Mengulang Sejarah, Kali Kedua Indonesia Menjadi Tuan Rumah Asian Games, Ajang Olahraga Terbesar Se-Asia

Lain lubuk lain belalang

Lain dulu lain sekarang

Tapi kejayaan yang pernah dikecap, boleh lah ya diulang! :)



18 Agustus – 2 September 2018

Gegap gempita masyarakat Indonesia menyambut Asian Games tahun ini. Persiapan di mana-mana. Ikut andil dilakukan siapa saja. Maklum, setelah sekian lama, Indonesia akhirnya kembali menjadi tuan rumah Asian Games. Yeaay! Sedikit flashback, pada tahun 1962, Indonesia untuk kali pertama menjadi tuan rumah ajang olahraga terbesar se-Asia ini, Asian Games. Dan akhirnya di tahun 2018 ini kembali dipercayai menjadi tuan rumah, yang tentu saja dengan segabruk pertimbangan. Tidak asal pilih. Tidak asal tunjuk.


Indonesia menggantikan posisi Vietnam, karena di sana ada beberapa masalah, termasuk juga di bidang ekonomi yang katanya belum siap, fasilitas olahraga juga kurang memadai. Dapat hikmah apa dari kejadian ini genks? Kalo aku nangkepnya, kesempatan itu milik orang-orang yang siap. Ketika kesempatan datang, hap.. tinggal ditangkap. Dan dengar-dengar, pelaksanaan Asian Games ini harusnya dilaksanakan pada tahun 2019, tapi karena di tahun itu Indonesia tengah disibukkan dengan pemilihan presiden, gelarannya dimajukan di tahun 2018 ini.

Meski sudah pernah menjadi tuan rumah, tapi tahun 1962 vs 2018 sungguh tidak bisa disamakan. Banyak PR yang dimiliki Indonesia. Banyak persiapan & perbaikan yang harus dilakukan hingga kelak hari H tiba. Tahun 1962 dahulu kala, saat presiden Indonesia masih Ir. Soekarno, baru 12 negara yang ikut serta dalam gelaran Asian Games. Waktu itu, tim merah putih berhasil meraih 77 medali. Rinciannya 21 emas, 26 perak & 30 perunggu. Indonesia jadi runner up kala itu, hanya satu level di bawah Jepang. Prestasi yang menjadi kebanggaan segenap masyarakat Indonesia. Bisakah kita mengulang sejarah atau malah melesat lebih baik di tahun 2018 ini?

1962 vs 2018.

12 negara vs 45 negara.

1460 atlet vs 15.000 atlet.

13 cabor vs 40 cabor.

The Energy of Asia vs Ever Onward

Tantangannya lebih besar, tapi semangat atlet-atlet Indonesia tentu tak kalah besar. *kirim semangat dan doa banyak-banyak agar tim merah putih pun menang banyak. :)



Dari segi pemilihan tempat kegiatan Asian Games yang berpusat di Jakarta dan Palembang, juga bukan pilihan kancing baju. Palembang dipilih karena sudah berpengalaman menjadi penyelenggara ajang olahraga level internasional. Sebut saja SEA Games XXV tahun 2011, Islamic Solidarity Games 2013, Asian University Games 2014, kejuaraan dunia Skateboard dan Wakeboard 2012, Kejuaraan Asia Pasifik Voli Pantai dari tahun 2010-2017, Kejuaraan Renang Usia Muda pelajar se-ASEAN 2015, etc. Sedangkan Jakarta sebagai ibu kota negara tentu tidak usah diragukan kelengkapan fasilitas & infrastruktur olahraganya. Meski urusan transportasi, kesiapan venue dan strategi mengatasi kemacetan masih menjadi PR besar bagi Jakarta.

40 cabor dipertandingkan, berapa medali yang bisa dibawa pulang?

