Edisi Menang

Sharing itu Penting

Jumat, Juli 03, 2015



Sejak (lumayan) aktif ngeblog 2 tahunan ini, banyak kejadian yang bikin senyum-senyum girang. Selain hadiah yang diperoleh kala menang kontes blog, uang receh bayaran ngerjain job review juga tentunya .. inbox dari pembaca blogpost-blogpost random yang aku posting di rumah mayaku ini. Siapa sangka, tulisan semau-mau aku, ternyata ada yang suka baca.

Dulu, awal nulis serasa mindahin tulisan dari diary beneran ke diary online. Duh, bahasannya galau-galauan, cinta-cintaan. Dikit-dikit ada warna merah jambu yang mewarnai tulisan, namun nggak jarang malah beralih kelabu.

Nyatanya, tulisan macam itu membuatku berkenalan dengan beberapa abg yang (barangkali) nggak sengaja kesasar di tulisan curhatku.

“Kak Intan, aku suka loh baca tulisan kak Intan tentang kisah cinta kakak. Menghibur. Romantis pula.”

Aku ngikik. Tapi senang juga dong. Makin semangat nulis meski akhirnya nggak terlalu polos lagi dalam berkata-kata dalam deretan kata. Bahasa galaunya dihalusin, gelegak cinta pun agak disamarkan. Waiya bahaya dong kalo semua rasa tumplek blek ditulis, kudu pandai menyaring mana yang boleh jadi konsumsi publik, mana yang bukan #ceilaa



Sumpah eike blogger!
Makin ke sini, meski via penyaringan, aku juga nulisin pedih-pedihnya pengalaman aku di dunia kampus, di dunia kerja. Nggak sekedar pamer manisnya. Karena aku pun kalo bertandang ke blog temen, suka juga baca kisah sedihnya. Bukan seneng lihat orang sedih atau susah ya, melainkan pas kita lagi sedih, lagi didera rasa kurang syukur, terus nemu tulisan pedih namun tetap optimis itu kok ya jadi obat banget. Bikin semangat. Bikin mata kebuka. 

“Mbak Intan, aku langganan baca blogpost mbak Intan loh. Aku suka semangatnya mbak Intan. Inspiring.”

Duh, padahal perasaan yang ditulis keluh kesah (bumbu motivasi secuil) mulu. Tapi ternyata ada yang sampai langganan baca. #terharubiru

Baru-baru ini juga, seorang teman sesama penyiar radio pamer di PM BBMnya.


PM si Ucup
Setahun lalu, proses KKN yang aku jalani memang berat. Harus bolak balik lokasi KKN – radio, tentunya dilengkapi dengan bumbu adegan berantem sama temen 1 sekre yang sempat bikin down dan pengen mundur aja dari KKN. Hihiii.. lemah! Tau-tau KKN selesai juga. Tau-tau setahun kemudian, ada 1,2 yang bisa ngambil manfaat dari proses berat yang aku jalani. Untung semuanya aku tulis di blog. Siapapun bisa baca, kapan saja, di mana saja. Gratis!

Sebenarnya alasan dasar kenapa aku ngeblog adalah untuk mengabadikan kenangan. Kalau ada yang bisa memetik hikmah dari kenangan yang aku bekukan, itu adalah bonus.

Aku sependapat dengan yang dikatakan salah satu artikel di blog UC mengenai Sharing Tapi Terpaksa? “Sekarang udah bukan zamannya orang kayak kucing, ambil makanan trus sembunyi dipojokan biar tidak dilihat kucing lain. Hari ini, semua orang membagi apa yang dia rasakan, yang dia baca, dia lihat, dan paling utama, apa yang dia ketahui/pelajari.”

