Tips Memilih Pembalut Luka dengan Benar



Pembalut luka atau plester merupakan salah satu barang wajib yang harus selalu kamu sediakan di kotak P3K. Berbagai kecelakaan kecil seperti luka gores atau luka sayat juga harus segera ditangani agar cepat sembuh. Meskipun hanya luka kecil saja, namun jika tidak segera sembuh maka akan mengganggu aktivitas, terutama untuk kamu yang aktif bekerja. Selain itu, luka yang tidak kunjung sembuh juga menghalangi kamu untuk bersentuhan dengan air karena luka yang terkena air akan memberikan rasa perih.

Inilah Tips Memilih Pembalut Luka dengan Benar
 
Pict source : Pixabay

Pembalut atau plester luka memiliki fungsi yang cukup banyak, fungsi terpenting adalah menutup luka agar terhindar dari kuman dan bakteri serta mempercepat proses penyembuhan. Kamu bisa menemukan banyak produk plester di pasaran, untuk mendapatkan produk terbaik, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.


1. Ketahui Jenis Luka Kamu

Sebelum memilih pembalut luka yang tepat, kamu terlebih dahulu harus tahu jenis luka yang dialami. Luka yang dapat dibalut dengan plester yaitu luka ringan seperti luka sayat atau luka gores. Luka sayat biasanya akan mengeluarkan banyak darah sehingga harus diplester untuk menghentikannya. Sedangkan luka gores atau baret menyebabkan rasa perih dan sakit berlebih karena ujung syaraf di bawah kulit ikut cidera.

2. Perhatikan Kandungannya

Selain menutupi luka agar terhindar dari kuman dan bakteri, plester juga harus berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan agar kamu bisa segera beraktivitas. Plester luka dari Hansaplast memiliki bantalan dengan kandungan yang dapat membantu proses penyembuhan. Terdapat berbagai jenis plester yang bisa dipilih dan aman untuk anak-anak dengan berbagai motif karakter lucu.

3. Pilih Plester dengan Bahan Elastis

Luka bisa terjadi dimana saja termasuk bagian tubuh bergerak seperti siku, lutut, atau ruas jari. Sehingga kamu membutuhkan plester atau pembalut luka yang elastis dan bisa digerakkan dengan bebas jadi aktivitas tidak akan terganggu. Hansaplast terbuat dari bahan yang elastis dan dapat digerakkan dengan mudah ketika dipakai. Jika luka tidak terlalu besar, kamu bisa menggunakan Hansaplast Plester Kain Elastis, sedangkan untuk luka yang lebih lebar bisa menggunakan Hansaplast Plester Kain Elastis Jumbo.

4. Pilih Plester yang Tahan Terhadap Air

Pembalut atau plester luka yang tahan terhadap air dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, kamu tidak akan merasakan perih dua kali karena luka yang terkena air biasanya menyebabkan rasa perih. Hansaplast Plester Aqua Protect merupakan plester yang kedap terhadap air sehingga kamu bisa lebih bebas beraktivitas.

Itulah tips memilih pembalut luka atau plester yang sesuai dengan aktivitas kamu. Hansaplast memiliki berbagai macam produk yang bisa digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Kamu bisa memilih salah satu produk dari Hansaplast untuk membantu menjaga luka dari bakteri dan kuman. :)

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^