5 Kesalahan saat Diet yang Sering Banget Kamu Lakukan, Tapi tidak Disadari


Melakukan program diet tidak mudah dan tidak gampang juga, karena kamu juga harus lebih teliti lagi terutama faktor-faktor yang tidak kamu sadari. Karena ingin memiliki bentuk tubuh ideal atau menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat justru bisa berdampak melakukan kesalahan yang tidak disadari dan berakhir pada kegagalan. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa kesalahan saat diet yang mungkin pernah kamu lakukan namun tidak kamu sadari.


Tidak Sabar

Menjalankan program diet harus dengan sabar karena itu merupakan kunci utama keberhasilan. Tidak ada cara menurunkan berat badan dengan hasil yang instan. Nikmati proses yang ada dengan fokus pada usaha yang kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Jadi ingat ya guys kamu harus tetap sabar.

Terlalu Banyak Aturan

Diet tentunya memiliki aturan-aturan khusus yang harus kamu lakukan, seperti tidak mengonsumsi makanan berlemak, mengurangi garam dan lain sebagainya. Ada baiknya kamu tidak menambahkan aturan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat. Banyaknya aturan akan membuat kamu menjadi malas untuk diet dan mengakibatkan diet yang dilakukan menjadi gagal.

Mengurangi Nutrisi Tubuh

Banyak tipe diet tertentu yang mengharuskan kamu untuk menghilangkan atau tidak mengonsumsi makanan tertentu seperti susu, produk olahan susu atau karbohidrat. Hal ini sama sekali tidak benar karena tubuh setiap orang membutuhkan nutrisi yang berbeda dan tindakan tersebut bisa menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi. Baiknya kamu tetap mengonsumsinya tetapi dengan jumlah yang tidak  berlebihan.

Target yang Tidak Realistis

Banyak orang yang ingin menghilangkan berat badan dengan jumlah yang tidak realistis dalam waktu singkat. Ketika target ini tidak tercapai, mereka jadi kecewa dan akhirnya malas untuk berdiet. Belum lagi, ada dampak buruk bagi kesehatan yang ditimbulkan. Alhasil, akan muncul akibat buruk yang bisa menghilangkan semangat untuk berdiet.

Tidak Makan Lemak Sama Sekali

Melakukan program diet memang bertujuan untuk mengurangi lemak berlebih pada tubuh, tapi bukan berarti kamu tidak memakan lemak sama sekali saat diet. Padahal lemak sehat tetaplah dibutuhkan tubuh. Sehingga jika kamu tidak makan lemak, sistem tubuh jadi kacau dan membuat diet jadi tak maksimal.

Meninggalkan Waktu Sarapan

Kesalahan yang sering dilakukan oleh para pelaku diet adalah meninggalkan momen sarapan, alasannya agar berat badan cepat turun. Anggapan ini tentu saja salah besar karena dengan meninggalkan sarapan justru akan menyebabkan rasa lapar yang amat sangat ketika menjelang waktu makan siang, sehingga memicu otak untuk mengonsumsi makanan dengan porsi tidak wajar. Sebaiknya tetap lakukan sarapan meskipun hanya sedikit sehingga kamu bisa terhindar dari godaan makan yang berlebihan.

Sarapan pagi dapat menambah energi untuk menunjang berbagai aktivitas, sehingga kamu tidak mudah sakit dan lelah ketika beraktivitas. Bila perlu santaplah menu sarapan bergizi agar dietmu semakin optimal yakni dengan mengonsumsi buah dan sayur secukupnya.


Bagaimana, Apakah ada hal-hal diatas yang pernah kamu lakukan ketika menjalani diet? Cobalah perbaiki dari sekarang agar dietmu bisa mencapai target sesuai keinginan. Berbagai kesalahan diatas umumnya terjadi karena kurangnya kedisiplinan serta terlalu memaksa diri sehingga program diet yang kamu jalani mudah sekali gagal di tengah jalan. Diet bukan sekedar mengurangi porsi makan melainkan menjaga pola makan diet sehat yang tepat sehingga  asupan gizi tetap seimbang. Yuk, benahi program dietmu sekarang!

13 comments

  1. Sekarang pun saya diet dengan snatai aja. Kalau terlalu ditunggu hasilnya malah stress. Akhirnya jadi malah pengen makan melulu :D

    ReplyDelete
  2. Bener, kalo diet musti sabar, tetep penuhi nutrisi bagi tubuh dan target harus realistis, jangan diet sehari pengen turun 2kg, kalo itu saya juga mau,wahahahaha

    ReplyDelete
  3. hmmm,,, ternyata saya salah sering ga sarapan ya...
    pantes perut ga mundur-mundur hahaha

    ReplyDelete
  4. hahhahahhaha

    hahahaa

    hahhahahahhahahhahaa

    mbak tau ni tan, ini pasti "based on pengelaman pribadi" :D

    udah....ngaku aja

    ReplyDelete
  5. Terdengar suara jleb ke perut, hehe. Ini dia mbak orangnya yang sering bikin plan diet tapi berkhianat wkwk

    ReplyDelete
  6. kalo diet target harus realistis ya kak, bertahap... turunin dikit-dikit dulu tapi continue sampai berada di angka yang proposional... anyway, aku gak pernah diet.. hehehehe

    ReplyDelete
  7. Nambah pengetahuan, btw kalo sekarang belum berlaku kata diet buat tubuh saya yang awet kurusnya,,,

    ReplyDelete
  8. Aku diet gagal melulu dan setelah baca ini baru sadar trnyata emang caranya salah hahaha

    ReplyDelete
  9. Diet yg baik sebenarnya ada pada mainsett seseorang,

    ReplyDelete
  10. Mau diet juga tapi abis kelar nyusui nih.. Kalo mbak biasanya diet ngurangi porsi makan aja si ntan terutama karbo, banyakin ke buah, trus jg hrus olahraga biar hasil dietnya bagus ga gelambir2 gtu wkakK

    ReplyDelete
  11. Diet??? *Tahan napas
    Aku mau ngecilin perut aja tapi malas olahraga 😆

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^