Aku optimis atlet-atlet Indonesia bisa menyabet medali emas di banyak cabang olahraga, apalagi olahraga yang asli Indonesia seperti Pencak Silat & Sepak Takraw. Wah, atlet Indonesia sudah beberapa langkah lebih maju nih ketimbang atlet dari negara lain. Lah wong sudah akrab ya. Hehe. Bulu tangkis juga rasa-rasanya akan menyumbangkan medali emas jika berkaca dari sejarah & melihat kemampuan atlet tanah air yang membanggakan.

Oh iya, tahun ini juga ada beberapa cabor yang tergolong unik & menarik. Contohnya ada Rollersport, cabang olahraga yang terdiri dari skateboarding dan roller skate. Memang belum begitu terkenal di Indonesia dan penggemar olahraga satu ini kebanyakan anak muda, genks.

Lalu ada juga Bridge. Pernah main? Ato malah jago? Aku nyesel nih zaman kuliah gak jadi ikutan UKM Bridge, karena ternyata permainan yang menggunakan kartu remi ini bisa mengasah otak, sama kayak catur. Bedanya, Bridge dimainkan berpasangan, jadi 4 orang gitu deh, kalo catur kan cuma 2 orang berhadapan adu otak yes. Ada juga permainan basket 3x3, which is pemainnya 6 orang saja. Yang menguji adrenalin macam Paralayang pun diperlombakan loh man teman. Nih ada lagi btw yang asli Indonesia, Pencak Silat. Olahraga bela diri yang berfokus pada pukulan, tendangan, sapuan & bantingan ini juga aku yakini bisa menyumbang medali emas. Iyayy, soalnya Indonesia banget ya kan. Tidak sabar menunggu pertandingan Pencak Silat saat Asian Games nanti. :)


Terlepas dari harapan-harapan jumlah medali & peringkat yang nantinya akan disabet Indonesia, event akbar Asian Games ini perlu didukung & digaungkan. Jadi tuan rumah itu sama sekali bukan hal receh. 1962 ke 2018. Jauh sekali jeda waktunya. Masih lama loh baru bisa jadi tuan rumah lagi, jadi benar-benar harus dimanfaatkan. Dengan adanya Asian Games, keuntungan besar akan didapat Indonesia, seperti di bidang ekonomi. Karena konsumsi tidak hanya dilakukan oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga oleh masyarakat asing yang bertamu. Belum lagi di bidang pariwisata, networking, perbaikan infrastruktur, dll. Banyak deh. Jadi tidak apa-apa beriweuh-riweuh di awal, jadi lebih keren kemudian.

Semua elemen harus terlibat di Asian Games ini agar pelaksanaannya lancar jaya. Pemerintah memperbaiki infrastruktur, memastikan kesiapan venue, mengatur strategi agar urusan transportasi lancar jaya, dll. Pihak Kemenpora pun tidak habis akal untuk menggaungkan Asian Games, lewat ajakan gerakan “ayo olahraga” agar masyarakat Indonesia semakin ngeh dengan pentingnya berolahraga. Ada kegiatan gowes nusantara gala desa, sejuta bola, senam poco-poco nusantara & liga sepak bola berjenjang. Pihak pengusaha juga tidak mau kalah. Akan ada banyak diskon yang bertebaran saat Asian Games nanti. Yipiiii!

Lalu, sebagai masyarakat Indonesia baik nan kece, apa dong yang harus kita lakukan?

Jawabannya adalah menjadi tuan rumah yang keren. Ramah, menjaga kebersihan, turut menjaga ketertiban & keamanan sesuai dengan peran masing-masing. Dan yang tidak kalah penting adalah turut menonton, menyemangati & memviralkan event Asian Games agar semua orang tahu kalo pada 18 Agustus – 2 September 2018 ada event olahraga skala internasional yang tengah berlangsung di Jakarta & Palembang kita tercinta.

Dan terakhir, untuk mengulang kejayaan masa lalu, bukan hanya atlet yang harus berjuang mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia. Namun menjadi tugas kita untuk dukung bersama. Asian Games 2018, The Energy of Asia. :)



29 comments

  1. Bener banget nih kita harus menjadi tuan rumah yang keren. Ramah, menjaga kebersihan, turut menjaga ketertiban & keamanan.

