Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu


Assalamualaikum..

Waktu kecil dulu, sama kayak anak kecil kebanyakan, aku pernah bercita-cita jadi dokter. Kayaknya tuh keren banget ya, bawa tas berisi obat-obatan dan peralatan pengobatan termasuk alat suntik kemana-mana, pake jas putih rapih yang bikin derajat kekerenan langsung meroket. Wow. Kesannya sangat pintar dan berhati mulia karena kerjaannya menolong & menyelamatkan nyawa orang lain. Gaji dokter juga gedhe ya kan?

Profesi dokter bagi Intan kecil pokoknya paket komplit banget. Keren, pinter, berhati mulia dan banyak duit buat modal keliling dunia. Heheheheh.

Ada yang punya cita-cita jadi dokter juga semasa kecil, gaes?

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu


Tapi kemudian, cita-cita jadi dokter pun perlahan meredup seiring waktu karena berbagai alasan. Masuk kedokteran tuh susah, saingannya banyak. Biayanya juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan jurusan lain. Terus gaweannya juga bikin nyali ciut. Berurusan sama darah, penyakit-penyakit, atau malah harus berurusan sama mayat. Ya ampun. Kayaknya aku kebanyakan nonton sinetron azab deh ini. Huhuuu.


Perjalanan waktu kemudian malah membawa aku buat kuliah di jurusan Fisika, lalu berakhir kerja di media. Good! Lintas jurusan, lintas profesi, untung bukan lintas galaksi ya gaes.

Tapi sebenernya gini loh, buat dik adik yang punya ketertarikan sama dunia kesehatan, gak usah kadung sedih dan give up sama susahnya masuk jurusan kedokteran ato langsung ngeri-ngeri sedap ngebayangin interaksi sama pasien yang penyakitnya gawat. Kerja di bidang kesehatan itu emang strugglingnya beda, urusannya sama nyawa, tapi kalo udah punya niat yang kuat & passionnya emang di bidang kesehatan, kenapa nggak? Jadi kasusnya bukan kayak Kak Intan yang pernah pengen jadi dokter sekedar pengen terlihat keren ya dik adik. Itu niatnya emang perlu dilurusin hehehe.

Lagipula, jurusan kesehatan itu sebenernya cakupannya luas loh. Nggak terbatas jadi dokter ae. Bisa jadi bidan, perawat, jadi tenaga ahli kesehatan masyarakat, dan lain-lain. Jadi jangan patah arang duluan. Patah tumbuh hilang berganti. Gak bisa jadi dokter, kamu masih bisa loh berkecimpung di profesi yang lain tapi masih di bidang kesehatan. Asik yo!

"Kak Intan, aku kan tinggal di Bengkulu nih, emang ada gitu tempat kuliah yang asik? Yang bisa bantu aku jadi tenaga kesehatan yang hebat?"

Ada dong sayang!

Yuk aku ajak kenalan dulu sama Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dehasen Bengkulu alias Fikes Unived. Jadi, cerita awal berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen berawal dari Akademi Perawatan Karya Husada Bengkulu pada tahun 1995 dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.1.1.2939 tanggal 30 Agustus 1995.

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Udah lahir belum tahun segitu?

Aku udah. Tapi masih piyik. Masih 2 tahun jeeee.

Keberadaannya sudah diakui belum?

Sejarahnya singkatnya begini..

Tahun 2000, Akademi Keperawatan Karya Husada diakreditasi oleh Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Jakarta dengan nilai strata B dengan Surat Keputusan NOMOR : HK.00.06.2.2.00440 tanggal 3 Maret 2006.

Tahun 2008, Akademi Keperawatan Karya Husada dikembangkan Yayasan Dehasen menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen dengan SK Mendiknes NO: 82/D/0/2008 pada tanggal 3 Maret 2008.

Tahun 2017, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Dehasen Bengkulu Merger ke Universitas Dehasen Bengkulu dengan keluarnya Surat Keputusan Merger Universitas Dehasen Bengkulu dari Kementrian Ristek Dikti.

