4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog



Judulnya ciee ..

Sebagai blogger yang tidak begitu ngoyo mencari pundi-pundi rupiah lewat blog, karena punya pekerjaan utama di dunia nyata, beberapa bulan ini bikin aku amaze, karena baru sadar kalo pendapatan dari blog & buzzering di sosmed, ternyata ….. boleh juga. Bisa banget buat jajan bebek kremes 3 kali seminggu, jajan donat dari A bakery kapan aja aku mau & sesekali jajan baju atau sepatu di olshop kesayangan. Uhuy happy aku tu!

Tapi ini tidak terjadi sim salabim ya genks. Aku mulai ngeblog sejak akhir tahun 2012, mulai ikutan giveaway dan lomba pada pertengahan tahun 2013. Mulai kerasa hasilnya tuh ya baru satu dua tahun ini. Jadi kalo ada yang mutung dan nanya “Kenapa blog aku gak menghasilkan? Katanya ngeblog bisa dapet duit?”. Pas ditanya ngeblognya udah berapa lama, eh ternyata baru sebulan dua bulan. Hm. Mau makan mie instan enak aja, kudu kasih effort & bersabar ya toh?


Dan walau aku bilang kalo aku gak begitu ngoyo ngeblog karena 7,5 jam sehariku sudah dihabiskan di kantor, tapi aku nggak mengabaikan blog-blogku begitu saja. Meski di kantor, selain siaran, aku juga bantu-bantu nulis naskah mini drama, iklan layanan masyarakat, dll, jadi ada kalanya, males banget tuh mau nulis karena udah kecapekan nulis di kantor. Ya bayangin, di kantor udah nulis, balik ke rumah nulis lagi, kadang ya pengen gegoleran aja sambil baca-baca novel. Me time yang super asyique. Tapi meski sedang mager begitu, aku selalu berusaha menyediakan waktu untuk blog minimal sejam dua jam sehari lah. Kalo lagi males nulis, berarti waktunya blogwalking atau cari teman baru di twitter & Instagram. Karena ya.. urusan job ini seringkali terbuka lebar, saat kitanya juga mau memperluas networking. Gicuuu.

Jadi, langkah-langkahnya gimana nih kalo mau dapetin pundi-pundi rupiah lewat blog?

1. Punya blog

4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog
Pict from Pixabay

Yap. Bikin aja dulu sesuai passion teman-teman. Yang hobi makan & menilai enak tidaknya sebuah hidangan, bisa bikin blog dengan niche kuliner. Yang suka ngelenong & seneng nyobain lipen terbaru, boleh coba bikin blog dengan niche beauty. Atau buat orang yang excited dan suka ngoceh tentang banyak hal kayak aku, boleh kok bikin blog dengan niche lifestyle. Bebas. Asal kamu suka sama topik yang akan dibahas. Karena ngeblog ini bukan kerjaan yang kelar sebulan, dua bulan, tapi dalam jangka waktu yang amat lama. Don’t worry, tulisanmu akan menemukan pembaca kok apa pun topiknya. Asal bermanfaat, pasti bakal ditemukan oleh pembaca.

2. Beli domain untuk blogmu

4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog
Pict from Pixabay

Memang ada sih job datang untuk blog gratisan, tapi jarang beb. Dengan punya domain pribadi, blogmu terlihat lebih professional. Aku sendiri, beli domain untuk 2 blogku berbarengan di tahun 2015 & nggak ngerasa rugi kok mengalokasikan sedikit dana untuk domain blog. Karena setelah itu job datang lebih kencang. Kalo istilah senior di komunitas blogger di kotaku “Jangan ragu beli domain blog, kalo kamu rajin, nggak lama pasti bakal balik modal”. Yap, aku setuju. Setuju banget.
Beli domain enaknya di mana?

