Mengelola 3 Blog dengan Niche Berbeda, Serius Ntan?



Beberapa waktu lalu aku mendapatkan beberapa hadiah-hadiah berfaedah dari Blogger Bengkulu. Sebut saja ada domain gratis, consult blog gratis selama 3 bulan, pelatihan menulis buku secara online, hingga free voucher belajar TOEFL sebesar Rp 500.000,-. Bilang apa dek? Alhamdulillah.



Karena hadiah-hadiah itu juga, niat untuk bikin blog satu lagi yang selama ini suka maju mundur cantik, akhirnya ngegas juga. Mikirin apa lagi sih? Domain dibayarin, puyeng masalah tampilan blognya nanti bisa tanya-tanya. So here we go, aku bikin blog satu lagi dengan niche kuliner, namanya My Yummy Day. Alasannya simple, karena aku suka makan, suka jajan & sekarang lagi belajar masak juga tipis-tipis, jadi Insya Allah tidak bingung-bingung amat mau ngisi blognya pake apaan. Pake cinta dong. Hehe. Lagipula, nanti ketika waktu berganti, ketika uang jajan Intan udah gak bisa lagi dipake melulu buat order makanan via G*ab delivery melainkan buat beli popok bayi, tetep bisa diisi sama aneka resep MPASI ya kan? Eaaa.

Jadi, sekarang Intan punya berapa blog?

TIGA.

Blog yang ini, blog nano nanoku yang sudah ada sejak pertengahan tahun 2013. Yang udah pernah ngasih smartphone, uang jajan, aneka barang buat job, dan lain-lain. Sungguh ku sayang & pengen minta maaf sekalian karena 5 tahun berlalu, rasanya usahaku untuk bikin blog ini lebih berfaedah, masih sangat kurang. Aku masih menulis sekedar apa yang pengen aku tulis, bukan apa yang orang butuhkan buat dibaca. Kadang ngerasa tulisan di sini sekedar basa basi, belum bisa mewakili Intan yang Intan banget. Banyak cerita yang belum aku tulis, banyak perasaan yang belum aku bagi. Next time, aku bakal nyoba lebih jujur menuangkan apa yang seharusnya dituangkan. Karena yang ditulis dengan hati, nyampenya juga ke hati, right?

Blog kedua adalah Ketimpuk Buku. Lahirnya barengan sama blog ini. Dibuat karena rasa cinta yang besar sama dunia perbukuan. Pada tahun 2015-2016, blog itu nyaris setiap pekan jadi host blogtour buku-buku baru. Kok sekarang sepi dek? Kalo mau bilang sibuk & gak sempat, rasanya bohong sekali ya. Karena kalo sibuk, aku gak bakal sempat-sempatnya nyecroll chattingan di HP pacar sampai ke awal tahun 2017 lalu. Haha. Kapan-kapan aku ceritain, betapa bakat stalking wanita itu sungguh berbahaya. Jadi, aku gak pengen denial & bilang kalo aku ini sibuk. Cuma susah menaklukkan males, cuma memang belum pandai mengatur prioritas. Gicu. Bakal berbenah? Yap tentu!

Blog ketiga tentu adalah si bayi lucu yang bahkan tampilannya masih nyontek si blog utama ini, header belum dibikinin, tapi domain sudah dibeliin. Dia lahir di hari terakhir bulan Juli dengan nama My Yummy Day. Kenapa pilih niche kuliner? Galeri smartphone penuh dengan foto makanan, uang gaji Intan rasa-rasanya 70% lari ke makanan. I love foods so damn much, jadi nggak ada salahnya cerita-cerita soal makanan di blog baru ini. Mungkin fokusnya bukan tentang rasa – kurang gurih, terlalu manis or edebreh edebreh, tapi lebih ke cerita di balik makanan itu, menceritakan tentang teman makannya, ato something yang lebih deep yang aku rasain soal makanan itu. Lebih ke curcol juga ya jatuhnya. Haha haha. Btw, Instagram & twitternya juga udah aku bikini nih biar sepaket. Ayok teman-teman follow @myyummyday di Instagram & twitter. Jan lupa follow @ketimpukbuku juga. Mereka juga ada di Instagram & twitter.

DEK, AKUNMU BANYAK KALI, NANTI LUPA KAU JALAN PULANG KE DUNIA NYATA.

Wkwkw.

Insya Allah tidak ya. Kalo lagi di kantor ya pengen serius 45 sama urusan kantor, kerja yang bener, siaran yang semangat, nulis naskah yang rajin. Yaa paling sesekali ngintip email & WA grup, kali aja ada info job terbaru ya kan? Aku emang lagi semangat banget ngejob akhir-akhir ini, pengen beli kamera dari kapan tau, tapi baru serius nabung dari hasil job blog & buzzer sejak Mei 2018 lalu. Aku catetin bener-bener setiap pemasukan, meski itu hanya job buzzer yang dibayar Rp 50.000,- saja. Tapi wow, ditotal-totalin ternyata emang sangat lumayan. Sebulan bisa mencapai setengah pendapatan Intan dari kantor. Padahal ngerjainnya sambil-sambilan & gak mengerahkan tenaga banget. Kan jadi terharu akutu …

Dan ini perjalananya sudah panjang banget ya dek. Mulai bener bener ngeblog receh tu akhir tahun 2012. Kenal job baru di tahun 2014. Beli domain baru di tahun 2015. Dan di tahun 2018 ini baru memetik hasilnya. Jadi, yang baru ngeblog sebulan, dua bulan, jangan langsung mutung kalo belum dapet job. Prosesnya emang gak instan & butuh waktu. Nikmatin aja, nulis aja, memperluas networking aja, lalu tau-tau satu dua tiga job datang dengan sendirinya.  

Ada rencana buat ternak blog juga beb? Kayanya ada beberapa hal yang harus dipikirin.

1. Beli domainnya jangan barengan.

Biar apa? Biar gak beban banget mekjedug beliin domain buat 3 blog sekaligus. Haha. 2 blog aku sebelumnya harus diperpanjang barengan domainnya di bulan September. Untung yang baru ini agak jauh jaraknya, yaitu kisaran bulan Juli & Agustus. Jadi masih bisa tarik nafas dulu baru kemudian perpanjang domain blog yang lain. Tapi kalo kamu tipikal blogger yang sekali dapat job, rekening langsung luber-luber sih ndak papa beli barengan juga.

2. Pilih niche yang kamu suka, lalu komitmen lah.

Suka adalah kunci, namun tetap butuh komitmen sih. Tuh contoh kasusnya kaya blog Ketimpuk Buku. Aku suka banget baca, apalagi novel-novel romance yang menguras emosi. Bisa kelar 2 novel sekali duduk. Tapi apa kemudian blog bukuku selalu aktif? Ndaaak. Bacanya sering, nulis reviewnya yang males. Nah si MALES ini kudu dilawan. Gakpapa menghasilkan tulisan yang biasa-biasa aja, asal ada. Daripada pengen yang sempurna, tapi gak ditulis-tulis. Beb, tulisan jelek bisa diedit. Tulisan yang nggak pernah ada mau diapain?

3. Punya target, punya goals.

Target ini bukan untuk membebani, tapi biar kita sadar diri kalo mau leyeh-leyeh tidak berfaedah. Mending ngeblog toh ketimbang stalking akun mantan? Wkwk. Tapi ya jangan sampai ngepush diri terlalu keras. Jangan mengurangi waktu istirahat, tapi manfaatin aja waktu luang yang selama ini sering terbuang sia-sia. Sesimple itu sih. NGEJALANINNYA YANG GAK SIMPLE, YHA? Haha. Pengen menghasilkan berapa postingan dek tiap bulan? Aku nargetinnya bukan berupa postingan lagi sih sekarang. Lebih ke SETIAP HARI HARUS NULIS minimal satu jam lah. Satu jam yang selama ini bisa dihabisin begitu aja dengan lihatin insta story temen-temen, mau dialihin buat nulis yang kenceng. Syukur-syukur bisa menghasilkan satu dua postingan.

Goals. Goals mu ketika ngeblog apa sih? Kalo aku karena pengen punya diary digital yang sekiranya bisa ngasih faedah tipis-tipis buat orang lain. Pegang goals itu kenceng-kenceng. Kalo lagi males nulis, inget ada yang nungguin tulisan terbarumu. EMANG ADA? Anggap aja ada lah haha. *brb lihat GA, berapa sih visitors bulan ini? Hehe. Eh, goals yang lain juga boleh kok. Kayak aku nih yang udah 5 tahunan ngeblog, baru kepikiran buat beli kamera dari hasil ngeblog. Agak telat emang mau upgrade diri setelah sekian tahun berlalu. Tapi ndakpapa lah ketimbang gak berkembang sama sekali. Target selanjutnya? Pen jalan-jalan ke Jogjes pure pake uang dari ngeblog. BISA? Ya dicoba dulu.

3 itu aja dulu yang paling penting. Sisanya bisa mengikuti. Udah siap buat ternak berapa blog nih kamu? :)

12 comments

  1. hebt nih adminnya ,, saya punya dua aja yg stu dh jarng di tengok ,,,hee

    ReplyDelete
  2. Widihh semangat ntan... Kalo serius ketiganya bisa menyumbang pundi pundi wkwk

    ReplyDelete
  3. Aku pribadi belum kepikiran untuk ternak blog (baca: diseriusin). Ada sih blog satu lagi, kontennya udah dua, tapi itu udah lama banget enggak diisi. Terakhir diisi sekitar setahun yang lalu, nyeritain pengalaman waktu liburan di Bandung bareng sahabat. Hahaha.

    Penginnya sih aktif. Tapi kubingung, nichenya apaan ya? Kalau niche jalan-jalan, sebenernya kujuga jarang jalan-jalan. Kalau kontennya galau-galauan, ya, sama aja kayak blog pertama yang memang isinya curhat sama cerita-cerita random. Hahaha. Kalau blog sajak? Hmm, sepertinya menarik. Tapi jariku belum mahir dalam menulis sajak. Huhu.

    Yah, paling nanti deh. Dipikirin dulu dengan serius. Biar enggak jadi wacana doang :D

    ReplyDelete
  4. ayo ayo ayo....semangat ntan

    ReplyDelete
  5. Kuat kuat kan intan dari godaaan job beda niche, hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah.. keren kak Intan ngelola 3 blog sekaligus. Aku aja baru satu blog udah kebelenger kak....
    Waduhh... mesti belajar nih sama kak Intan biar terus produktif

    ReplyDelete
  7. Mbk intan keren banget, saya aja cuma punya satu blog malah banyak kosongnya. hee

    ReplyDelete
  8. makasih kak ntan~ Aku jadi lebih termotivasi buat ngurusin 2 anak kembar baruku ahaha XD

    ReplyDelete
  9. Hebat kak ya punya 3 blog. Lho aku, satu blog aja belum sempurna terurus

    ReplyDelete
  10. Keren nich mbx ntan.. Kayaknya aku blum sanggup kayak mbx.. Ngelola 3 blog dg 3 akun sosmed pula . Duhhh. . Aku susah fokus mbak. 1 akun sosmed aja kadang bisa berjam-jam aku maininya. Wkwk .

    Btw , mga disegerakan bisa beli kamera n jalan2 ke jogja ny ya mbakk. .

    ReplyDelete
  11. satu aja saya susah lohhh, keren bgt nih si Intan..

    ReplyDelete
  12. Berkah menang dpt domain lumayan bisa nambah blog lg ya mba. Selamat

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^