Tips Bertahan Mengerjakan Job Blogging / Buzzering Berdurasi Panjang (Minimal 1 Bulan)



Pernah menerima job blogging ato buzzering yang dikontrak minimal satu bulan? Dengan tugas seabrek-abrek? Dengan form laporan bertumpuk-tumpuk?

Aku pernah, ada yang udah selesai & ada juga yang sekarang kerjaannya masih jalan. Beda banget rasanya sama job yang sekali lewat. Ada brief, action pengerjaan, isi invoice lalu sudah, tinggal duduk manis nunggu fee meleleh di rekening. Job berdurasi panjang lebih butuh effort & konsistensi. Dalam kurun waktu sebulan itu, mustahil banget waktu kita lowong semua. Ada saatnya di dunia nyata lagi riweuh (apalagi yang punya kerjaan utama ya kan), tapi job di ranah maya gabisa nunggu. Harus diselesaikan. Harus komit. Kalo gak sih bye!


Urusan fee juga beda nih. Ada kerja keras, ada bayaran yang bikin senyum mengembang manis kan. Jadi sepadan lah. Jadi apa yang harus dilakuin biar bisa survive sama job berdurasi panjang begini? Biar gak patah di tengah? Here we go.. Ini juga mejadi reminder buat Intan sih. Biar semangatnya terjaga, gek melempem sebelum kerjaan selesai.

1. Kamu yang tahu kapasitasmu.
 
Tips Bertahan Mengerjakan Job Blogging / Buzzering Berdurasi Panjang (Minimal 1 Bulan)
Kamu gabisa ngerjain semua kerjaan. Pilih. Pilih. Bikin prioritas.

Yas. Jangan maruk. Makin ke sini makin ngeh kalo ternyata job online ni banyaaaak sekali. Rupa-rupa pengerjaannya. Ada yang berfokus di blog, sosmed, naikin TT, macem-macem lah. Nah, kamu kuatnya yang gimana? Ambil berapa job? Kira-kira ganggu kerjaan utama gak? Jadi sebelum ambil job, bener-bener dipikirin dulu, bakal sanggup ngerjainnya dalam waktu panjang atau tidak. Karena sayang beb kalo udah setengah jalan, terus mundur, feenya gabisa dicairin seperempatnya doang. Pilihannya satu, mau jalan terus sampe menuai hasil, ato nyerah di tengah jalan & gak dapet apa-apa. Aku sih milih yang pertama. Pantai pulang, sebelum perang usai. Dan posisinya harus menang (read : sampai fee meleleh). :p

2. “Tidak Bisa” adalah kalimat negatif yang harus dikubur dalam-dalam.

Job berdurasi panjang biasanya maunya tu macem-macem. Minta ini itu anu. Dan kadang, ada hal-hal baru yang harus kita coba. Kayak lihat insight instastory yang udah masuk di highlight. Hmm.. aku baru-baru ini loh bisanya. Lihat tutorial, sist.

Bikin laporan pake Excel juga baru bisa kemarin ini. Emang gak enak pas kita tau kita gakbisa ngerjain something yang diminta. Pusing.. deg degan. Apalagi kalo waktunya mepet. Tapi jangan keburu panik, jangan keburu teriak “Aku tuh nggak bisa!” terus mundur. Jangan sayang! Terpujilah ada google, ada youtube. Browsing bisa kan? Kalo mentok, bisa tanye temen. Pokoknya jadiin ngejob ini sebagai sarana belajar banyak hal baru, bukan sekedar ngincar feenya aja.

Baca juga : 4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog


3. Harus lebih pandai memanfaatkan waktu

Kalo biasanya pas lowong, aku masih suka scroll-scroll sosmed sampai capek, sekarang kebiasaan itu udah berkurang jauh. Bukan gak suka. Tapi waktunya gak ada. Pilihanku gak banyak. Kalo masih mau scroll sosmed gak jelas, jobnya bakal terbengkalai. Belum lagi kerjaan utama Intan di kantor juga gabisa diabaikan samsek. Jadi ngerasa banget sih, waktu lowong sejam dua jam itu mending dipake nyicil kerjaan dibanding gak jelas berkepanjangan.

4. Semangat memang naik turun, tapi kamu harus handle pergerakan  itu dengan baik.

Tips Bertahan Mengerjakan Job Blogging / Buzzering Berdurasi Panjang (Minimal 1 Bulan)
Jaga semangat. Bayangin feenya meleleh manis di rekening yang bisa dipake buat terbang bolak balik ke Jkt wwk

Yap. Kadang ada perasaan mager. Pengen leyeh-leyeh aja, pengen main sosmed tanpa beban. Tapi aku inget lagi baik-baik kalo aku nerima jobnya tanpa paksaan & aku emang mau. Pokoknya jangan diinget capeknya deh, inget-inget berapa banyak pelajaran baru yang didapat saat ngejob. Juga diinget lagi manisnya makai feenya nanti buat jalan-jalan, beli apa yang dimau, dll.

