Cara Merawat Mobil Matic Agar Tidak Cepat Rusak



Jika 8 bulan lalu, aku masih kuat hati untuk tidak ikut-ikutan teman-teman kantor yang berbarengan membeli mobil, maka sekarang tidak sama sekali. Hatinya sudah nda kuat, beb. Bukan karena malu pakai motor. No no. Melainkan kejadian tempo hari di suatu pagi yang sunyi, bikin aku mantap berpikir kalo bagi seorang penyiar yang sering berangkat kantor before azan Subuh berkumandang & pulang after jarum jam berdentang 12 kali di malam hari, punya mobil di umur segini bukan perkara gengsi, melainkan kebutuhan.

Nyaris. Nyaris aja pagi itu aku menjadi korban tindak kejahatan. :(

Sedih ceritainnya tu. Bikin gemeteran. Setelah akrab 8 bulanan dengan jalanan pagi yang lengang, baru di pagi itu aku diikuti motor lain di kawasan Rawa Makmur, mepet mepet, pengen megang megang. Aduh ingin ku berkata kasar. Terpujilah waktu itu refleks berjalan dengan super baik, meski ketakutan setengah mati, aku bisa teriak sekencang-kencangnya, till pengendara motor iseng itu kabur. Untunglah yang kepegang hanya ujung tangan, kalo bagian tubuh yang lain, ku harus apa? Rasanya bakal trauma berkepanjangan. Gak nyangka bakal ada kejadian itu. Secara, Rawa Makmur itu bukan kawasan sepi. Tapi ya sudahah, mau sepi, mau rame, kalo otaknya udah otak penjahat mah, gak bisa ditahan juga pun.


Setelah kejadian mengerikan itu, aku gak pernah lagi pergi atau pulang siaran sendirian. My best bela-belain antar jemput meski kadang jam dinas kami berbeda. Udah merasa aman sih, tapi jauh di lubuk hati, aku juga gak betah merepotkan terus, nyaris tiap hari pula. Aku tu mikirinnya kalo jam tidur kami masing-masing sedikit banyak jadi keganggu gara-gara sistem antar jemput ini. Jadi mulai berpikir keras untuk ambil mobil sendiri biar lebih aman bepergian di saat matahari masih nyenyak terlelap.

Cara Merawat Mobil Matic
Pict from Pixabay

Tapi .. masalahnya aku nih belum bisa nyetir dan tukang ngerusak barang pula haha. Dulu, pas zaman SMP dan diajarin pake motor, aku merusak 2 motor dong. Cakep! Jadi trauma rusak merusak itu masih gengges sampai sekarang. Takut nabrakin mobil ke warung orang, takut mobilnya nggelosor pas mau lewat tanjakan, dan lain-lain. Pikiran buruk itu selalu ada dan bikin pesimis duluan.

Googling dan googling, aku akhirnya ngeh kalo mobil di muka bumi ini terbagi atas 2 jenis. Satunya yang kaya punya bapak ibu di rumah, manual blas. Satunya lagi jenis matic. Kabarnya, mobil jenis ini adalah favoritnya kaum hawa. Apa pasal?

Mobil matic ini adalah solusi buat orang-orang yang nda jago nyetir manual, sekaligus males repot sama urusan persneling gigi 1-2-3-4-5-R, males sibuk mindahin tuas persneling. Kenyamanan bakal didapat penuh kalo pake mobil matic, gaes. Gak pake pegal karena yang bekerja hanya kaki kanan yang menginjak pedal gas. Tangan kiri bebas, bisa nyambi ngetwit ato update instastory *eh. Makanya, kepraktisan ini bikin mobil matic sebagai mobil idaman generasi milenial, khususnya para ciwi-ciwi.

Tapi dibalik semua kepraktisan yang bikin pengen langsung angkut satu mobil matic ke garasi rumah, ada yang harus dipikirin banget banget. Yaitu soal perawatan. Karena ya, biaya perbaikan mobil matic ini lebih mahal cuy kalo dibandingkan dengan perawatan mesin mobil manual. Jadi harus tiati.

Cara Merawat Mobil Matic
Pict from Pixabay

Cara merawat mobil matic diawali dengan memanaskan mobil sebelum bepergian. Ini kesannya simple, tapi penting. Kalo terbiasa langsung ngegas sebelum dipanaskan, gak lama sih, mesin si mobil bakal terganggu. Yang harus diingat, pastiin tuas transmisi mobil sedang berada di posisi netral, biar mobilnya gak jalan sendiri. Nanti kaget pula kaw! xD

Mengganti oli secara teratur juga menjadi faktor penting ketika merawat mobil matic, apalagi kalo bepergian jarak jauh. Kalo sering lalai ganti oli, wes lama-lama bisa rusak deh tuh bagian sistem transmisi di mobil kamu. FYI, oli mobil matic juga nda sembarangan, darling. Harus pake oli yang khusus mobil matic gitu deh. Jangan dicoba-cobain ganti oli mobil matic, justru diganti pake oli mobil manual. Gak sesuai fungsinya itu, bakal bikin mobil cepat rusak lah pasti.

Servis berkala juga nggak boleh diabaikan. Sama sih kayak kendaraan lain yang butuh dirawat secara teratur, begitu pun mobil matic. Coba sering-sering dibaca buku manual tentang mobil matic, biar makin paham cara memperlakukan si mobil praktis ini. Kalo bingung, kan bisa tanya-tanya di google ato langsung cuss ke bengkel resmi kendaraan kamu. Jangan malas baca, jangan malas nanya pokoknya deh,  biar paham benar cara merawat mobil matic.  

Jadi Ntan, bulan berapa nih kita angkut mobil matic dari dealer? xD



10 comments

  1. Kalau mobil aku belum pernah nyoba belajar nyetir. Karena belum punya juga sih mobilnya. Lebih gampang memang nyetirnya kalau matic, motorpun aku lebih suka yang itu.

    ReplyDelete
  2. Servis rutin itu perlu dan jg pilih jenis bensin yg tepat. Insyallah kendaraan pribadi kita awet

    ReplyDelete
  3. Aku lagi pengen upgrade mobil ke matic biar nyaman berkendara

    ReplyDelete
  4. Tipsnya menarik bgt nh mba..gpp dpt tips cara merawatnya dulu nti beli mobilnya nabung dulu hehe

    ReplyDelete
  5. saya punya mobil matic
    tapi ga diizinkan suami make
    katanya parkiran di kantor saya ga ada awning atau tempat berteduh
    jadi dia kasihan mobilnya rusak karena berhujan berpanas
    aih sebel
    duh kok jadi curcol

    ReplyDelete
  6. Hahaha aku juga nih, gak bisa nyetir mobil. Padahal perlu kalau pak siami gak bisa atau lagi gak di rumah. Dan kendaraan matic itu perawatannya penting banget kan...

    ReplyDelete
  7. Duhh...memiliki kendaraan itu emang harus rajin dan rutin service ya Mba

    ReplyDelete
  8. Perlu banget ya menjaga mobil. Kan Mobilnya juga tetap kece kan sudah nganter ke mana-mana semoga suatu hari nanti kami pun punya mobil pribadi

    ReplyDelete
  9. Bener Mobil matic adalah impian semua wanita. Apalagi di Jakarta yg macet macet macet. . Biar ga cape

    ReplyDelete
  10. secara umum saya aja yah dengan mobil manual. Kecuali olinya yang khusus

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^