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Jadi gaes, ini bukan sekolah kesehatan ecek-ecek, perjalanannya sudah panjang & keberadaannya sudah sangat diakui. Begitu. Dan yang paling penting, program studi yang bisa kamu pilih pun cukup beragam. Bisa disesuaikan dengan minat dan passion yang kamu miliki. Program studinya adalah :

1. Sarjana kebidanan dan profesi (S1)
2. Ilmu keperawatan (S1) & konversi D3 ke S1
3. Kesehatan masyarakat (S1) & konversi D3 ke S1
4. Profesi ners
5. Keperawatan (D3)
6. Kebidanan (D3)

Bukan cuma program studinya yang beragam, tapi fasilitas yang disediakan untuk menunjang proses belajar mengajar yang menyenangkan juga dipenuhi loh. Seperti ..

Gedung belajar lantai 6 dengan ruang perkuliahan ber-AC.


Laboratorium yang dibagi menjadi 3 jenis lab berupa laboratorium bahasa, laboratorium komputer & laboratorium kesehatan. Nah, untuk laboratorium kesehatan juga dibagi lagi menjadi laboratorium anak, maternitas, gawat darurat, medikal bedah & lab kebutuhan dasar manusia. Komplit abis! Belajar juga bakal semangat banget toh kalo fasilitasnya sudah sekece dan selengkap ini. Cihuuyy!

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Biar makin betah, juga disediakan fasilitas klinik umum, sarana olahraga, aula tempat ngadain acara, hotspot gratis di setiap ruangan, perpustakaan, kantin, mushola sampai dengan tempat penitipan anak & minimarket. Asik gak tuh? Jadi kalo udah di kampus, udah gak minat kemana-mana lagi, karena di kampus juga semua serba ada. Tinggal fokus belajar & mengejar cita-cita jadi tenaga kesehatan yang mumpuni aja lagi. Cakep!

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Makin cakep lagi karena di Fikes Dehasen dosen-dosennya tuh luar biasa. Orang-orang hebat yang siap berbagi ilmu pengetahuan mumpuni buat para mahasiswa/i. Coba deh cek di bawah, sekece apa dosen-dosen di sana. Siap-siap aja ketularan pinternya. Hehehe.

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Meski sukses atau tidaknya seseorang balik lagi faktornya ke dirinya sendiri, tapi menurutku lingkungan juga mendukung. Kalo kita dikelilingi oleh orang-orang berprestasi, pasti jadi termotivasi dong untuk jadi mahasiswa yang aktif, produktif dan berprestasi juga. Nah, di Fikes Dehasen ini anak-anaknya selain serius kuliah, juga aktif berprestasi loh. Nih beberapa rekam jejak keren yang mau aku share juga ke kamu biar ketularan semangat berprestasinya.

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Dan gak usah bingung-bingung sih nanti pas tamat mau jadi apa, mau ngapain. Karena alumi Fikes Dehasen juga udah tersebar di mana-mana. Ada yang kerja di instansi pemerintahan, rumah sakit swasta, perusahaan BUMN/BUMD, perusahaan swasta, PusKesehatan masyarakat juga di klinik. Kece!

Nah, yang tahun ini berencana kuliah & ngambil jurusan kesehatan, sok langsung aja ke Fikes Dehasen yang beralamat di Jalan Merapi Raya, no. 43, Kebun Tebeng Bengkulu, Telp (0736) 21977 & fax (0736) 20598. Syarat & ketentuan coba lihat di flyer yo gaes.

Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

Semangat sekolah. Semangat jadi orang yang bisa memberikan manfaat bagi diri sendiri, orang lain & lingkungan sekitar. :)


Menjadi Tenaga Kesehatan Hebat Bersama Fikes Unived Bengkulu

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition bersama Blogger Bengkulu dan Fikes Dehasen"

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^