5. Jangan pelit bertandang ke postingan teman satu tim.

Selain agar impressi postingan bagus, menjalin pertemanan sama teman satu tim di kerjaan online ini juga bakal bikin kita gak sendirian. Capek gak sendirian. Bingung gak sendirian. Lagian dari bertandang ke postingan teman-teman, kita bakal punya kesempatan nemu ide baru atau belajar hal baru. Jangan sekedar meggugurkan kewajiban, abis posting terus pura-pura jadi stupa. Hehe.

Itu aja dulu deh. Buat kamu yang sekarang ini punya banyak gawean berkontrak, tetap semangat! Jangan jadikan kerjaan online ini sebagai kerjaan, jadiin aja hobi. Hobi yang dibayar. Hobi yang bikin kita belajar. Hobi yang mempertemukan kita dengan orang-orang baru. Dan hobi yang membuat 24 jam yang kita punya setiap harinya, jadi lebih seru & produktif.

Be happy you!

15 comments

  1. Smga bs menginspirasi yg lain.apalagi yg foto no.4. Jangan lupa kabarin klo ke jakarta

    ReplyDelete
  2. Suka liat ekspresi intan di foto ini. Kek ga ada beban job beruntun, hahaha. Tapi benaran job durasi lama itu harus sebanding juga dengan fee yg didapatkan dan jangan blibet, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget sama komennya ibu milda yang ini, klien yang ngasih job durasi sebulan atau lebih plus kadang minta laporan tapi feenya enggak sesuai sama durasinya itu rasanya sesuatu banget, you know lah, abis jobnya kelar, gak mau lanjut job dari klien A, kapok tepar gara2 infinity jobdesk wishlist yang muncul tiba2 kaya notif grup WhatsApp, berapa banyak? Ratusam. Wahaha, duh, komennya error but seriously, it's a truly experience of mine. Semoga bias bertahan sama job yang durasinya lama begini, capek aku tuh tapi apa boleh buat, mesti komit ya ntan, at least, sampe job ini kelar, trus bye bye infinity laporan yang ditagih dadakan kek tahu bulet.

      Salam
      Agung Kharisma
      Blog: Daily Blogger Pro

      Delete
  3. Keren ini tipsnya, kadang emang perlu menyiapkan waktu untuk berkunjung ke blog atau aku satu tim. Kalau enggak bisa bablas deh. Thanks ya tipsnya

    ReplyDelete
  4. hehehe saya pernah
    dapat job satu bulan
    alhamdulillah hasilnya bisa untuk acara ultah anak meski sederhana
    tapi karena hari hari udah terbiasa kerjaan sosmed..
    jadi ya ga terlalu terbebani sih
    kecuali saat bikin laporan yang agak ribet hehehe

    ReplyDelete
  5. Kalau pas lowong, bikin list kapam kudu selesai ini itu. Bikin targer untuk diri sendiri. Karena seperti yang Intan bilang, kita yanh tau kemampuan diri. Kita yang tau kapan padet, kapan lowong, kapan istirahat, kapan bisa mikir :D

    Aku agak kapok sih kerja sama dengan waktu yg lama. Bukan ga suka, tapi kadang kurang mampu. :) nice sharing Intan..

    ReplyDelete
  6. Tapi selama ngejob sebulan jadi kenal aku kan dari Depok 😀. Tapi aku salut loh sama yang ngasih job di dunia Maya, tanpa pernah ketemu tapi bisa memberikan trusted sama kita.

    ReplyDelete
  7. Kerja klo berdasarkan hobby psti jd lbh menyenangkan ya ka, gak ada dh tuh acara bikin bt, happy terus

    ReplyDelete
  8. malam malam mampir kesini, cari inspirasi. biar nggak lepas mudah putus asa.
    thankyou inspirasinya ya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Aku pernah dan waktu ditawari lagi job berikutnya aku melipir dulu karena kerjaan lagi banyak-banyaknya. Laporannya itu gak kuat wkwkwk

    ReplyDelete
  10. Setuju banget sama yang pertama. Kita yang paling ngerti kondisi kita. Kalau emang tenaganya ga ada aku memilih ga ambil bagian dalam suatu job.

    ReplyDelete
  11. Kalau saya tergantung fee..hehe..ada beberapa job yang antara keribetan fan fee gak balance. Atau koordinator atau agensinya rempong itu yang bikin males.

    ReplyDelete
  12. Capek sih, tapi nagih. Jadi pengen punya kerjaan beneran haha. Tapi masih lama yak, harus sekolah dulu lagi

    ReplyDelete
  13. Betul banget ni mbak ntan. Harus komit dan sadar akan kemampuan kta . Semangat y mbak ntan. Untuk job kontrakan kita yg 1 itu. Hehehee

    ReplyDelete
  14. Nah.. memanfaatkan waktu itu yang penting mbak hehe

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^