Intan Novriza Kamala Sari, Kenangan yang Menjelma Harapan


“Ma, arti nama Intan apa sih? Kadang suka bete nulisnya, panjang bener.”

Mama tergelak.

“Rencananya, dulu nama kamu itu Fitri. Tapi opa nggak setuju. Katanya nama Intan lebih cocok sama kamu.”

“Kok?”

“Opa bilang, pas gede, kamu bakal jadi anak yang berkemauan keras, berharga, bersinar di manapun kamu berada.”

Aku nyengir. Nggak jadi protes. Sejak hari itu aku menghentikan menyingkat nama di buku tulis dengan “Intan Novriza K.S” atau “Intan Kamala”. Lengkap : Intan Novriza Kamala Sari. Sejak aku tau bahwa setiap katanya mengandung doa dan pengharapan yang luar biasa.

November 1993 ..

Aku kadang suka iri dengan kehidupan orang-orang yang serba ‘normal’. I mean, punya keluarga besar yang utuh. Ada papa mama di kiri dan kanan. Hidup tanpa drama yang terlalu drama.

Mama dan papa menikah tanpa restu yang tak cukup kuat. Alasannya banyak. Tapi yang paling kentara adalah menyoal finansial. Papa anak pengusaha kaya, sedangkan mama anak PNS biasa. Tapi sejak aku lahir, mau nggak mau, pihak keluarga papa ‘harus’ menerima mama. Untunglah perlakuan mereka baik sekali padaku, setidaknya itu yang berhasil terekam di memori. Barangkali karena aku adalah cucu pertama dari pihak papa, maupun mama.

Menurut mama, opa lah yang sering menceritakan dongeng-dongeng dengan pesan moral yang baik padaku. Aku tidak ingat, karena waktu itu aku masih sangat kecil. Opa juga yang memberikan nama Intan Novriza Kamala Sari, untukku.

Keluarga papa
Intan. Keras, berharga, bersinar.

Novriza. Lahir di bulan November, anak Rizal.

Kamala. Kamal adalah nama buyut.

Sari. Sesuatu yang wangi, indah dan bermanfaat.

I love my name so much. Selain karena artinya yang membuatku sumringah, terlebih karena hanya nama itulah yang menghubungkanku dengan masa lalu. Pada papa dan keluarga besarnya. Belum genap aku berusia empat tahun, mama dan papa bercerai .. mama membawaku ke Padang Guci, Bengkulu Selatan. Papa kembali ke Yogya. Sekian. Tidak ada komunikasi lagi setelahnya.

Tapi semoga saat salah satu anggota keluarga papa melihat namaku di mesin pencarian google, papa akan menemuiku. *kurang drama apa sih ini cerita :D

Ada beberapa kesulitan yang aku alami dengan nama sepanjang Intan Novriza Kamala Sari.

Terlalu panjang. Nggak muat dituliskan dalam kolom peserta ujian nasional. Jadi aku singkat menjadi ‘Intan Novriza K.S’. Akhirnya, di semua ijazah, KTP, Kartu mahasiswa, SIM, dan surat-surat lainnya tertulis ‘Intan Novriza K.S’.

Terlalu panjang. Nggak bisa dijadikan username twitter atau instagram. :p jadi, untuk akun-akun media sosial itu, aku menggunakan nama @inokari_. Inokari? Apaan tuh?

I : Intan

No : Novriza

Ka : Kamala

Ri : Sari

Lucu kan? Pendek tapi nggak menjauhkan dari nama asli. Ide ini hadir ketika aku duduk di akhir Sekolah Menengah Atas dan mulai kepikiran bikin akun twitter. Tapi bingung mau pakai apa sebagai user. Kalo pake Intan Novriza berasa jahat sama Kamala Sari-nya, begitu pun sebaliknya. Hehe.

Intan versi bayi

Orang bilang, apalah arti sebuah nama.

Tapi buatku nama itu penting sekali. Dalam kondisi down, sedih dan sejenisnya. Aku sering bilang ke diri sendiri “come on! Intan nggak selemah ini.” Berhasil. Intan Novriza Kamala Sari, nama bayi hingga dewasa (dan selamanya) itu adalah doa, anugerah sekaligus moodbooster handal. :)




25 comments

  1. Intan, aku suka kok nama kamu... :D

    ReplyDelete
  2. Apalah arti sebuah nama?
    Sejatinya Nama adalah doa spanjang masa dr ortu kita

    ReplyDelete
  3. nama nya bagus, apalagi novriza, gak nyata ternyata itu gabungan dua kata dari vovember dan nama bapaknya. Namamu juga pake bahasa sansekerta yah, itu ada kata sari :D

    ReplyDelete
  4. intan dari kecil emang udah cantikkk..gemes deh....

    ReplyDelete
  5. Jadi Inokari adalah singkatan nama mu ya makk.. Cantik, secantik orang nya ^.^ kalau aku juri nya, ini aja deh yang menang.. Nama nya sangat berkesan makk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiirrr. Dipuji sama mak Asti yang jauhh lebih cantik :* makasih ya mak. Semoga menang deh. Xixi

      Delete
  6. Intan kecilnya unyuuu banget hihihi. Dalam nama kita terselip doa dan harapan orang tua ya.

    ReplyDelete
  7. inokari... cute :)
    klo baca sejarahnya, emang berkesan bgt yah...

    ReplyDelete
  8. Inokari..ya ampun kreatif banget sih.. :)

    ReplyDelete
  9. Mba, semoga nanti menemukan kembali keluarganya secara utuh ya

    ReplyDelete
  10. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^