Pengalaman Bikin Dress di Ellno Design Bengkulu



Lagi musim nikah banget nih, gaes. Bayangkan, dalam waktu yang berdekatan, 3 sahabat dekatku menikah. Yang satu sahabat segenk pas SMA, satunya sahabat segenk pas kuliah & satunya sahabat segenk zaman tugas di Bintuhan. Dek Ntan emang gak bisa lepas dari genk gonk. Bukan berarti gak mau temenan sama semua orang, tapi kalo punya beberapa orang sahabat dekat itu rasanya lebih enak aja sih. Lebih nyaman. Kalo punya musuh, ada yang belain (apa inih?!). Udah kebiasaan dari SD. Wkwk. Walaupun pada akhirnya ada genk yang abadi seiring usia yang bertambah, ada juga yang sekedar jadi nostalgia saja. Balik lagi soal nyambung, nyaman & cara ngerawat persahabatannya aja sih. Karena sama kayak jenis hubungan lainnya, persahabatan juga butuh dirawat, butuh diusahakan biar tetap langgeng.



Btw, karena musim nikah ini juga, aku berasa kayak wedding marathon. Balik ke Lubuk Durian menghadiri weddingnya Memei Tika, cus ke Mukomuko nemuin si Memei Puji yang tengah berbahagia dan bentar lagi harus ke Bintuhan, temen seperjuangan baper-baperan, si Asri akhirnya menikah dengan ayank beb yang sudah dikenalnya kurang lebih 7 tahun. 7 tahun yang kemudian berujung di pelaminan ciee.

Btw, dari Bengkulu ke Mukomuko = 6 jam. Dari Bengkulu ke Bintuhan = 6 jam. Okefix. Demi kelen, apa sih yang tidak?


Kalo sahabat dekat yang menikah, tentunya gak bisa lepas dari seragam-seragaman bridesmaid. Seneng karena pas foto, hasilnya jadi gemay. Tapi ikutan deg-degan nyari tempat jahit yang cocok sama budget & estimasi waktu pembuatan. Aku kan dapat 2 bahan seragam dalam waktu deketan, yang satu makenya awal Mei, yang satu dipake tanggal 21 April kemarin. Yang buat dipake Mei, aman banget. Ada tukang jahit di Pasar Minggu yang menyanggupi menyelesaikan si dress itu sebelum tanggal 28 April. Bahan yang satunya? Gadak yang mau nerima karena waktunya mepet, cuma 2 minggu saja. Udah muter-muter cari tempat jahit, hasilnya ya tetep begitu. Gak bisa mepet-mepet shay. Kalo mau jahit baju, apalagi modelnya ribet, ya minimal 3 minggu lah pembuatannya. *Krayy!

Tapi ya udah mau gimana, akhirnya aku ngabarin Memei, minta maaf lahir batin kalo nanti pas pestanya dia aku gak pake dress dari bahan yang dia kasih, gadak penjahit yang bisa ngerjain cepet loh. Tapi aku janji bakal pake dress lain yang warnanya merah cabe juga biar tetap gemay pas pefotoan. Memei say ..

“POKOKNYA DATANG BEB. ASAL KAMU DATANG & PAKE BAJU AJA AKU UDAH SENENG BANGET.”



Yaudah sih. Akhirnya pesen dress online di salah satu olshop yang pernah diendorse sama artis terkenal. FYI, aku udah pernah jajan dress di situ. Harganya 300 ribuan. Modelnya lumayan luculah. Apalagi LDnya ukuran badan aku banget. Kisaran 96-98 cm gitu. Paling yang jadi kendala ya cuma masalah panjang dressnya. Kudu dipotong tuh pasti. Tapi potong memotong mah gak sampe sehari juga selesai.

Beberapa hari kemudian si dress merah cabe nyampe …

TAPI KEGEDEAN. TAPI KEPANJANGAN. TAPI NDAK CANTIK KAYAK DI FOTO.

Kecewa iya. Males iya. Ngomel-ngomel sendiri iya. Dan bingung, ini dress kalo udah dipermak ngepas badan, apa bisa oke ya?

Di tengah kegalauan itu aku nyoba berpositif thingking. Yaudah sih coba kecilin & potong aja dulu, kali aja masih kelihatan mayan pas dipake. Di hari selasa yang melelahkan dan panas luar biasa abis dinas subuh ampe siang, aku maksain diri buat keluar rumah dibanding nerusin gelosoran di Kasur tanpa henti. Pengen ke Kampung Bali atau Pasar Minggu buat ngecilin si dress gombrong. Huft.

Baru keluar gang, perhatian Dek Ntan tertuju pada ruko yang kayaknya baru dihuni. Ada spanduk yang menegaskan kalo itu tempat jahit, sewa dress, kebaya, dll. Ragu-ragu antara pengen mampir ato terus lanjut ke Pasar minggu, aku akhirnya nyoba peruntungan. Mampir dulu deh. Siapa tau jodoh.

“Ayuk, Ayuk bisa kecilin baju?”

Aku melongok ke dalam ruko, jelas banget kalo tempatnya masih baru. Masih sedikit berantakan & baju-baju hasil jahitannya masih sedikit, tapi cantik. Apalagi yang dipakein di patung. Gemaay!

