Secretary Kim, Sisi Bahagia Seorang Sandwich Generation

 


Kehilangan ibu saat masih kecil.

Pernah mengalami penculikan traumatis.

Punya keluarga yang kondisi keuangannya tidak baik, ayah terlilit hutang, kedua kakak terancam gak bisa melanjutkan kuliah, karena nggak mampu bayar.

Memutuskan langsung bekerja selepas SMA. Kerja keras kayak sapi perah. Pernah ada di momen yang waktu tidurnya hanya 2-3 jam sehari, lembur jadi makanan sehari-hari, pusing ngadepin bos yang perfeksionis. Nangis-nangis pengen resign aja, tapi langsung tobat ketika ingat ada hutang keluarga yang harus dilunasi, ada uang kuliah kakak-kakak yang harus dibayar.

STRESS GAK SIH?

 

Kerja buat kebutuhan diri sendiri aja kadang tuh terasa berat, bayangin kamu kerja siang malam, tapi kok kayak nggak menikmati apa-apa? Kamu hanya tinggal di kontrakan sederhana, gak punya kehidupan, gak sempat pacaran, nikah juga masih jauh dari angan. Eh, jangankan itu, baju yang kamu punya punya tuh hanya beberapa aja. Sampai-sampai dinotice sama bos & temen kantor, kalo kamu pakai pakaian yang sama secara berulang dalam satu pekan.

UH BERAT!

Tapi ternyata dengan kondisi seperti itu, ternyata ada nih yang bisa survive. Dia justru tumbuh dengan baik, cerdas, cantik, mampu upgrade diri terus, jadi best version of herself. Dan yang paling penting, tetap bahagia di tengah posisinya sebagai seorang sandwich generation. Yap, dia adalah Kim Mi So alias Secretary Kim di drama korea yang aku tonton di Viu, berjudul What’s Wrong with Secretary Kim. Drama dengan genre komedi romantis ini merupakan adaptasi dari novel karya Jung Kyung Yoon, yang kemudian didaptasi ke Webtoon oleh Kim Young Mi. Ada sosok si cantik Park Min Young yang memerankan Kim Mi So, sekretarisnya Lee Young Joon yang diperankan oleh Park Seo Joon, kesayangan banyak wanita. Hehehe. Dramanya tipikal slice of life kesukaan aku. Ringan, tapi ngasih banyak insight kehidupan, terutama jika berkaca dari sosok Kim Mi So.

 

Mampu memanfaatkan faktor luck yang dia punya

 

Pict source : Viu

Kim Mi So emang cuma tamatan SMA, tapi Young Joon memilih dia sebagai sekretaris. Jika dibandingkan dengan pelamar lain yang lulusan universitas terkenal, punya sertifikat sekretaris profesional, Kim Mi So tentu aja kalah jauh. Tapi nyatanya, dia yang dapet kesempatan itu. Menurut aku, itu jadi faktor luck buat dia & dia pun memanfaatkan kesempatan itu dengan sangat baik.

Di awal-awal emang cupu banget. Dia harus ngejar banyak ketertinggalan. Kayak belajar Bahasa Inggris sampe fasih, gercep ngurusin bos & perusahaan, bertransformasi jadi sosok yang sangat bisa diandalkan. Ada satu momen yang bikin aku terenyuh, pas Kim Mi So belajar masangin dasi buat bosnya. Jadi dia begadang tuh sambil latihan masang dasi di tiang gantungan baju. Dia kayaknya udah lelah banget, tapi tetap belajar berulang kali masangan dasi sambil nangis-nangis, sampai akhirnya bisa. Huhu ikut baper lihatnya. Dari Kim Mi So, aku belajar, emang sih pas belajar hal baru tuh rasanya susah banget kayak mau mati, tapi ketika udah terlewati, besok lusa semuanya bakal lebih mudah. Gakpapa kamu belajar sampai pusing, sampai nangis, tapi percaya deh, begitu kamu bisa, skill itu akan memudahkan hidup. 

