Menikmati Pesona Budaya di Festival Buleleng 2018



Kalau bicara tentang Bali, memang tidak ada habis-habisnya. Selalu ada keindahan yang bisa dinikmati ketika kita berkunjung ke Bali. Termasuk juga kalau berbicara tentang bagian utara Bali yang punya magnet kuat untuk dilestarikan dan diperkenalkan pada banyak orang. Dengan menyatukan aspek pendidikan, sosial & lingkungan, hadirlah Festival Buleleng yang menarik minat banyak wisatawan untuk berkunjung ke kawasan utara Bali.

Menikmati Pesona Budaya di Festival Buleleng 2018
Source : Genpi

Festival Buleleng atau yang kerap dikenal dengan Bulfest pada tahun 2018 ini diselenggarakan pada tanggal 2 hingga 6 Agustus lalu di Singaraja, Bali. Warna warni semaraknya acara masih terasa & bikin gagal move on. Oh iya, pada festival kemarin ada banyak pameran yang dihadirkan, juga ada launching buku. Wow, sounds great!


Btw,  Bulfest ini memanfaatkan situs kota sebagai lokasi penyelenggaraan acara. Sebut saja Puri Kanginan, Sasana Budaya, Jembatan Tua Pelabuhan & masih banyak lagi. Semua tempat itu punya kekuatan sejarah & budaya yang menakjubkan. Bayangkan ketika sejarah dipadukan dengan something yang kekinian. Berinovasi. Misalnya saja di segmen kuliner, yang bukan hanya menonjolkan cita rasa masakan tradisional, namun juga diperbaharui dengan unsur selera mancanegara.

Tahun 2018 ini Festival Buleleng sudah memasuki tahun ke-6. Penyelenggaraannya tentu semakin matang. Dengan mengambil tema “The Spirit of Pluralism” alias semangat kebersamaan, Bulfest menawarkan perpaduan pertunjukan seni tradisional & modern yang dibagi menjadi beberapa zona – zona A, B & C. Ada yang menjadi lokasi kuliner, pameran hasil pertanian, dll. Sebelum memasuki zona-zona itu, pengunjung bisa menikmati indahnya tarian Purwaka Santi yang dibawakan oleh 33 penari. Ribuan penonton terhipnotis! Belum lagi ketika tari-tarian lain juga muncul. Ada tarian kreasi Rang-Rang yang menggabungkan seni tari dan seni bela diri. Daebak!

Terus nih, di Bulfest 2018 juga dimeriahkan oleh penyanyi kesayangan mostly ABG 90an cieee. Siapa lagi kalo bukan D’Masiv yang pernah sebegitu jaya di hati kita-kita dengan singlenya yang bikin baper pagi siang sore. Huhu. Makin seimbang karena ada yangmengimbangi, yaitu penampilan dari SID yuhuuu. What a balance qhan!

Bulfest 2018 memang sudah masuk kalender of event Kemenpar, tentu penggarapannya tidak main-main. Rencananya kelak Bulfest akan didampingi oleh Lovina Festival agar penyelenggaraannya semakin ciamik.

Omog-omong tentang Buleleng, Buleleng ini adalah ibukota Singaraja. Tempat yang punya aneka pantai-pantai cantik. Sebut saj ada Pantai Lovina yang memungkinkan kita melihat lumba-lumba yang menggemaskan di habitat aslinya. Bukan di sirkus lumba-lumba ya, beb. Sensasinya jauh berbeda.  Lalu ada juga Pantai Pamuteran yang menawarkan keindahan alam bawah laut yang bikin speechless saking indahnya. Dan masih banyak lagi pesona alam yang bisa dinikmati di Buleleng, termasuk jug ataman nasional Bali Barat yang menjadi tempat tinggal bagi banyak sekali spesies satwa liar.

Tertarik main ke Buleleng untuk menyesap keindahannya sekaligus menyaksikan Festival Buleleng yang memesona? Tenang, karena infrastruktur di Bali Utara akan semakin diperhatikan dan diupgrade kualitasnya. Akan ada bandara baru dan akses jalan yang dipermudah jadi semakin memanjakan wisatawan. Pengennya sih memang ada keseimbangan pembangunan antara kawasan utara dan selatan Pulau Bali. Kawasan selatan makin padat euy, tidak ada salahnya kalo kawasan utara juga diberdayakan. Tinggal dipoles & dipromosikan tipis-tipis, kawasan utara Bali siap menjadi destinasi liburan baru yang bisa kamu pilih.

Udah kepikiran mau ngajakin siapa main ke Buleleng? :)



9 comments

  1. Bali ternyata nggak hanya denpasar ya ... ada Buleleng dan sebagainya

    ReplyDelete
  2. Bali memang selalu punya daya tarik tersendiri :))

    ReplyDelete
  3. Mbak intan ke Bali? Aku penasaran lho pengen liat langsung penari2 Bali yg matanya bisa kemana2.

    ReplyDelete
  4. Aku kepikiran ngajak dek Ntan ke sini

    ReplyDelete
  5. Liat info festival kayak gini jadi pengen banget jalan2, baru beberapa tempat aja di Indonesia baru dikunjungi

    ReplyDelete
  6. Wah... pingin dah tarveling ke Bali dan lihat Buleleng Festival secara langsung

    ReplyDelete
  7. Keren banget Bali ya. Kaya budaya nya. Pengen bisa ke sana suatu saat.

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^