Bermacam-macam Harga Mobil Penumpang di Indonesia



“Ntan, kalo jadi ambil mobil, sekalian ambil mobil penumpang dong. Jangan ambil yang kecil. Biar sekalian nanti bisa dipake kalo udah berumah tangga.”

Aku mengerenyit. Mobil penumpang nih maksudnya yang seperti apa? Setipe angkot begitu kah? Hihi. Googling punya googling, ternyata mobil penumpang adalah …

Bermacam-macam Harga Mobil Penumpang di Indonesia
Pict from Pixabay

Mobil penumpang adalah setiap kendaraan bermotor yang semata-mata diperlengkapi dengan sebanyak-banyaknya 8 tempat duduk, tidak termasuk tempat duduk pengemudinya, baik dengan maupun tanpa perlengkapan pengangkutan bagasi. (Pasal 1 Angka 1 Huruf c UU nomor 3 tahun 1965 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya)


Oke baik. Berarti mobil punya bapak ibu di rumah itu fix masuk kategori mobil penumpang. Itu loh, si mobil yang punya kembaran di mana-mana, yang dijuluki mobil sejuta umat. Aku ingat banget, tahun 2012 lalu saat bapak & ibu memutuskan membeli mobil jenis itu, pertimbangannya ya biar bisa ngangkut banyak orang. Mungkin banyak orang Indonesia yang punya pertimbangan begitu juga yess ketika membeli mobil. Memilih yang muatannya banyak, agar sewaktu-waktu bisa mengangkut banyak anggota keluarga. Apalagi pas momen khusus kayak mudik, jalan-jalan saat hari raya, wuhuu.. mobil penumpang ini idola sekali.

Bahkan kalo di daerah pedesaan, orang-orang masih kerap jalan-jalan keluarga pakai mobil bak terbuka. Biar muat rame-rame. Waduh, padahal itu bahaya, mobil bak terbuka bukan peruntukannya dipake buat ngangkut orang. Sampe dibikin surat pengumuman segala dari pihak kepolisian biasanya kalo jelang hari raya, biar gak ada yang nekat duduk cantik jalan-jalan pakai mobil bak terbuka. Solusinya ya punya mobil penumpang ini gaes, biar enak jalan-jalan bareng sama keluarga besar. Nyaman. Aman. Karena memang sesuai dengan peruntukannya buat ngangkut banyak orang.

Harga mobil penumpang di Indonesia ada di kisaran berapa sih? Cem macem. Bisa disesuaikan dengan budget yang dipunya. Kisaran 100 jutaan ada. 200 jutaan juga ada. Mau yang lebih mahal juga … banyak! Selain tampilannya yang menarik, mobil penumpang juga sudah dilengkapi dengan fitur keamanan & keselamatan yang lengkap, jadi makenya juga lebih nyaman.

Beberapa contoh mobil penumpang di Indonesia, seperti misalnya ada Toyota Calya. Disebut-sebut masuk dalam jajaran 10 mobil penumpang paling murah di Indonesia, mobil satu ini memang dibekali kapasitas mesin 1.200 cc saja, fiturnya juga tidak begitu canggih. Namun, harganya yang ada di kisaran 130 – 150 juta rupiah, membuat mobil ini punya banyak peminat.

Idola lain adalah Honda Mobilio. Memang sih, angka penjualannya agak geser ke bawah sejak muncul Xpander & Wuling, tapi banyak juga yang tetap mengidolakan Mobilio. Tampilannya yang cantik, dilengkapi dengan 3 baris kursi hingga kapasitas mesin mencapai 1.500 cc adalah kombinasi ciamik untuk memenuhi syarat sebagai mobil penumpang yang banyak peminatnya di negeri kita. Harganya lumayan jauh disbanding Calya, sekitar 180 – 240 juta rupiah.

Selain itu, masih ada beberapa mobil penumpang lain, seperti Daihatsu Xenia yang punya performa oke dengan harga bersaing. Ada juga Toyota Avanza yang siebut-sebut sebagai rajanya mobil penumpang di Indonesia. Kemudian ada Nissan Evalia yang masuk kategori mobil penumpang murah, tapi tidak murahan, plus punya fitur menarik dan canggih.

Mau pilih yang mana?

Bermacam-macam Harga Mobil Penumpang di Indonesia
Pict from Pixabay

Intinya sih belajar mengoptimalkan fungsi kendaraan, sesuai dengan kebutuhan. Toh, mobil ini dirancang sesuai dengan kebutuhan manusia. Bentuk, mesin hingga kelas mobil dibuat berbeda. Untuk yang tinggal di daerah pojokan yang jalanannya bikin sering-sering istighfar, barangkali memiliki mobil tipe SUV adalah pilihan yang masuk akal. Anak gadis yang tinggal di daerah perkotaan yang jalanannya mulus, barangkali lebih memilih sedan untuk dikendarai. Sedangkan yang beli mobil dengan tujuan biar bisa dipake rame-rame bareng keluarga besar, beli mobil penumpang adalah pilihan yang oke.

Jadi, sudah tau mau ambil mobil yang mana?



No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^