 

Mau upgrade diri dan jadi versi terbaik dirinya

 

Pict source : Viu

Dari segi kemampuan, penampilan dan apapun juga, Kim Mi So pas awal masuk kerja sama Kim Mi So yang udah 9 tahun kerja jadi beda jauh. Dia bertransformasi jadi sosok yang sangat cakap. Meski bukan lulusan universitas terkenal, meski gak punya pengalaman, dengan kerja keras mau & upgrade diri, dia bisa jadi versi terbaik dari dirinya. Makanya, pas dia pengen resign, bosnya bingung banget, gak mau kehilangan, karena emang Kim Mi So secakap itu sama kerjaannya. Serba bisa, peka, cepat tanggap. Wajar disayang ya.

Pelajaran juga nih buat aku, bertahun-tahun kerja tapi nggak upgrade skill, apa nggak sia-sia? Belajar dari Kim Mi So, ketika waktu berjalan, kamu juga harus bertumbuh.

Ikhlas sebagai seorang sandwich generation

Wah ini gokil sih. Dia tuh ikhlas banget sebagai seorang sandwich generation. Gak pernah nyalahin keadaan, gak pernah nyalahin keluarganya yang bikin dia kerja keras kehilangan masa muda. Anaknya juga kayak gak terikat sama kebendaan duniawi loh. Jadi nih, ketika bapaknya terjerat pinjaman sama rentenir, sekitar 3 ribu dolar, Kim Mi So ringan aja dong jual mobilnya buat lunasin hutang itu. Padahal dia baru punya mobil itu seminggu doang. Bisa aja kan dia pura-pura gak tau perihal hutang bapaknya, lalu hidup senang & berkecukupan dengan gaji yang dia punya. Tapi Kim Mi So nggak begitu. Dia bisa happy tanpa punya ini itu, dan menurut aku itu luar biasa.

Dia juga bayarin uang kuliah kakak-kakaknya, sampai mereka berdua bisa dapat kerjaan di Rumah Sakit sesuai cita-cita mereka. Cita-cita Kim Mi So sendiri? Dia nggak mikirin itu dulu & fokus kerja keras. Prinsip, "hidup tenang tanpa hutang", bener-bener berlaku bagi Kim Mi So. 

Mampu mengelola keuangan dengan baik, fokus pada tujuan

Meski kerja di perusahaan besar macam Yumyung Group, tapi Kim Mi So bisa bertahan di standar hidup sederhana saja. Dia tinggal di kontrakan biasa, gak punya barang-barang mahal, bajunya juga sedikit sampai pernah diomongin tuh sama temen kantor wkwk. Tapi anaknya gak begitu peduli, goalsnya hanya hutang keluarga beres, kakaknya tamat kuliah & kerja, udah deh. Itu udah bisa bikin dia lega.

Tapi, at the end, ketika semua udah beres, dia nggak pernah lupa kalau ..

Don’t ever forget that the most important thing is yourself. (Kim Mi So)

Pict source : Viu


Meski di awal kayaknya Kim Mi So terlalu memikirkan keluarga & menempatkan dirinya di nomor 2, ternyata setelah keadaan membaik, dia pun mulai ambil langkah untuk pick up her life. Bukan lagi kehidupan sebagai sekretaris yang ingin dia jalani atau kehidupan sebagai orang lain, ia ingin hidup sebagai dirinya sendiri.

Ada momen di mana dia dikasih cuti sehari sama bosnya biar bisa mikir-mikir lagi buat resign, duh ikutan happy lihat dia bangun tidur tanpa alarm, setelah 9 tahun punya aktivitas pagi yang super sibuk. Dia juga mulai mikirin personal life, pengen pacaran, pengen nikah, gak pengen menua sendirian. Jadi nih, mungkin kita akan ada di masa-masa harus mikirin keluarga, mikirin orang lain, tapi kayak pesannya Young Joon, never forget that you’re most precious & the top priority it any moment.

