Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Intan kecil liburan naik gajah di pinggir Pantai Panjang. Posenya udah kaya pembawa acara 😀


Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore! Hore! Hore!

Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh-kesahmu

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hatiku gembira

You sing you lose, aku jadi bisa nebak kisaran tahun lahir kamu hehe. Seumuran soalnya kaya aku, anak 90an kan?  

Kalau flashback ke masa kecil, salah satu hal paling bikin aku happy itu ya lagu-lagunya. Aku masih ingat lagu-lagu favoritku di masa-masa jadi bocil. Libur Telah Tiba, Anak Gembala, I Have a Dream, dan lain-lain. Iya, dulu ngefansnya sama Tasya & Sherina. Beli CD mereka, terus ngafalin semua lagu-lagu mereka yang emang cihuy banget pasa masanya. Jadi selain baca buku, kalo ditanya hobi, aku selalu jawab hobiku nyanyi. Hobi bukan berarti harus bisa kan? Hahaha. Soalnya aku ga bisa nyanyi buat dinikmatin banyak orang, ga pede, kalo nyanyi di kamar mandi, hayo deh 1 kaset pun bisa lah!


Eh btw, dulu tuh zaman kecil gampang banget ya ngafalin lagu? Sekali dua kali denger, bisa hafal. Sekarang mah boro-boro. Dengar puluhan kali pun, yang nempel di memori reffrain-nya aja udah syukur. Memori otak orang dewasa ini, kayanya udah overload sama tuntutan & percuanan duniawi. Iya nggak? Hahahaha.

Yaudah lah, fase kehidupan.

Untung dulu udah puaaaass dengar lagu anak yang riang gembira & seringkali liriknya bikin aku termotivasi.

Aku adalah anak gembala
Selalu riang serta gembira
Karena aku senang bekerja
Tak pernah malas atau pun lengah

Tra la la la la la la
Tra la la la la la la la la
Tra la la la la la la
Tra la la la la la la la la

Intan kecil yang lagi males mandi, auto lompat ke kamar mandi pas dengar lagu ini hahahaha bocah banget!

Tapi ternyata, meski kesannya sepele aja dengerin lagu anak zaman kecil dulu, nyatanya banyak manfaatnya loh!

Menghadirkan rasa bahagia

Mungkin karena lirik & musik lagu anak umumnya riang gembira, bawaannya emang happy aja kalo udah nyanyi-nyanyi. Dulu aku dibolehin karaokean di rumah tiap weekend sama bapak ibu, wahh seruu sampai kadang lupa waktu.

Sebagai sarana belajar bahasa asing

Lewat I Have a Dream milik Sherina & lagu-lagu lain, aku mulai menyukai bahasa inggris, sampai menjadikan mata pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran kesayangan. Pokoknya semangat banget sekolah kalo di hari itu ada pelajaran bahasa Inggris hehe. Mungkin karena diawali dengan cara belajar yang aku suka (read : nyanyi-nyanyi), jadi belajar bahasa asing zaman bocil terasa mudah & menyenangkan. Eh pas dewasa, pedenya hilang karena terlalu banyak perasaan ‘takut salah’. PR orang dewasa banget nih emang!

Meningkatkan kerja otak & daya ingat

Kalau ngafalin lirik lagu anak, hayo aja, pas dapat tugas ngafalin pelajaran sejarah, wahhh sulit. Jadi dulu itu pas ada tugas hafalan, aku hafalin pake nada lagu tertentu & berhasil hafal. *proud!

Melatih rasa percaya diri

Kayanya pas SD-SMP aku dulu masih sering deh, ada tugas nyanyi di depan kelas. Dan karena banyak hafal lagu anak, aku pede dong nyanyi – lebih ke pamer hafalan lirik haha. Pas dewasa jadi ga berani nyanyi karena takut jelek. Dulu pas bocil, hajar aja gak pake mikir ini itu.

Tapi yang jelas, lagu-lagu anak pada zamanku, mampu bring happiness buatku & aku yakin buat anak-anak seumuran aku. Jadi soundtrack of my childhood gitu deh. Sedih kan kalo ngelihat sekarang tuh lagu anak-anak kok sulit ya dicari? Bocil nyanyinya lagu yang lagi viral di medsos, yang liriknya embuh, buat orang dewasa aja sulit dimengerti, apalagi buat bocil. Pusing gak tuh!


Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Untungnya sekarang ada Hoala Koala *prok prok prok. Kenalin nih sepasang sahabat yang gemar menyanyi, Hoala & Koala – karakter 3D unik yang jadi Sang Pembawa Lagu. Hoala si gadis kecil yang ceria & Koala si koala imut & menggemaskan. Nah, duo sobi ini sering nyanyi bareng. Kadang muncul juga tokoh ayah, ibu & hewan-hewan lain, teman-temannya Hoala & Koala. Semarak!

Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia

Gemes kan, kita bisa menikmati lagu dan animasi anak Indonesia di youtube Hoala Koala. Contohnya aja ada lagu anak cuci tangan Hoala Koala, selain menggemaskan & enak dinyanyikan, juga ada pesan moral untuk melakukan cuci tangan yang baik & benar setelah memegang benda-benda di luar. Wah related banget kan sama pesan di masa pandemi ini untuk selalu menjaga kebersihan. Lagu-lagu Hoala Koala yang lain juga gak kalah asik, seru, sekaligus penuh muatan edukasi untuk anak-anak. Berasa sambil nonton film kartun, tapi juga bisa menikmati lagu anak. Paket komplit kan?

Gak usah worry kalo bakal kehabisan stok lagu anak di Hoala Koala, karena mereka udah punya 5 album, lebih dari 45 lagu yang bisa kamu nikmati di youtube, spotify hingga iTunes. Wah gokil! Bukan hanya kuantitas, tapi kualitas juga oke, karena Hoala Koala digarap dengan serius, bahkan melibatkan musisi internasional juga loh di pembuatan aransemen kayak saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello & harpa. Oh iya, ada instrumen etnik Indonesia juga dong pastinya, gamelan & angklung. Cihuyy serunya!

Hoala Koala, Lagu dan Animasi Anak Indonesia


Kalau selama ini kamu kebingungan mencari media yang pas buat ajak adek, anak atau keponakan dengerin & nyanyiin lagu anak, Hoala Koala bisa nih jadi solusi. Apalagi genre yang disuguhkan bervariasi, jazz ada, big band ada juga, jpop oke, etnik atau tradisional pun tersedia. Unik! Kuy coba deh mampir ke youtube channel-nya Hoala Koala & nikmati serunya lagu anak di sana. Selamat menonton & bernyanyi bersama! 😃


No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^