Makanan Berkaitan Erat dengan Kesehatan Gigi



Kita tahu bahwa beberapa jenis makanan jika dikonsumsi berlebihan buruk untuk kesehatan gigi. Misalnya saja permen, soda, kue yang mengandung banyak gula, juga makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Sebagian di antara kita mungkin sudah membatasi makanan seperti itu karena sadar akan pentingnya kesehatan gigi.

Tetapi itu saja sebenarnya kurang cukup. Apa yang kamu makan sama pentingnya dengan apa yang kamu tidak makan/hindari. Menjaga pola makan (diet) agar gigi sehat tidak sekadar mengurangi gula, kamu juga butuh mengonsumsi makanan yang menguatkan gigi.

Pict source : Pixabay

Diet untuk kesehatan gigi ini bisa dibilang jarang dibahas. Yang paling populer adalah diet untuk melangsingkan badan, lalu disusul diet untuk kesehatan pada umumnya. Perhatikan saja misalnya diet atkins, diet GM, paleo, dan semacamnya tidak satupun yang benar-benar memperhatikan masalah kesehatan gigi.

Makanan yang Buruk Untuk Gigi

Sekali lagi, gula bisa merusak kesehatan gigi. Terlalu banyak mengonsumsinya maka bersiaplah untuk berobat ke dokter gigi.

Cuma, mengurangi gula memang susah, karena rasanya bikin nagih. Lagipula gula tersembunyi dalam berbagai bentuk makanan seperti saus, kue, roti, bermacam-macam makanan olahan, pendeknya gula ada di mana-mana, juga dalam minuman.
Bagaimanapun, tetaplah berusaha untuk mengurangi konsumsi gula. Kalaupun terbiasa mengonsumsi makanan olahan, periksalah labelnya dan baca kandungannya, pilih yang gulanya lebih rendah. Tetapi gula bukan satu-satunya yang harus diwaspadai.

Pict source : Pixabay

Mengonsumsi karbohidrat sederhana dari makanan olahan juga menimbulkan efek pada gigi seperti gula. Karbohidrat sederhana yang perlu dikurangi asupannya misalnya yang berasal dari makanan seperti kue, roti, biskuit, minuman soda, sereal, dan permen. Sedangkan buah dan sayuran yang juga mengandung karbohidrat sederhana tidak mengapa dikonsumsi.

Minyak nabati olahan juga tidak bagus untuk gigi. Kesehatan gusi sangat terkait dengan kesehatan gigi. Jadi kamu perlu juga membatasi makanan yang buruk untuk gusi.

Ketika gusi berdarah itu adalah tanda peradangan. Gusi dirancang untuk mengirimkan sel-sel imun untuk menghentikan bakteri berbahaya. Makanan yang menyebabkan peradangan membuat sistem imun tubuh lebih reaktif.

Minyak nabati olahan cenderung meningkatkan respon imun di mulut dan usus. Batasi mengonsumsi minyak nabati berikut: canola, jagung, bunga matahari, kedelai, biji anggur. Sebaliknya, inilah yang lebih bagus untuk dikonsumsi: minyak samin, mentega, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

Makanan yang Baik Untuk Gigi

Vitamin A dan vitamin D dibutuhkan untuk pembentukan odontoblas. Vitamin K2 mengaktifkan protein yang membawa mineral dan faktor imun. Tanpa ketiga vitamin ini, enamel gigi kamu tidak terbentuk dengan baik, demikian pula sistem imunnya.
Ketiganya bisa didapatkan dari makanan berikut: hati, telur, keju, mentega, dan yogurt. Selain itu vitamin D juga bisa didapatkan dari sinar matahari.

Mempertahankan keseimbangan oral microbiome juga sangat penting untuk kesehatan gigi. Makanan yang kamu makan bisa menyebabkan ketidakseimbangan oral microbiome. Berikut adalah makanan yang membantu menjaga keseimbangan tersebut: pisang, alpukat, asparagus, dan sayuran pada umumnya juga bagus.

Pict source : Pixabay

Penutup

Sedikit merubah pola makanmu bisa berpengaruh baik pada kesehatan gigimu. Secara umum diet yang bagus untuk gigimu juga bagus bagi kesehatan tubuh.

Jangan lupakan pula untuk memilih pasta gigi berkualitas. Pasta gigi NASA dikenal dibuat dari bahan-bahan yang bagus bagi kesehatan gigi. Kamu bisa mendapatkannya di produknasa.co.id dengan harga terjangkau.

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^