Pict source : Viu

Banyak banget insight menarik dari sosok sekretaris serba bisa, Kim Mi So. Belum lagi hubungan asmaranya sama Young Joon, bikin senyum-senyum teros. Salah satu drama favorit aku sampai sekarang nih. Aku emang paling suka drama yang bisa menghangatkan hati begini, ngasih semangat buat gak menye-menye menjalani hidup. Hidup kadang ngasih kita lemon, tapi bisa kok kita jadiin hot lemon tea yang enak buat temen santai sore, ya kan? Iyee, kurang sedap apa tuh, sore-sore ketika urusan kantor udah beres, urusan domestik rumah tangga juga udah kelar, duduk di teras rumah sambil minum hot lemon tea sambil nonton drama Korea di aplikasi Viu, aplikasi nonton drakor kesayangan aku. Nikmat banget! Apalagi aplikasi Viu tuh ..

Viu premium untuk saat ini hanya 15K

Seharga semangkuk bakso doang dong udah bisa nonton bebas iklan, konten premium, bisa download pula. Uhuy sekali klik, bisa banyak banget dapet benefitnya. Kadang nih kalo lagi promo, ada juga cashback 50% dong untuk paket-paket tertentu. Gokil! Kamu bisa beli lewat GoPay, pulsa, shopeepay, atau beli di Tokopedia. Bisa puas banget nonton tanpa mengganggu perekonomian rumah tangga.

Banyak pilihan tontonan

Yup! Gak Cuma drakor-drakor kece aja nih yang bertebaran di Viu, tapi juga ada film Korea buat kamu yang gak betah nonton series yang panjang, ada juga film Asia & film Indonesia. Asli, sejak download aplikasi Viu, aku gak pernah kehabisan bahan tontonan. Yipi!

Kualitas video terjamin

Kalo lagi pake wifi, aku biasanya pilih kualitas video yang high. Tapi kalo kebetulan mati lampu lalu wifi juga off, tenang aja, masih ada pilihan kualitas video yang standar, data saver atau auto, kok.

Nonton sekalian belajar bahasa

Terbantu sekali dengan pilihan subtitle yang disediakan Viu, ada pilihan subtitle bahasa Myanmar, Malaysia, Indonesia, English & Arab. Yang paling sering aku pake yang English hehe. Kalo kebetulan dialognya cepet banget, tinggal klik opsi back 10 detik, gaes, terus diubah ke Bahasa Indonesia sebentar, biar gak bolak balik buka google translate hehe. Mungkin agak repot sih ya, tapi ini cara aku biar nonton gak sekedar nonton. Selain ngambil insight dari cerita & tokoh di drama itu, ini juga cara asik buat belajar Bahasa Inggris.

Nyaman banget nonton drakor di aplikasi Viu. Love!

Jadi kalo ada yang bilang nonton drama korea hanya kesia-siaan semata, bentar dulu bos, kamu nontonnya gimana? Maraton lalu lupa makan, lupa tidur, lupa kewajiban, itu sih bukan salah dramanya, tapi kamunya yang masih gagal balancing waktu. Nonton drakor kan harusnya bikin happy, bukan malah stress karena kewajiban di dunia nyata malah terbengkalai. Hihi. Selagi dijalankan dengan cara yang benar & tidak berlebihan, nonton drakor bisa jadi sarana lepas penas, nyari semangat sampai belajar banyak hal baru. Selamat bersenang-senang dengan drama korea. Nontonnya di Viu aja! :)

38 comments

  1. Jadi tergoda untuk lanjut nonton Whats Wrong Woth Secretary Kik deh habis ini. Makasih rekomennya ya Mba.

    ReplyDelete
  2. Aku suka bangeeeettt sama drama ini dan udah beberapa kali binge watching saking gemesnya sama mereka berdua. Kemaren pun ada rumor mereka dating aku juga ikut heboh lagi wkwkwk. Btw nonton drama ini lewat Viu enak banget karena cukup kenceng juga streamingnya jadi nggak bikin kesel sendiri pas lagi nonton :))

    ReplyDelete
  3. Aku suka banget sama Drakor whats wrong the secretary kim selain pemerannya cakep2 alur ceritanya juga bagus bngt nih dan menghibur sekali

    ReplyDelete
  4. Kok aku penasaran banget sama kepribadian si kim ini ya, kayaknya perlu aku download nih di Viu soalnya takut enggak bisa tidur

    ReplyDelete
  5. Aku nonton drakor ini dan masih nge-ship pasangan ini jadi pasangan beneran di real life haha. Asik ya nonton di Viu itu, drakornya lengkap banget dan biaya langganannya murah meriah. Cocok buat hiburan saat pandemi gini.

    ReplyDelete
  6. Gimana gak bahagia coba, dibucinin direktur ganteng, hihihi...

    ReplyDelete
  7. langganan viu gak nyesel karena drakornya bagus bagus dan bisa belajar banyak dari cerita yang ditonton

    ReplyDelete
  8. Pernah nonton nih drama pas episode2 awal doank, habis itu banyak kegiatan jadi blm sempat. Ini drama termasuk banyak yg suka mbak. Dulu kawanku seharian bahas ini di kos wkwkwk
    Sampai akupun ketularan suka nonton. Untung sekarang ada Viu di ponsel. Bisa nonton kpn aja :D

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku nonton drama ini.. lucu2 gemana gitu ya..haha.. Tapi emang sosok Kim ini cukup menginspirasi..

    ReplyDelete
  10. tipikal dramakorea banget sih ini, gadis mikin ketemu cowok ganteng kaya raya. Tapi ya namanya juga hiburan, kalau sesekali mau nonton yg ga berat2 ya ini cocok sih

    ReplyDelete
  11. Setuju sama poin kedua menerima dengan ikhlas sebagai generasi sandwich. Saya juga mba ada di posisi tersebut. Saat ini ada di fase meng-upgrade kemampuan diri. Jadi kepengen nonton dramanya, keren kayaknya.

    ReplyDelete
  12. Saya suka nih dramanua. Lucuuu.. Emang viu nih selalu hadirkan drama2 keren ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju Ummi, daku juga pernah nonton drakor asik di Viu, jadinya bisa sekalian me time juga

      Delete
  13. Aku nonton nih Secretary Kim, walau nggak sampai tamat. Memang orangnya easy going banget ya, sampai akhirnya dia ingin jadi diri sendiri, malah kakak-kakaknya yang merasa bersalah banget. Aku jadi terharu, kadang suka hitung-hitungan, ini sifat jelek banget. Padahal kalau kita easy going pasti hidup akan tenang.

    ReplyDelete
  14. belum nonton, kayaknya emang sebagus itu yaa ceritanya... tapi setiap drama Park Min Young emang keren perannya...

    ReplyDelete
  15. Daku nonton si Kim Mi So ini gak selesai, cuma beberapa part aja. Untungnya ada Viu bisa nih menjawab episode lainnya yang terlewatkan oleh daku

    ReplyDelete
  16. Bener sih kak. Dari secretary kim, kita harus belajar pentingnya mengupgrade diri. Selain itu, kita juga harus mengerjakan tugas kita dengan segenap pikiran dan jiwa juga. Jadi,meski aslinya menye-menye tetap menghasilkan sesuatu yang wow.

    Setelah semua itu, jangan pernah melupakan diri sendiri. Bahwa diri juga membutuhkan waktu untuk kesenangannya sendiri.

    Ah, aku suka sekali drama ini.

    ReplyDelete
  17. Dari review Mbak Intan, ini alurnya keren sekali, ya. Banyak sekali hal-hal menarik dan positif yang disampaikan dari tokoh Kim Mi So. Termasuk setiap orang pasti punya keberuntungan yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Tidak mengeluh pada keadaan, dan terus bersemangat.
    Hanya kurang sreg juga pada bosnya itu. Masa malas benar, sampai masang dasi saja harus dipasangkan. Apa mungkin ada modus, ya hahaha...

    ReplyDelete
  18. Aku udah nonton. Yeaayy.

    Seru juga dan ada komedinya. Nggk bosan jadi dengan alur ceritanya.
    Personal life emang penting sih ya kak. TErgambar dari drakor ini.

    ReplyDelete
  19. Aku juga suka darakor secretary kim, waktu itu nonton on going. cantik Park Min Young hehehe, dramanya ringan tapi menarik.
    Saking sedikit bajunya, si boss sampai hapal ya

    ReplyDelete
  20. Itu gimana ya perasaan kakak-kakaknya dibiayai kuliah sama adeknya? Mana si adek sampe banting tulang sebegitunya pula.

    ReplyDelete
  21. jadi penasaran VIU nih, pasti banyak drakor bagus juga selain ini. Jadi penasaran euy mau langganan. Pasti kece nih nikmatin tteobokki sambil nonton drakor Secretary Kim

    ReplyDelete
  22. baru tau kalo ada aplikasi yang keren kayak gini, thanks dek Intan,,otw download nih.

    ReplyDelete
  23. sempat nonton meski g sampai akhir, tapi emang recomended drama ini ya mbak
    ah akupun generasi sandwich

    ReplyDelete
  24. Aku pernah liat sekilas nih judulnya di Viu Tapi baca reviewnya gini jadi penasaran dan pengin nonton Whats wrong with secretary Kim.

    ReplyDelete
  25. Wahana kayaknya aku harus nonton santuy nih Drakor yang ini. Makasih review-nya dek, aku juga nonton Drakor di aplikasi viu

    ReplyDelete
  26. Saya nonton drakor ini pas kapan yaa, duh lupa. Nontonnya cuma karena penasaran sama ceritanya teman-teman, tentang si tokoh utama prianya tuh, siapa namanya? Eh ternyata bagus juga sih ceritanya.

    ReplyDelete
  27. Aku juga nonton drama ini mbak. Apalagi yang jadi lead male nya nya my love oppa. Yo pasti aku gak mau ketinggalan 😍

    ReplyDelete
  28. Yang aku tangkap adalah mengupgrade diri dan menjadi terbaik, wah ngena beuut dah..

    ReplyDelete
  29. Baca reviewnya saya hati sudah terpikat dengan ceritanya, apalagi kalau nonton langsung dramanya ya. Seru sekali sepertinya

    ReplyDelete
  30. Lucu, romantis dan ngegemasin nonton film ini. kim mi so sosok yang tangguh dan semangat belajar nya tinggi. Makanya bisa jadi sekretaris yang perfect banget

    ReplyDelete
  31. Selalu ada pelajaran yang bisa diambil setiap nonton drakor.
    Aku pas nonton ink selalu gak sabar pengen tau kelanjutan ceritanya.
    Untung happy ending..ahahha

    ReplyDelete
  32. Park Min Young emang kece di setiap penampilannya. Apalagi di Secretary Kim barengan sama Park Seo Joon. Klop banget. Tingkah konyol mereka berdua tuh bikin ngakak, wkwk. Btw, aku pun nonton Viu lo. Kalau sekarang lagi nyimak Mouse dan Beyond Evil.

    ReplyDelete
  33. Eps awal2 aku nonton ini, sempet bosen tuh mba. Trus stop lama. Tp kmudian aku lanjutin lagi, eh kok makin lama makin seruuu dan kocaaak hahahahaha. Sukaaa bgt Ama drakor ini :D.

    Kim mi so itu tipe cewe yg cantik dan anggunnya kebangetaaan :D. Beneran sukaaa deh Ama peran dia di sini :).

    Viu mah komplit yaaa. Aku langganan viu juga Krn drakor. Males aja kalo nonton dr situs ga resmi. Mana GBR dan terjemahan suka ga sinkron. Kan mnding pake aplikasi yg legal, dan ga mahal pula

    ReplyDelete
  34. Aku sudah nonton niy drakornya, suka sama pasangan bos - sekretaris ini yang ternyata ada tautan masa lalu, khas ala drakor. Aku nontonnya juga di viu, donk.

    ReplyDelete
  35. Kaka udah nonton ini juga donk. Inspiratif banget ya lika liku kerja sm bos.

    ReplyDelete
  36. Seru banget ini mbkk aku blm nonton aku nonton drakor biasanya di apk lain heheh mau nonton juga lah

    ReplyDelete
  37. Secretary Kim ini sebenarnya udah pengen nonton dari lama tapi belum kesampaian hihihi gak sempet, padahal udah masuk ke watchlist aku di aplikasi viu.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^