Ternyata yang punya ruko masih muda (Anak 94, gaess. Lalu kenapa pula tadi manggil ayuk, hah?). Dia ramah sekali nyuruh Dek Ntan masuk, ngobrol-ngobrol, ngetawain si dress gombrong bareng-bareng, lalu si ayuk yang ternyata namanya Septi itu menyanggupi untuk ngepermak dress merah cabe secepat mungkin. Kamis kelar deh. Karena Jumat, dressnya mau aku bawa ke Mukomuko. Sekali lagi aku nyoba peruntungan. Iseng-iseng doang sebenernya. Siapa tau berhadiah.

“Sep, sebenernya aku punya bahan yang belum diambil nih. Mau gak bikinin aku dress seragaman? Modelnya simple aja. Yang kira-kira kamu bisa cepet bikinnya. Kalo kamu mau, aku ambil dulu bahan bajunya di Pasar Minggu.”

Coba ngana pikir, SELASA SORE NGASIH BAHAN, JUMAT SIANG DRESSNYA MAU DIAMBIL. Kira-kira Intan sehat gak?

Sehat. Karena buktinya Septi mau bikinin. Yaay! Nego-nego harga & dia ngasih harga Rp 150.000,- saja untuk dress dadakan itu. Uwaw. Rasanya pengen tak ambil lagi bahan dress satu lagi yang udah sama penjahit lain loh, soalnya harganya dua kali lipat. Huhu. Tapi ya sudahlah. Wong tempatnya Septi juga emang baru banget buka. Baru 1,5 bulan promosi di dumay & sekitaran 5 hari buka ketika aku nemuin tempat itu.

Aku pun ngambil bahan, nyerahin ke Septi, lalu menunggu dengan deg-degan.

Dan hasilnya ..



Sukak! Nyaman sekali dipake. Jadi walo pake dress, selama di pesta Memei kemarin tu, bebas aja gerak sana sini, foto pecicilan, ambil mamaman. Bahagia. Kalo soal modelnya sih emang aku minta yang simple aja. Daripada nggak selesai loh mamen. Ini aja udah Alhamdulillah ada yang mau nerima orderan dadakan, masuk Selasa, Jumat diambil. Maaci Sep!


Bikin baju sama Septi lagi gak?

Iyaaa! Aku punya beberapa bahan batik yang nganggur-nganggur bego aja di lemari, nanti mau coba bikin baju batik model-model gemes buat dipake ke kantor tiap kamis. Mau bikin dress lagi juga karena wedding marathon masih jauh dari kata usai. Sabar. Nanti ada masanya mikirin gaun pengantin. Hehe. Bikin dress lebaran sekalian gak nih? Maklum, anaknya masih trauma dulu nih buat beli dress online, nanti kalo dapet yang gombrong lagi kan syedih.

Yang mau bikin-bikin baju, dress ato kebaya sama Septi bisa cuss ke Unib Belakang yay. Tempatnya deket banget sama rumah Dek Ntan, sepelemparan batu doang. :D


Ellno Design by Septika Rizki Mawarni           
Instagram : @ellnodesign
WA : 0852-2536-2758

13 comments

  1. Boleh juga jadi referensi biar bisa cakep kayak intan, bajunya looh

    ReplyDelete
  2. cie..........yang kondangan terus hahahaa...
    Memang ada masanya disaat kita terus-terusan dapat undangan :D

    ReplyDelete
  3. Aduh kalau beli online banyak musibahnya ya kak. Aku pernah beli online juga dan ternyata kekecilan! Untung ada yang mau beli pas aku jual lagi. Kapok deh online enak cari di Bengkulu aja

    ReplyDelete
  4. Murah kak cuma 150rb, waktu itu aku buat baju 200rb. hasilnya gk memuaskan juga. cz jahitnya gk rapi.

    ReplyDelete
  5. Hehe... iya keren bajunya, pas bgt dipake sama Mbk... 😊

    ReplyDelete
  6. Intan, kamu beruntung banget baju yang banyak dijual di sana banyak yang pas, mentok motong panjang doang yang ga sampe seminggu eh sehari juga kelar.

    Beda sama aku. Huhu.

    Untungnya sih aku kenal jahitan sejak kecil ya. Jadi seringnya permak lebar badan. Nambah sekeng di kanan kiri.

    Aku juga punya pengalaman baju dalman kebaya buat lamaran kebesaran. Jadi aku jahit sendiri. Manik-manik kebaya juga pasang sendiri. Hihi...

    Tapi ya sebatas itu aja. Bikin dari nol belum bisa :D

    ReplyDelete
  7. Kece. boleh lah nanti jadi rekomendasi. wuhuuu

    ReplyDelete
  8. Ini di medan baru ntan? Mau coba ah jahit ke sana ntar

    ReplyDelete
  9. Iya banget, aku terakhir jahit kebaya aja sampe sebulan masa. Dan pas jadi, ga sesuai sama keinginanku. Kesel banget rasanya.

    ReplyDelete
  10. Murah banget bikin dress 150! Dek Ntan juga jadi makin cakep makenya.

    ReplyDelete
  11. Uhuuuy kondangan terus, mbak intan kapan ngondangin *eh haha
    Btw bajunya simple, gak norak tapi tetap cantik banget ya mbak..

    ReplyDelete
  12. Cakep nih dress nya.. Kalo mba memang sring beli jadi sih tan, soalnya ga sabar nunggu kalo jahit hehe
    Tapi pas tw ini buat dressny murah dan cepat jd pengen juga

    ReplyDelete
  13. Request baju sekali seumur hidup udah ada belum buk??? :D

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^