Yeps. Setuju. Lagipula menurutku nggak ada alasan untuk sharing dengan terpaksa. Nggak ada ruginya sharing, malah akan semakin bikin kita pandai merangkai kata dan ujung-ujungnya tawaran job review pun akan meningkat #tetephihiii! Engg, yang jelas, saat kita menebarkan kebaikan lewat tulisan, bersiaplah terkaget-keget menerima balasan jaaauuh lebih besar dan hebat dari apa yang telah kita bagikan. Nggak percaya? Coba dulu baru tau rasanya :p

Namun menurutku, ada juga sharing yang seharusnya kita batasi. Semisal, kita sedang menggarap novel, tidak semestinya setiap bagian cerita kita publish ke ranah maya jauh sebelum novel itu menjadi draft yang utuh dan dikirim ke penerbit. Yahh, barangkali ada pihak jahil yang ternyata mencuri ide, bahkan mencuri naskah yang ada di blog kita.

Pernah loh kejadian waktu awal-awal ngeblog, artikel blogku dicopas plek sama oknum jahat nan kurang kreatif. Tapi karena ku pikir itu tulisan masih awal banget, masih terlalu mentah, sok atuh ambil aja, copas aja. Paling resikonya adalah blog aku jadi kurang ramah di google. Ya sud lah, waktu itu juga belum mikirin masalah halaman pertama, kedua dan ketiga google. Semoga aja nggak kejadian lagi dah! Jangan sampai kapok sharing, karena kadang yang kita anggal remeh, eh ternyata penting buat orang lain. Sharing itu penting!


***

Ini tulisan aku tulis sebagai syarat mengikuti giveaway yang diadakan oleh UC dan kabarnya disuruh milih 2 dari sekian banyak hadiah yang disediakan. 

Daaannn, aku yang sempat galau (karena pengen semua hadiah hihii) memutuskan pilihan pada 2 hadiah cakep berikut.

1. UC III Infused Water Bottle

Dari kapan hari udah berniat banget ngikutin pola hidup sehat, nerapin food combining dan rajin minum infused water. Eehhh, eike belum punya botolnya dong. Kalau menang dan dapat ini, pasti bermanfaat banget. Tiap hari bisa bikin infused water yeeyy!

2. UC VI Kaos Bung Karno

Apakah aku anak pertanian? Bukan!

Atau pacar aku anak pertanian? Bukan juga.

Tapii..

Aku suka kaosnya yang lucuu.. berhubung si pacar juga doyan nge-kaos dan bentar lagi doi ulang tahun, boleh dong kaosnya buat aku aja. Kan mayan aku nggak usah beli kado lagi buat pacar #pacarpelit mhahahaaa

Jangan lupa menangin aku ya UC! #kedipkedip

You Might Also Like

7 komentar

  1. nama bajunya blogger nih mbak :D

    BalasHapus
  2. “Sekarang udah bukan zamannya orang kayak kucing, ambil makanan trus sembunyi dipojokan biar tidak dilihat kucing lain. Hari ini, semua orang membagi apa yang dia rasakan, yang dia baca, dia lihat, dan paling utama, apa yang dia ketahui/pelajari.”

    Setuju bangeeettt!!!
    Good luck GAnya yaa..semoga menang... ;)

    BalasHapus
  3. Setuju, sharing itu penting.
    Sukses ya buat GAnya... Semoga menang dan mendapatkan apa yang lagi di inginkan.

    BalasHapus
  4. mbak Ntan itu keren banget ih !! sukses terus ya mbak cantik, manis, pinter :)

    BalasHapus
  5. Sharing itu penting banget Mbak...biar hati kita plong ketika ada unek2 atau permasalahan yg mengganggu pikiran.. Coba kalau kita telan sendiri pastinya hati kita semakin gundah gulana.. Yang mesti diperhatikan adalah jangan sharing ke sembarang orang kalo lg ada masalah.. carilah teman yg benar2 bisa mencarikan solusi thd permasalahan kita...

    BalasHapus
  6. Setuju banget mbak
    Menulislah agar namamu terancam abadi

    BalasHapus
  7. blog emang kaya rumah, kita bisa cerita apa aja ke dunia:D

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan