Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tahan Lama

Kamis, April 13, 2017


Sebagian orang yang memiliki mesin cuci mempunyai kebiasaan buruk saat mencuci baju. Tak heran bila umur mesin cuci lebih cepat rusak dari pada yang diharapkan. Kalau sudah rusak bukan hanya mengeluarkan dana lebih untuk membetulkannya, tapi kamu juga akan membutuhkan waktu lebih untuk mencuci pakaian secara manual sampai mesin cuci bisa digunakan kembali. Beda halnya jika mesin cuci yang kamu gunakan sudah tidak bisa diselamatkan, tentu hal ini bisa membuat kepala pusing lantaran harus mengeluarkan budget yang besar untuk membeli mesin cuci yang baru.

Nah, supaya terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya mulai saat ini rawat dan jaga mesin cuci yang kamu miliki. Caranya sederhana dengan mengikuti beberapa tips dibawah ini.




Jangan Memasukan Terlalu Banyak Baju

Saking ingin mencuci baju, pernahkah kamu memasukan terlalu banyak baju kedalam mesin cuci? Jika ya, mulai saat ini kebiasaan ini dihilangkan. Memasukan terlalu banyak baju kedalam mesin cuci bisa berakibat fatal. Baju yang kamu cuci justru tidak bersih akibat kotoran pada pakaian terjebak dan membuat pakaian tidak bersih. Belum lagi penggunaan air yang terlalu banyak dapat menyebabkan mesin cuci rusak akibat kelebihan muatan.



Hindari Penggunaan Detergen Terlalu Banyak

Meski kelihatanya dapat membuat pakaian jadi lebih bersih dan wangi, menggunakan detergen terlalu banyak juga dapat berakibat buruk pada mesin cuci. Penggunaan banyak detergen bisa menurunkan kemampuan mesin cuci dalam membersihkan pakaian. Sebaiknya gunakan takaran dan petunjuk kemasan pada detergen agar tidak membuat dampak buruk pada mesin cuci yang kamu miliki saat ini.

Bersihkan Filter

Supaya mesih cuci lebih awet dan hasil cucian selalu bersih. Bersihkan filter yang terdapat dalam tabung medin cuci. Pembersihkan filter harus dilakukan dua hari sekali. Filter yang bersihg dapat menjaga tabung mesin cuci bebas dari kotoran sehingga kinerja mesin akan jauh lebih efektif untuk menyaring kotoran pada pakaian.

Menggunakan Setting Sama Setiap Jenis Pakaian

Setiap pakaian mempunyai setting atau pengaturan waktu mencuci yang berbeda-beda. Sebaiknya atur waktu pencucian dengan menyesuaikan jenis baju yang akan dicuci sehingga mesin cuci akan tetap optimal dan tahan lama.



Itulah beberapa tips sederhana merawat mesin cuci supaya lebih awet dan tahan lama. Dengan merawatnya tentu kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk membetulkan atau membeli mesin cuci yang baru. Tapi jika mesin cuci sudah tidak memungkinkan untuk dipakai, kamu bisa cari yang baru di MatahariMall loh!

You Might Also Like

4 komentar

  1. Alhamdulilah mesin cuci 1 tabungku uda 5 tahun menemani cuman rusak kabelnya gegara digigitin tikus hahahaha

    BalasHapus
  2. Dari dulu sebenarnya pengen banget beliin orang tua mesin cuci.. Tapi karena uang belum ada jadi harus ditunda dulu... Moga2 aja nanti ada uang lebih untuk belinya dan bisa menerapkan tips dari mbak intan diatas.

    BalasHapus
  3. Mantap tipsnya..sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. mbak udah 3 tahun nih mesin cuci
    baru2 ini rusak karena karet penahan air nya jebol
    tapi tetep bisa dipake sih,
    kayaknya waktu nyuci sering kebanyakan masukin baju hehhe

    BalasHapus

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^

Fanspage Intan

Update via Email



Blogger Bengkulu

KEB

Warung Blogger

Warung Blogger

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan