Sustainable Tapi Tetap Fashionable : Bentuk Kontribusi Menjaga Bumi


“Mbak, aku request nanti Mbak pake dress warna baby blue atau navy ya.”

Dulu zaman aku belum turun di dunia per-MCan wedding, aku sering takjub sama teman-temanku yang akhir pekannya selalu diisi dengan job-job jadi MC pernikahan. Pasti duitnya banyak tebakku heheheh. Ternyata jadi MC, apalagi MC wedding, ya harus punya ‘modal’ juga selain suara. Harus menyediakan waktu untuk sering-sering briefing & gladi resik, agar acara pernikahan klien bisa berjalan paripurna. Iyalah dong, namanya juga perayaan (yang semoga saja) sekali seumur hidup, minimalisir banget kesalahan. Terus, harus nyisihin budget untuk bayar jasa MUA kalau kita gak bisa dandan sendiri, juga harus beli baju baru kalau ternyata baju yang diinginkan klien belum kita miliki. 

Yeyy baju baru! 


Dulu kayanya aku lebih excited di part nyari baju baru, ketimbang menyiapkan materi MC itu sendiri heheheh. Baru kemudian menahan diri saat pindah rumah, wah ternyata gaun-gaun ngeMC & kondangan selama ini udah 2 karung sendiri. Kacaww. Gaun-gaun itu juga nasibnya cenderung berakhir dalam sekali pakai. Karena ketika dipakai untuk kali ke-2, spark joy-nya udah hilang, lalu ada perasaan “Ya masa pakai baju ini lagi, nanti kata orang aku ga punya baju lain. Bajunya itu-itu mulu.”

Padahal orang lain juga belum tentu peduli & merhatiin baju yang kita pake loh. 

PR banget nih buat aku. Seneng ngeMC, seneng pake baju yang baru sekali itu ku pakai, tapi juga miris melihat tumpukan sampah yang berhasil ku kumpulkan dari tahun ke tahun. Bahaya. Karena banyaknya jumlah sampah pakaian ini, kalau tidak ditanggulangi dengan baik, bisa jadi kontributor penyebab peningkatan emisi gas rumah kaca. Waduh! 

Lalu gimana dong solusinya?

Beli baju yang bahannya awet & modelnya long lasting



Dulu aku juga penggemar fast fashion, kalo lagi hype, ikutan beli. Padahal trennya cepat banget berputar, capek euy kalo harus ngikutin terus. Dompet capek belinya, bumi capek dijejali sampahnya. Pelan-pelan aku pun beralih beli baju-baju yang lebih awet bahannya juga modelnya. Aku juga berinvestasi pada jenis-jenis fashion yang nggak akan ketinggalan zaman, seperti kaos putih, black dress, kemeja & rok/celana kain. Bisa dipakai dalam jangka waktu panjang & bisa dimix & match dengan pakaian lain. 

Kalau bisa sewa kenapa harus beli?


Kalo jahit di tukang jahit, biaya jahit dress di Bengkulu sini kisaran 250K – 400K, belum termasuk bahan. Jadi anggap aja 1 dress ada di angka 700-800K waw. Mending kalo bisa dipake berkali-kali, tapi kalo dipake sekali aja terus disembunyiin di pojokan lemari, sayang banget! Sekarang kalo ngeMC yang mengharuskan pakai dress atau kebaya, aku lebih senang menyewa saja. 150K-200K, aku bisa berganti-ganti busana, tanpa nambah-nambahin jumlah sampah. 

Tambahkan aksesoris tambahan agar baju yang sama pun bisa terlihat ‘berbeda’ & tetap menimbulkan ‘spark joy’

Iya ngerti kok, bosennya pakai baju yang itu-itu mulu, apalagi kalo untuk diupdate ke instagram kan? Haha. Nah tapi di sanalah level kreativitas kita diuji. Mungkin baju kita sebetulnya itu lagi-itu lagi, tapi ketika ditambahkan kalung, belt, rompi, eh jadi terlihat beda & serasa pakai baju baru. Kan asik juga ya! Beruntunglah sekarang untuk ‘nyontek’ gaya yang sekiranya cocok dengan postur tubuh & kepribadian kita, segampang tinggal scroll feed instagram selebgram favorit kamu. Cari aja yang postur tubuhnya kurang lebih samaan kayak kita nih, terus bisa deh cari inspirasi fashion dari sang selebgram. 

Nah, walaupun kita hobi banget pakai baju baru (apalagi cewe-cewe nih yang tiap mau pergi/acara selalu ngeluh gak punya baju), jangan lupa pikirkan juga kemaslahatan bumi. Biar kita bisa happy-happy, tanpa menyakiti bumi. Saya bersumpah ketika nge-MC akan lebih banyak re-create baju lama atau sewa baju, dibanding beli baru tapi suma nambah-nambahin sampah aja. Yuk #MudaMudiBumi berkontribusi positif #UntukmuBumiku & #TimeforActionIndonesia. Semangat! 😁


1 comment

  1. Wah cantik banget Intaan, iya lebih baik sewa ya daripada beli atau jahit sendiri gaun untuk kerja...

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^