    ReplyDelete
  2. Setuju banget Ntan kalo : Kesempatan itu milik orang-orang yang siap. Mau juga memviralkan event Asian Games, semoga Indonesa berjaya, sukses atletnya yang berlaga dan sukses sebagai penyelenggara.

    ReplyDelete
  3. Saya baru tahu ternyata dulu Indonesia pernah jadi tuan rumah nih. Wih keren deh. Bicara soal olahraga baru nih, selain yang disebutin diatas ada juga cabang olahraga game online, ada berapa macam tuh yang jelas ini pertama kalinya akan diselenggarain di asia. Keren banget gak tuh.

    ReplyDelete
  4. Keren ya, cabornya sekarang banyak. Andai bisa ikut salah satu cabor. Semoga acara tahun ini mendulang sukses, aamiin

    ReplyDelete
  5. Wah baru tau kalau Indonesia dulu pernah jadi tuan rumah hehe

    ReplyDelete
  6. Optimis Indonesia dapet banyak medali di kandang sendiri hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah Indonesia jadi tuan rumah lagi

    ReplyDelete
  8. Baru tau cabang olahraga sebanyak itu hehehe

    ReplyDelete
  9. Mkasih info nya mbx ntan. Mga Indonesia menyabet banyak medali ya mbx.. Kito doakan sama2. Aaminn

    ReplyDelete
  10. tahun ini katanya ada games kan? kegemaran para pria

    ReplyDelete
  11. Semoga Indonesia banyak menang. Dan Indonesia membuat dunia bangga. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Mau nonton Asean games liveeee

    ReplyDelete
  13. Semangat asian games sampe ke civitas akademik juga loh dek, kepoin berita asian games bakal jadi agenda 1 bulan ke depan nih

    ReplyDelete
  14. Berharap jadi salah satu atlit di ASEAN GAMES. Tapi apalah daya sudah tua. :D Indonesia harus juara lagi.

    ReplyDelete
  15. semoga tambah semarak dan bisa meraih medali lebih byk ya untuk Asian Games 2018 ini

    ReplyDelete
  16. ini bakal keren banget y mbak
    Indonesia sebagai tuan rumah semoga bisa kembali mengulang kejayaannya
    semoga banyak medali yang bisa di menangkan

    ReplyDelete
  17. Ayo kak kita dukung bersama dan bantu juga dengan do'a, biar Indonesia meraih banyak prestasi.

    ReplyDelete
  18. Hebat euyy Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Borong medali emas lagi tahun ini.

    ReplyDelete
  19. Hebat ey... Borong lagi medali emasnya. Aamiin

    ReplyDelete
  20. Kalau gak salah, tahun ini ada olahraga games yang dipertandingkan mbak....



    Kemarin aku sekilas baca di mana gitu ya, mau cari sumbernya dulu deh

    ReplyDelete
  21. Semoga tahun ini perolehan emasnya banyak ya

    ReplyDelete
  22. Semoga Asian Games tahun ini sukses, aman dan menang...amin saya percaya pada atlet telah mempersiapkan mental dan fisik nya dgn matang

    ReplyDelete
  23. Yeay, jadi tuan rumah untuk yg kedua kalinya. Sukses untuk selalu untuk atlet atlet indonesia.

    ReplyDelete
  24. jadi ini mungkin asian games pertama dan terakhir yang bisa kita tonton langsung

    ReplyDelete
  25. Bahagianya bisa menjadi saksi sejarah Asian Games 2018, dan bisa bertugas meliput AG 2018

    ReplyDelete
  26. betul banget
    jadi tuan rumah perhelatan akbar
    event multievent begini bukan hal receh
    Kita sebagai anak bangsa patut bangga

    ReplyDelete
  27. Semoga bs banyak meraih medali emas ya apalagi mainnya di negara sendiri

    ReplyDelete
  28. Bangga yaa Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^