Resep Mudah Brownies Kukus Blender



Sebenarnya setelah praktik bikin brownies Oreo di awal tahun lalu, aku agak malas bebikinan lagi. Soalnya gini, udah capek-capek beli bahan (which is waktu itu jajannya di Hypermart BIM & antri panjaaaang banget karena jelang tahun baru), udah lelah ngeblender si Oreo sampai halus (blender di rumah tuh tipikal blender tua yang cuma punya tombol on off), terus endingnya aku males makan kuenya. Ahahaa. Ibu ngomel dong.

“Kalo gak dimakan, gak usah dibikin. Masa ibu yang harus ngabisin semuanya?”


Hehe ya habis piye, ternyata browniesnya itu tipikal yang cuma enak dimakan beberapa potong doang, terus bikin eneg. Padahal udah aku akalin di topingnya. Aku kasih potongan stroberi segar. Ya ujung-ujungnya topingnya abis dipretelin, kuenya masih nyisa. Jadi rehat dulu masak-masak kue, kalo gak mau diomelin ibu lagi. Wkwk. Mau masak di rumah Unib Belakang, ku tak mau. Males banget sama air sumurnya yang butek. Cuma bisa dipake buat mandi doang (itu pun harus dikuras minimal sejam, biar airnya bisa dipake huhu drama beli Perumnas). Kalo harus cuci-cuci bekas masak-masak, iyuuh malas. Nanti aja tunggu PAM udah masuk, baru masak di rumah. Sekarang ngungsi dulu masak-masak & nyuci-nyuci rumah bapak ibu.

Tiba-tiba banget nih si ibu ngajakin aku masak brownies pas aku pulang ke rumah kali ini. Katanya resepnya gampil, bahan-bahannya pun sudah ada semua di dapur, tinggal dieksekusi. Yaudah sih hayuk. Lagian waktu itu aku juga lagi puasa (Bukan puasa senin kamis, tapi puasa ganti pas Ramadhan kemarin itu loh. Baru sadar kalo 40 hari lagi bakal masuk bulan Ramadhan. Hiks), jadi tak pikir okelah mamam brownies buat buka puasa.

Oh iya, mau cerita dikit nih, kalo sekarang ibu bapak udah punya cara baru buat ngenyek.

Ibu : Eh, anak gadis pulang. Sendirian aja?

Bapak : Tadi kayaknya denger suara cowok deh. Suruh masuk dong temennya.


Terus mereka berdua ngakak.


Terus Intan sebel. Boleh putar arah, balik Bengkulu lagi gak?

Hmmm halu! 


Btw, balik lagi ke brownies blender yang katanya gampil banget dibikin itu ya gaes. Aku kasih tahu bahan-bahannya dulu yak.


Telur ayam = 4 butir
Gula pasir = 1 gelas belimbing
Tepung terigu = 2 gelas beimbing
Minyak goreng = 1 gelas belimbing
Cokelat bubuk = setengah gelas belimbing
Susu kental manis = 5 sendok makan
Ovalet = 1 sendok makan
Baking powder = 1 sendok makan
Vanili = 1 sendok teh

Bahan-bahannya udah siap? Terus diapain lagi?

Masukin semuanya ke blender. Tanpa terkecuali.

Udah? Sip.

Blender deh tuh sekitar 3 menit. Kalo udah beres, adonan yang udah nyampur itu masukin ke loyang yang udah diolesin sama margarin/minyak goring. Kukus selama 30 menit. Cek ricek kalo udah mateng, taburin meises ato toping lain sesukamu.


Rasanya? Enyak ternyata. Lembut, manisnya sih pas, gak bikin eneg, cocok buat cemilan ringan sore-sore, disandingin sama teh hangat. Yumeeeh!

Next time bikin lagi gak?

Bikin dong. Soalnya ini gampil banget. Cemplungin semua bahan terus blender. Gak pake tahapan-tahapan yang bikin pala Dek Ntan pusing.

Dan habis masak-masak brownies ditutup dengan pesan ibu.

1. Dek Ntan kan hitungannya baru belajar masak kue, walo udah bisa bikin brownies dengan cara lain sejak zaman SMA sih, kuncinya adalah.. cari resep yang gampil, yang tahapannya tuh sesimple mungkin, bahannya gak ribet & rasanya (kemungkinan besar) enak. Stop nyobain resep yang aneh-aneh apalagi harga bahan-bahannya lumayan mahal.

