Sponsored

Asyiknya Menabung Bersama Cermati

Kamis, September 17, 2015


“Ntan, udah nyaris 2 tahun kerja nih, udah punya tabungan berapa? Udah bisa beli apa aja?” 
 
Deg!

Pertanyaan model begitu rasanya horor banget. Ya gimana nggak, pusing jawabnya. Jangankan buat nabung atau buat beli sesuatu yang bernilai besar, buat bertahan hidup dari tanggal 1 hingga 30 (parahnya sih sampai 31) susahnya minta maaf ampun. Kadang ngutang sana sini. Jadi pas gajian, uangnya udah keburu dibobol buat bayar hutang. Hiks.

Nyoba ngikutin saran teman buat bikin perencanaan keuangan bulanan, plus mengurangi nominal jajan di luar. Masak sendiri pun dijabanin. Hitung-hitung latihan kalo someday dilamar si aa’ *uhuk. Tapi sedih, udah sehemat itu tetep aja uang yang bisa ditabung nggak banyak. Paling kenceng 200 ribu. Terus bulan depannya kalap make uang tabungan buat jajan baju lucu di online-shop. Habis deh. Lanjut begitu aja sampai akhirnya ga bisa punya tabungan dan ga bisa beli barang-barang mahal. 

Nggak mau lah dong begitu terus sampai tua. Nggak! Si adek nanti sekolahnya pake duit apa kalo calon mamanya ini ga pandai ngatur uang? Mau beli rumah dan mobil pakai apa dong kalo uang tabungan seratus dua ratus itu selalu berlabuh di online-shop?

Untunglah, aku ketemu situs keuangan yang ngasih solusi tepat : situs cermati.com. Website keuangan cermati ngasih banyak informasi keuangan. Mulai dari informasi seputar kartu kredit, pinjam meminjam hingga menyoal tabungan. Nah, aku baru tau loh kalo ternyata tabungan itu ada banyak jenisnya. Ada tabungan bisnis, tabungan anak, tabungan pensiun dan tabungan berjangka.





Wait! Apa itu tabungan berjangka?

Nah ternyata, kita bisa nabung dengan cara menyetorkan sejumlah uang yang jumlahnya tetap tiap bulan, selama periode yang sudah ditetapkan. Asyiknya, lamanya menabung dan jumlah dana yang rutin disetorkan bisa diatur sesuka hati, sesuai dengan yang ditawarkan pihak bank, pastinya. Setelah jatuh tempo, tabungan baru bisa diambil, tentunya dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa.

Misalnya gini, kalau aku mengikuti program tabungan berjangka di sebuah bank dan memilih jangka waktu dua tahun, dengan jumlah setoran Rp 200.000 per bulannya. Jadi setiap bulan, selama lima tahun, aku menyetorkan uang sebesar itu ke bank tersebut. Lima tahun berselang, aku bisa ngambil tabungan tsb dengan nominal yang lumayan : Rp 4.800.000. Wauu, tinggal nambah dikit lagi, udah bisa ngeDP perumnas kecil di pinggiran kota Bengkulu loh. Asyik!

Tapi permasalahan belum kelar kan, guys?

Bank kan banyak banget yak, gimana caranya buat nentuin bank mana yang paling tepat dengan kemampuan dan kebutuhan kita?

Tenang!

Situs keuangan cermati nggak ngasih bantuan setengah-setengah kok. Semua info mengenai tabungan berjangka di banyak bank terpampang jelas. Kita bisa ngebandingin masing-masing bank tersebut, lalu milih mana yang paling cocok sama kondisi keuangan kita. Nah, karena aku sedari dulu udah jadi nasabah BRI, kayaknya klop deh kalo ikutan Tabungan Berjangka BritAma Rencana.


Gimana? Ngebantu banget kan?

Udah, ga usah mikir lama, yuk lah barengan aku ngurus tabungan berjangka. Banyak bener manfaatnya. Terutama buat yang ga betah nyimpen receh kayak aku. Maunya dijajanin aja. Kalo ikut tabungan berjangka, kan mau ga mau ya harus nyetor. Ga apa awalnya kepaksa, lama-lama pasti kebiasa.

Selain itu, ini adalah bentuk investasi juga yess. Secara nggak sadar dan nggak berat nyetornya, kita bisa ngerencanain sendiri kapan mau ngeDP rumah atau mobil. Rutin aja nyetor, bersabar beberapa tahun, pastilah hunian dan kendaraan yang nyaman bukan lagi khayalan.

Ohya, terakhir nih, beberapa bank juga menyediakan hadiah loh buat nasabah peserta tabungan berjangka. Mayan kan, siapa tau aja ketiban payung cantik atau jam dinding cantik. Atau malah pihak banknya baik, hadiahnya berupa smartphone, kipas angin atau kulkas. Wah, itu mah LUMAYAN BANGET. Hihii! :D

You Might Also Like

1 komentar

  1. Akhirnya nemu anggota KK yang satu regional juga! Bengkulu! Setelah lumayan lama berlabuh di dunia blogging *apasih* akhirnya nemu juga Blogger Bengkulu! Tapi sedih juga, yang terdaftar baru dua orang :(

    Kalo aku sih alhamdulillah dari kecil udah diajarin buat ngatur keuangan. Karena kebiasaan dari kecil itulah, aku bisa mengatur keuangan. Hehehe. Kalo aku sih nabungnya di BCA. Di BRI juga ada. Sama seperti si mbak, aku kadang suka belanja di online shop. Tapi kembali lagi sama kebutuhan. Kalo bener-bener butuh, beli. Kalo belum butuh, ya ditabung aja dulu. Hehehe.

    Kunjungi balik ya mbak :))

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan