran 250gr. Benar-benar cemilan yang masuk dalam definisi lenyap dalam sekejap.



Baru-baru ini, aku bisa icipin lagi basreng dari Aca Kumala. Oh wait, kali ini basrengnya gak sendirian. Tapi ditemenin sama keripik pisang & sambal ikan tutus. Ah syedap!


Basreng Ikan


Cemilan favoritku dari Aca Kumala. Gurih-gurih sedap, dengan rasa ikan yang uuuuh bikin gak berhenti makan sebelum kandas. Basreng ini ternyata berbahan dasar ikan selengek. Pantesan enak coy! Ikannya ikan Bengkulu banget.

Basrengnya bisa kamu cemil langsung, mau dicampurin sama mie atau nasi, juga endul. Apalagi dia tuh ada varian original & pedas. Kalo aku udah cinta banget sama basreng ikan varian pedas. Ketagihan. Satu bungkus doang? Gak cukup wkwk.

Harganya? 80 K / kg. Kalo yang di gambar itu tuh, cuma 10 K aja. Syikat!

 

Sambal Tutus Ikan Laut Asap Manyung


Buat aku yang kerja sambil ngurus rumah, terus hobi banget blogging & nyari giveaway, pasti ada momen-momen jungkir balik nyiapin makanan dan segala sesuatunya. Aku ngerasa sambal tutus ini bisa banget jadi solusi. Kalo lagi hectic, aku cukup goreng tahu tempe, rebus sayuran, siapin nasi putih anget, terus ditambah deh sama sambal tutus. Nikmat!


Btw, sambal tutus ini adalah produk terbaru Aca Kumala. Don’t worry be happy, buat yang cepet bosen sama sambal yang begitu-begitu aja, sambal tutus punya 3 varian, ada versi original, jengkol & kabau. Level pedasnya juga terbagi menjadi extra pedas, pedas & pedas manis. Ulala. Mantapnya lagi nih, bahan yang digunakan untuk membuat sambal tutus ini tanpa pengawet & pepsin, jadi aman deh dikonsumsi sama siapa pun.

Harganya? 25 K saja per botol. 25 K untuk sensasi makan huha huha yang menyenangkan juga mengenyangkan.

Keripik Pisang


FYI, Bengkulu itu termasuk penghasil pisang yang cukup besar, tepatnya dari Pulau Enggano. Aku sih termasuk yang suka makan pisang, dimakan begitu aja, diolah jadi gorengan, kolak, sampe keripik pisang pun hayoooo habiskan sampai kandas.

Kalo kamu mau jajan keripik pisang di Aca Kumala, 1 kgnya 60 K aja. Tinggal nyam nyam buat temen nonton drakor favorit kamu.

Jajan camilan enak di Aca Kumala bukan hanya perkara sedap & gak bikin budget jajan bocor alus, tapi juga ada perasaan bermakna karena bisa support produk dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Yup, Aca Kumala ini produsen makanan home industry aka industri rumahan dengan bahan dasar makanan berasal dari alam Bengkulu langsung. Ketika kamu ngunyah basrengnya, kebayang deh tuh Pantai Bengkulu, perkampungan nelayan & ikan-ikan segar yang nikmat banget diolah jadi rupa-rupa makanan.  

Next time, aku pengen cobain ikan laut asap dari Aca Kumala. Looks so yummy. Zaman aku kecil dulu, ibu sering masak ikan asap. Enak banget apalagi kalo dicampur sayur mayur, dimasak santan. Gulai dusun kalo kata ibu. Cuma nih kalo mau ngasapin ikan sendiri tuh yang jadi PR banget hahahah. Mending beli aja di Aca, praktis & ekonomis.

Mau jajan produk Aca Kumala?

Alamatnya di Jalan KS Tubun Ujung No. 32 RT.12 kel. Jl. Gedang kec. Gading cempaka kota BENGKULU dekat Polsek Gading Cempaka/SMP 18. Atau kamu bisa juga mampir ke gerai-gerai makanan kota Bengkulu khususnya sentral oleh-oleh di Kelurahan Anggut Atas.

Info lebih lanjut seputar Aca Kumala :

Telepon dan Whats app : +62 813 6376 0871

Instagram : @acakumalahomeindustri

Facebook : Yeni Khb

3 comments

  1. Paling suka basrengnya, renyah, gurih, apalagi yang varian pedas... cocok buat teman nonton drakor

    ReplyDelete
  2. Setuju sih, kalau udah cobain basrengnya, nagih. Anakku aja suka juga sama basrengnya. Heheh

    ReplyDelete
  3. Aku jd pengen nyicip basreng n sambelnya Mbk.. Duh jd pgn balik Bengkulu biar bisa icip2 lgsg. asli pengen. hiks.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^