2. Berhubung rasa kuenya lumayan banget, ibu nyaranin Dek Ntan ngeWA si bebeb gebetan buat nawarin brownies.

Hmmmm!


Saran pertama bisa diterima dengan mudah, tapi saran kedua bentaran dulu deh, ngumpulin keberanian. Iya tahu.. kalo katanya kebanyakan cowok suka luluh sama makanan enak, tapi kalo momennya gak pas, yakali tiba-tiba nawarin brownies. Semacam aneh & ku canggung. Terus pas update insta story, diledekin pula sama temen kantor, why oh why loyang kuenya harus bentuk lope lope? Apa emang ditujukan buat nyepik seseorang? Sebenernya gak woy! Cuma kebetulan Loyang yang ini aja yang pas sama si kukusan. Lagian di rumah bentuk loyangnya ya standar, ada yang persegi, persegi panjang, bulet, sama lope lope. Kebetulan itu sih yang pas. Gak niat ngode. Tapi kalo ada yang menangkap itu sebagai kode, ya Alhamdulillah *eh gimana sih? :D

Btw, teman-teman punya resep kue apa yang gampil dibikin sama pemula kek aku ini? Share di kolom komentar yak.

19 comments

  1. Dan siapakah si bebeb gebetan???? Hehheeee....kok mbak lebih penasaran dengan siapakah si gebetan tan daripada rasa kuenya :D

    ReplyDelete
  2. Wah bikinnya gampang, jadinya cantik ya, berkat loyangnya padahal cuma meses aja. Aih mbak, netijen jaman now emang sering kayak gitu. Kita yang bingung mau balas apa

    ReplyDelete
  3. Wah, gampang banget bikin brownies tinggal pakai blender. AKu mau nyoba juga ah, hihi.

    ReplyDelete
  4. Tapi yang ini rasanya pasti gak enek kayak brownies oreo yaa. Hihi, pingin praktik sendiri jadinya.

    ReplyDelete
  5. Makasih ya udah ngasih tips bikin kue yang praktis gini, hihi. Jadi enak kalau pingin nyemil, bikin kuenya mudah.

    ReplyDelete
  6. Hmmm, anak-anak, apalagi diajak membuat bareng, pasti suka iniii....

    ReplyDelete
  7. Pengen nyoba mbak gmna rasanya bikin brownis blender inu. Heee

    ReplyDelete
  8. Intan ni calon istri dan bunda idaman... Pinter masak 😄😄😄

    ReplyDelete
  9. Iya juga yaa, selama ini koq gak kepikiran, blender kan konspe dasarnya juga bisa buat mixing ckckckckck. Ga apa-apa itu kalo mau ngasih brownies nya ke si dia koq, respon dia nerima kue nya nanti bisa kita jadiin buat salah satu patokan sifat dia, bijak ga sih, penyayang ga sih, positif ke kita ga sih.

    ReplyDelete
  10. Gegara baca tulisan ini, aku jadi mau nyobain deh dek, hehe

    ReplyDelete
  11. Jd pengen nyobain, alias nyicip. Wahaha

    ReplyDelete
  12. Kak Intan nih emang istriable deh kwkwk.. pengen coba buat juga deh kak wkkwk

    ReplyDelete
  13. Lah resepnya gampil banget ntan. Bisa langsung dieksekusi nih.

    ReplyDelete
  14. Selama ini kalau makan brownies taunya beli hahaah. Abis ini mau coba ah. Pas pula udah mau bulan puasa, kan bisa untuk berbuka nantinya

    ReplyDelete
  15. Gampil ya, hahaha. Cuma kapan mau bikinnya nih

    ReplyDelete
  16. Segampang apa pun tapi tetap saat ini belum waktu yang tepat buat masak memasak kueh, bahaha

    ReplyDelete
  17. Nah, suka kali aku komen mbak pita oranye..soalnya sama dgn yg dalam pikiranku. Hahaha

    ReplyDelete
  18. Wahhh mudah banget tinggal blender
    Lain waktu mau cobaaa ah

    ReplyDelete
  19. pengen nyobain ih. nyoba ngode juga, hlo. :D

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^