Mengulas Tentang Apa Itu Unsalted Butter dan Kegunaannya


Pict from Pixabay

Bagi kamu yang suka memasak, pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya mentega atau butter. Karena memang bahan yang satu ini cukup sering digunakan dalam pembuatan appetizer, main course, hingga dessert. Mentega sendiri sebenarnya banyak sekali macamnya. Sehingga bagi Anda yang berniat menggunakan mentega dalam olahan makanannya untuk mengetahui berbagai jenisnya terlebih dahulu. Sehingga tidak salah menggunakan jenis mentega atau butter. Adapun jenis mentega ada 6 jenis, yaitu salted butter (mentega asin), unsalted butter (mentega tawar), organic butter, whipped butter, european-style butter, dan light butter.


Untuk unsalted butter 25 kg atau mentega tawar cukup banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan. Mentega jenis ini terbuat dari susu atau krim atau campuran antara keduanya dan mengandung lemak susu setidaknya 80%, yaitu elemen lemak dalam susu yang dipisahkan untuk membuat krim. Karena tidak memiliki rasa atau tawar, saat menggunakan butter jenis ini pada olahan makanan harus menambahkan garam pada olahan.
 
Pict from Pixabay

Selain digunakan pada olahan makanan, mentega tawar juga kerap digunakan sebagai MPASI (makanan pendamping ASI) pada bayi. Hal ini lantaran lemak pada mentega ini sangat baik untuk pertumbuhan badan dan otak bayi. Dimana lemak membantu membangun selubung myelin di sekitar saraf dalam otak dan sumsum tulang belakang. Untuk balita biasanya memang dikenalkan pada mentega jenis yang tawar karena baru saja mengenal rasa dan juga kebutuhan akan garam/natrium pada balita hanya sedikit. Baru saat bayi sudah menginjak usia 8 bulan, bisa diperkenalkan dengan salted butter karena ginjalnya sudah cukup mampu mentolerir garam. Dan juga karena memiliki rasa, maka bisa membangkitkan nafsu makan si kecil.

Di pasaran tentunya jual mentega putih dan asin terbilang lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan jenis lainnya. Sehingga bagi ibu-ibu yang ingin mencari mentega tawar sebagai bahan masakan maupun untuk MPASI si kecil, maka perlu mencari tahu tempat untuk membelinya. Sekarang tidak usah bingung karena bisa berbelanja mentega tawar ini di Tokowahab yang stoknya banyak untuk kebutuhan mentega jenis apapun tersedia dengan lengkap, termasuk untuk mentega tawar ini. :)

1 comment

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^