4 Alasan Kenapa Ngeblog Harus Pakai Domain.com


4 Alasan Kenapa Ngeblog Harus Pakai Domain.com

Setiap orang punya tujuan tersendiri ketika memutuskan untuk punya blog & menjadi seorang blogger. Ada yang butuh wadah untuk curhat, ada yang mau sharing informasi berfaedah, ada yang memang berniat untuk meraup pundi-pundi rupiah. Atau, ada juga yang memutuskan punya blog agar jadi wadah untuk mengikuti berbagai giveaway & lomba ngeblog. Yang terakhir itu aku. Hehe. Yup, dulu, sekitar akhir tahun 2012, aku memutuskan punya blog karena tergugah ikut giveaway & lomba ngeblog yang infonya banyak bertebaran di facebook dan twitter. Zaman itu, instagram belum begitu hits. Udah punya akun sih, tapi gak begitu tertarik aktif di sana. Cuma sesekali aja posting foto yang jauuuh dari kategori instagramable & dipenuhi dengan seabrek hashtag. Hihiy.

Balik lagi tentang blog. Dulu blogku gratisan, nebeng di blogspot. Bertahun-tahun seperti itu. Saat satu dua blogger mulai membeli domain pribadi, aku masih menimbang-nimbang,

“Domain pribadi? Emang penting banget ya?”


Baru kemudian di pertengahan 2015, aku memutuskan beli domain juga. Bukan karena ikut-ikutan, tapi mulai terasa ‘mati langkah’ kalo blognya gratisan melulu. Lagipula, setiap kali ikutan giveaway atau lomba blog, mulai nyempil persyaratan bahwa blog yang diikutsertakan adalah blog yang sudah menggunakan domain pribadi. Ya sudah, terpaksa deh beli domain.

Well, meski awalnya terpaksa, aku nggak nyesel kok sudah beli domain berakhiran .com untuk 2 blogku di tahun 2015 lalu itu. Banyak keuntungannya euy. Selain jadi lebih kelihatan profesional dan meyakinkan, bisa ikutan banyak giveaway & lomba dengan leluasa, punya kesempatan kerjasama dengan pihak lain, nama blog yang aku suka juga menjadi branding tersendiri di dunia maya. Aku sengaja memilih nama blog Inokari .com, alih-alih menggunakan nama lengkap. Soalnya nama lengkapnya panjang banget, 4 suku kata cuy haha. Sedangkan nama blog itu harusnya ya yang simple & gampang diingat. Inokari .com, gampang kan ya ngingetnya? Hehe.

Eh tapi, kenapa sih harus pakai domain .com?

Oke, jadi sebenarnya tuh begini ..

1. Lebih Profesional

4 Alasan Kenapa Ngeblog Harus Pakai Domain.com


Ketika sudah memutuskan beli domain berakhiran .com, secara naluriah mulai ada semangat untuk menjaga blog dengan semakin baik. Disayang-sayang, diisi dengan konten bermanfaat, sehingga sejumlah uang yang sudah dikeluarkan untuk memperpanjang sewa domain setiap tahunnya gak berakhir sia-sia.

Kalo pas gratisan dulu tuh, nggak ada perasaan eman-eman ketika blog kosong melompong atau diisi dengan ala kadarnya. Tapi pas sudah beli domain, ngerasa sayang aja sih kalo blognya dipenuhi sarang laba-laba. Dengan semangat ngeblog untuk menghasilkan konten yang baik, pintu kesempatan pun terbuka kian lebar. Baik itu dipertemukan dengan pembaca setia, menang lomba bahkan barangkali diajak kerjasama dengan pihak tertentu. Dan ya, pihak yang mau ngajakin kerjasama pun juga bakal lebih yakin kalo blogmu sudah pakai domain pribadi. Terkesan lebih profesional gitu loh.


2. Branding untukmu Sebagai Blogger

Untung aku tuh punya kesadaran beli domain di tahun 2015. Kalo baru kepikiran tahun 2019 ini & alamat Inokari .com sudah diambil orang, gimana? Gabisa dong aku pake nama kesayangan itu sebagai alamat blog.

Lalu, kenapa harus .com ujungnya?

Karena .com sangat populer. Atau boleh ku katakan sangat amat populer!

FYI, zaman dulu belum ada istilah nama domain kalo rang orang mau mengakses suatu website. Masih zamannya IP adress. Misalkan http://06.11.1993/. Ribet ga sih? Banget! Makanya pada tahun 1985 mulai bermunculan ekstensi domain seperti .com. Ada sih yang lain, tapi yang paling banyak peminat dan amat familiar tuh ya .com. Bahkan nih ya, bagi banyak orang awam, website = .com, saking populernya si .com ini.

3. Mudah & Cepat

Susah ga sih kalo mau beli domain pribadi?

Gampang. Cepat pula.

Jadi, yang perlu kamu lakukan hanya perlu memilih domain yang kamu inginkan, cek ketersediaan domain, kalo tersedia ya tinggal selesaikan pembayaran. Beres deh. Nama domain yang kamu mau, bakal segera jadi milikmu dalam waktu yang singkat. Yup, segampang itu. Tentunya jauuuh lebih gampang ketimbang melupakan someone we can’t have uwuuwuw

4. Biaya Daftar & Perpanjangannya Murah

4 Alasan Kenapa Ngeblog Harus Pakai Domain.com

Sumber gambar : Pixabay

Selain mudah, domain .com punya keunggulan lain yaitu relatif murah. Dan murahnya tu bukan kaleng-kaleng. Semacam daftarnya murah, tapi perpanjangannya bikin dompet kembali fitri. Tidak dong. Kalo daftarnya sekian rupiah, perpanjangannya juga ya sekian rupiah. Kalo kamu bayar pakai 2 lembar uang kertas pecahan tertinggi di Indonesia, kamu masih dapat banyak kembalian. Bahkan kalo lagi promo, bisa lebih murah lagi. Asik ya!

Percaya deh, beda rasanya saat blog masih gratisan vs blog yang sudah berakhiran .com. Bakal makin sayang. Bakal lebih semangat untuk menjadikan blog kita enak dibaca & dilihat. Bukan cuma semangat mengupgrade kualitas konten aja, tapi juga penampilan blog. Siapa tau kan, dari yang awalnya males ngoprek tampilan blog, jadi semangat 45 belajar PHP.

Hah PHP? Apa maksudnya Pemberi Harapan Palsu?

Bukan dong zeyeng. PHP ini sederhananya adalah bahasa pemrograman yang bisa bikin halaman blog bisa diolah secara dinamis. Jadi blognya bakal lebih cantik & menarik untuk diakses. Meski kayaknya ribet, belajar php mudah aja kok asal kitanya mau nyoba & semangat terus untuk belajar. Pelan-pelan aja. Gausah buru-buru. Kalo puyeng, istirahat dulu, besoknya baru ngoprek lagi. Yang penting tuh jangan gampang nyerah!

Jadi gimana beb, sudah ada bayangan, blog kesayanganmu kapan nih bakal berakhiran .com & bebas diutak atik sesuka hati? Buruan. Sebelum nama blog yang kamu pengenin keburu diambil orang.

4 Alasan Kenapa Ngeblog Harus Pakai Domain.com
Sumber gambar : Pixabay

Ditikung itu ga enak beb. Serius deh!







1 comment

  1. pernah sekali pake domain sendiri. lumayan trafiknya bergerak. n banyak dikunjungi. tapi sayang servernya tiba tiba berganti. dan nggak ada informasi lagi bagaimana untuk memperbaharui nya jika mau lanjut lagi

    ReplyDelete

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^