Tangerang dan Bekasi, Kawasan di Sekitar Jakarta yang Memikat Investor Properti

Senin, Maret 06, 2017




Dulu, para investor beramai-ramai ingin membeli properti di Jakarta, terutama daerah strategis yang merupakan pusat bisnis.  Hal tersebut tidak mengherankan, karena properti di kawasan bisnis senantiasa diincar oleh pemilik usaha yang ingin membuka kantor di sana. Otomatis, harganya cepat sekali melonjak tanpa menunggu lama.

Namun, kini usaha properti di Jakarta sudah mulai jenuh. Sebagian besar pengembang enggan membangun lagi perumahan dan gedung di Jakarta karena kondisi kota yang sudah sangat padat. Harga jual properti di sana juga telah mencapai puncak, sehingga agak sulit bila kamu sebagai investor mengidamkan pendapatan yang besar dari selisih harga  jual beli.

Karena kondisi yang demikian, akhirnya tren pembangunan mulai bergeser ke daerah-daerah di sekitar Jakarta. Harga properti di sana masih terbilang murah namun lokasinya prospektif, sehingga di masa depan nilainya pasti akan meningkat. Oleh karena itu, properti yang berlokasi di kawasan tersebut cocok untuk menjadi lading berinvestasi. Nah, berikut ini 2 kawasan di sekitar Jakarta yang bias menjadi objek investasi properti kamu.

·        Tangerang
Saat ini, banyak pemilik usaha yang mendirikan pabriknya di Tangerang, karena harga lahan yang masih murah. Selain itu, kini para pekerja juga lebih memilih untuk tinggal di luar Jakarta, karena keterbatasan tempat tinggal yang terjangkau. Apalagi akses transportasi umum menuju Jakarta sudah cukup baik, sehingga berangkat dari Tangerang ke Jakarta maupun sebaliknya tidaklah sulit.

Oleh karena itulah, Tangerang menjadi kawasan favorit bagi para pengembang untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Perumahan murah di Tangerang mulai bermunculan. Kawasan industri juga mulai terbentuk. Bahkan, bisnisproperti di Kota Tangerang Selatan sudah berkembang sangat pesat dan harga jualnya sudah mencapai Rp10.000.000,00 hingga Rp15.000.000,00 per m2.

Nah, kamu yang berminat untuk investasi sebaiknya pilih properti yang berlokasi di Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, karena harganya masih terjangkau bila dibandingkan dengan properti di Tangerang Selatan. Pengembang pun mulai melirik kedua kawasan ini untuk membangun perumahan kelas menengah-bawah dan ruko.


Di Kabupaten Tangerang, pengembang-pengembang besar seperti Ciputra, Alam Sutera, dan Summarecon mengincar kawasan Pasarkemis dan Cikupa untuk membangun perumahan baru di sana. Sedangkan di Kota Tangerang, perumahan-perumahan baru bermunculan di daerah Cipondoh dan Tanah Tinggi.

·        Bekasi
Bekasi juga merupakan salah satu kota yang menjadi incaran investor properti. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh pembangunan infrastruktur yang pesat di kota tersebut. Berikut ini beberapa fasilitas yang dibangun di Bekasi.

ü  Pembangunan jalan tol Jakarta-Cikampek pada tahun 1987
Jalan tol inilah yang membuat jarak antara Bekasi dan Jakarta semakin dekat. Karena jarak yang memendek tersebut, masyarakat Jakarta mulai tertarik untuk memindahkan usahanya ke Bekasi atau memilih tinggal di sana.

Peluang tersebut segera ditangkap oleh pengembang-pengembang besar. Mereka berbondong-bondong datang ke Bekasi dan membangun kawasan industri serta perumahan yang menyerupai kota mandiri.Bahkan, tidak hanya pengembang nasional yang tertarik dengan potensi properti di Bekasi, tetapi juga investor asing seperti Jepang dan Korea Selatan.

ü  Jalur kereta api double track
Selain jalan tol, Bekasi dan Jakarta juga terhubung lewat jalur kereta api Cikarang-Manggarai. Jalur yang dibuat berganda ini akan mempercepat mobilisasi masyarakat danmemperlancar pengiriman barang dari Jakarta menuju Bekasi maupun sebaliknya.

ü  Pelabuhan laut dalam Cilamaya
Pelabuhan Cilamaya saat ini masih dalam tahap perencanaan pembangunan. Pelabuhan ini kelak akan menjadi perluasan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Berkat pembangunan infrastruktur tersebut, Bekasi menjadi daerah yang terbilang strategis. Tidak heran jika kawasan industri di sana semakin berkembang, karena adanya kemudahan akses dan transportasi. Tujuh kawasan industri yang terdapat di Bekasi adalah berikut ini.

ü  Delta Silicon Industrial Park
ü  Bekasi International Industrial Estate (BIIE)
ü  Greenland Industrial Park
ü  MM2100
ü  Jakarta Industrial Park (EJIP)
ü  Kota Jababeka
ü  Hyundai Industrial Park
Ketujuh kawasan industri tersebut berlokasi di Cikarang dan telah berstandar internasional.

Selain pembangunan kawasan industri, pusat pendidikan, kesehatan, dan mal juga ikut dikembangkan di Bekasi. Salah satu tempat pendidikan terbaik di Bekasi adalah President University. Universitas yang berdiri sejak tahun 2000 tersebut merupakan wujud kerja sama antara Jababeka dengan Nanyang Technological University dari Singapura. Ada juga pusat kesehatan yang dinamakan Medical City. Pusat kesehatan bertaraf internasional ini memang didirikan agar warga Bekasi dan sekitarnya tidak perlu lagi ke luar negeri untuk melakukan pengobatan medis. Selain itu, pengembang juga berencana untuk membangun pusat perbelanjaan mewah di Bekasi yang setara dengan mal-mal besar di Jakarta.


Itu tadi dua kawasan di sekitar Jakarta yang menarik bagi para investor properti. Kesimpulannya, kedua kawasan tersebut berhasil menjadi primadona karena letaknya tidak jauh dari Jakarta, yang merupakan pusat bisnis dan perekonomian. Pembangunan berbagai infrastruktur, seperti jalan tol dan jalur kereta menjadikan jarak antara kedua kota menjadi tidak berarti. Masyarakat bisa memilih untuk tinggal di Bekasi atau Tangerang, sementara tempat mereka bekerja ada di Jakarta. Pengusaha pun juga bisa membangun pabrik di kedua daerah tersebut, namun tetap bisa mendistribusikan ke Jakarta dengan mudah.

Tidak heran kan, jika Tangerang dan Bekasi merupakan kawasan yang sangat prospektif untuk berinvestasi? Sebaiknya, kamu segera menanamkan modal kamu dengan membeli properti di sana sebelum harga pasarnya semakin meningkat.









You Might Also Like

2 komentar

  1. Review yang sangat bagus!! Saya suka! Salam Blogging.

    BalasHapus
  2. Bekasi memang tempatnya ya. Dimana2 pabrik :)

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan