Milenial Ingin Miliki Kartu Kredit? Cek Informasi Lengkapnya Di sini!


Pict source : Pixabay

Kecenderungan generasi milenial dalam berperilaku konsumtif dan serba praktis rasanya sudah tak perlu diherankan lagi. Oleh karena itu, sebagian bank di Indonesia baik milik pemerintah maupun swasta memanfaatkan generasi ini untuk mendongkrak popularitas produk mereka yakni kartu kredit. Pengajuan kartu kredit khusus milenial pun cukup mudah, bahkan kamu bisa mengajukannya secara online lewat beberapa fintech yang terpercaya.
Nah, jika kamu merupakan salah satu dari jutaan milenial yang tertarik memiliki kartu kredit, maka coba penuhi beberapa syarat berikut ini agar proses pengajuan pembuatan kartu kredit berhasil.

Pastikan Usia Sesuai dengan Ketentuan Bank
Hampir semua bank yang menyediakan produk kartu kredit memiliki ketentuan sama terkait usia calon nasabahnya. Agar pengajuan kartu kredit dapat diterima, setidaknya saat ini kamu telah berusia 21 tahun. Karena usia minimum yang telah ditetapkan biasanya ialah 21 tahun dan maksimum berusia 65 tahun.

Memilih Bank yang Memiliki Prosedur Mudah dan Praktis
Tidak dapat dipungkiri, mengajukan kartu kredit pertama kali khususnya untuk milenial bukanlah hal yang mudah. Besar kemungkinan pengajuan kartu kreditmu bisa ditolak, karena beberapa dokumen pendukung yang dirasa kurang valid. Jadi, ada baiknya untuk mencari informasi terlebih dahulu mana saja bank yang memiliki prosedur mudah dan praktis dalam mengajukan pembuatan kartu kredit.


Pict source : Pixabay


Memiliki Pekerjaan dan Pendapatan Tetap
Setiap pemegang kartu kredit biasanya diwajibkan untuk memenuhi syarat yang satu ini, yaitu sudah memiliki pekerjaan dan pendapatan tetap. Karena setiap bulannya kamu wajib melakukan pembayaran tagihan kartu kredit. Jika tidak atau lewat dari tanggal yang ditentukan, maka aka nada sanksi berupa denda maupun pemblokiran kartu kredit.
Untuk melalukan pembayaran kartu kredit, cukup datangi kantor cabang terdekat dari bank penerbit kartu kredit. Selain itu, pembayaran juga bisa dilakukan melalui ATM, SMS Banking, Phone Banking, atau Internet Banking.

Pastikan Semua Dokumen yang Diminta Lengkap

Pengajuan pembuatan kartu kredit khusus milenial bisa saja diterima oleh pihak bank apabila kamu sudah melengkapi seluruh dokumen yang diminta. Mulai dari fotokopi kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), fotokopi slip gaji tiap bulan, fotokopi NPWP (khusus karyawan), fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir (khusus pengusaha), fotokopi akta pendirian perusahaan (TDP) dan SIUP (khusus pengusaha), dan fotokopi surat izin profesi atau izin praktik (khusus professional).
Jenis-Jenis Kartu Kredit
1. Kartu Kredit Silver
Kartu kredit jenis silver adalah kartu kredit yang terbilang ramai peminat khususnya generasi milenial. Limit terendah yang ditawarkan bagi pemegang kartu kredit jenis ini sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta. Jika saat ini kamu baru mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang masih pas-pasan yaitu kisaran Rp 3 juta per bulan, maka kartu kredit silver ini sangat cocok untuk menunjang gaya hidupmu.
2. Kartu Kredit Gold
Tingkatan menengah keatas untuk urusan kartu kredit adalah kartu kredit jenis gold. Pemegang kartu kredit jenis ini biasanya ditujukan untuk mereka yang memiliki penghasilan setiap bulannya sekitar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta keatas. Lantaran limit kredit nya yang cukup besar yaitu minimum Rp 10 juta dan maksimum Rp 40 juta, maka pihak bank jauh lebih selektif dalam menilai latar belakang calon nasabahnya.
3. Kartu Kredit Platinum
Kartu kredit platinum adalah kartu kredit yang menempati kelas tertinggi diatas kartu kredit Gold. Limit yang diberikan kepada pemegang kartu kredit ini jauh lebih besar yakni kisaran Rp 40 juta hingga Rp 1 miliar. Untuk itu, pihak bank hanya memberikan kartu kredit platinum kepada calon nasabah yang memiliki penghasilan per tahun sekitar Rp 180 juta ke atas dan juga riawat kredit yang bagus.
4. Kartu Kredit Titanium
Terakhir, ada kartu kredit titanium yang menduduki posisi tertinggi dari ketiga jenis kartu kredit diatas. Tidak semua orang bisa menggunakan kartu kredit jenis ini, karena pihak bank biasanya hanya mengundang calon nasabah maupun nasabah yang memiliki kekayaan sangat besar.
Menggunakan kartu kredit sah-sah saja untuk kamu dan generasi milenial lainnya, namun bukan berarti kamu bisa dengan seenaknya menggunakan kartu tersebut untuk kebutuhan yang tidak terlalu penting. Bijaklah selalu dalam memilih dan menggunakan jenis kartu kredit. Karena jika penggunaannya dilakukan dengan benar, akan ada banyak manfaat yang kamu dapatkan. Jadi? Sudah siap memiliki kartu kredit sobat milenial? Jika iya, segera lakukan pengajuannya melalui fintech terpercaya seperti https://www.cekaja.com/kartu-kredit/ ya!


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^