Kalo kamu cari domain murah, enaknya beli di Niagahoster aja. Soalnya selain harga domain di sana murah meriah, mereka ini bukan anak baru di dunia perhostingan. Niagahoster adalah penyedia layanan web hosting yang sudah mulai beroperasi sejak November 2013. Jadi wajar kalo pelanggan mereka udah banyak banget, udah puluhan ribu aja sist. Woho. Karena ya, selain menawarkan harga bersaing, pelayanan juga prima. Niagahoster ini punya tim support yang standby 24 jam untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar produk mereka, biar gak salah beli. Ntap.

Milih nama blog yang bakal dibeliin domain, juga dipikirin yay. Gak asal pilih karena bakal dipake lama (dan semoga selamanya). Karena kalo nama blognya ganti, alamat blog berubah, ambyar semua itu urusan DA/PA yang udah berupaya dibangun pelan-pelan. So far, aku ngasih nama blog sesimple mungkin. Kayak blog ini nih, inokari dot com. Banyak yang nanya, kenapa nama blognya inokari? Soale kalo pake Intan Novriza Kamala Sari dot com, kok panjang kali ya? Gak gampang diingat & nama Intan juga udah bertebaran banyak banget di dunia perblogan ini. Jadi wis, pake inokari aja, singkatan dari nama lengkap, gampang diinget & mayan unik menurutku sih. Hoho

3. Konsisten menulis & memperluas networking

4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog
Pict from Pixabay

Tulisan bagus tanpa konsistensi ya percuma. Pembaca bakal kabur kalo blogmu nda diupdate dalam kurun waktu yang panjang. Belum lagi skor DA/PA yang bisa jeblok. Pageviews yang bye saja kalo blogmu sudah dipenuhi sarang laba-laba. Banyak menulis, membuka kesempatan untuk mendapatkan pembaca baru. Jangan takut tulisan jelek deh, selagi gak memuat hate speech, menyinggung SARA or something like that, nulis ya nulis aja. Tulisan yang jelek bisa diedit, tapi tulisan yang tidak pernah ada, mau diapakan?

Lalu jangan sungkan gabung di komunitas blogger. Biar punya teman sharing, membuka kesempatan juga untuk dapat job-job menulis. Dan jangan lupakan tentang take and give. Kalo sering dapet info job dari grup kesayanganmu, jangan pelit untuk bagi info job juga. Berbagi info itu menyenangkan dan jangan takut dapat saingan dapat job karena setiap blogger punya jatah rezekinya masing-masing. Percaya deh.

4. Mau upgrade diri dan jangan terlampau cepat bilang “Ah, aku tidak bisa!”

4 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Pundi-pundi Rupiah dari Blog
Pict from Pixabay

Yuhuuu. Jangan menutup diri terhadap ilmu baru. Kayak sekarang nih, banyak blogger yang merangkap as vlogger juga. Gakpapa. Malah postingan bakal makin oke kalo pernak-perniknya banyak, ya kayak nyelipin video di postingan, biar pembaca juga makin excited baca.

Terus, kadang kalo mau daftar job tu ada syarat-syarat yang kayaknya kita gak bisa kerjain. Kayak yang terjadi sama aku beberapa waktu lalu. Di salah satu syarat job katanya harus insert file pdf. Huhu gak ngerti caranya sebenernya. Tapi jobnya aku terima, lalu googling sampe nontonin video di youtube gimana caranya insert file pdf dalam postingan. Astaga, ternyata gampil banget. Wkwkw. Intinya sih, jangan terlalu cepat nyamber “Ah, gak bisa nih.”

Gimana, kalo coba dulu? Pelajari dulu? Belajar dan nyoba tu gak bayar, beb!

Segitu aja dulu tips dari aku seputar langkah-langkah yang mesti dilakukan kalo mau dapat job blog. Jangan lupa, ngeblog itu butuh proses, gak instan, butuh konsistensi. Kalo emang passionmu di sini & kamu punya konsistensi, kamu bakal survive. Tapi kalo sekedar ikut-ikutan doang, bye.. kecil kemungkinan blognya  bakal berumur panjang.

Jadi, semangat ya! :)

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^