Panduan untuk Mengubah Oli Mesin Anda Sendiri

Pict source : Pixabay


Bersiap untuk Mengganti Minyak Anda

Jadi, Anda sudah memeriksa oli Anda, dan sudah waktunya untuk perubahan. Anda memiliki beberapa opsi: sebagian besar dealer mobil akan melakukan perawatan dasar untuk Anda - terkadang mereka menawarkan layanan gratis jika mobil Anda masih dalam garansi - atau Anda dapat membawanya ke pihak ketiga. Jika Anda ingin menghemat uang, dan Anda tidak keberatan tangan Anda kotor (secara harfiah), Anda dapat melakukannya sendiri dengan biaya yang jauh lebih murah.

Langkah 1: Atur dan Kuras Oli Mesin


Dari permukaan yang keras dan rata, naikkan mobil Anda (gunakan landai atau lift atau jack yang ditempatkan dengan benar). Biarkan mobil idle beberapa menit, untuk menghangatkan oli (penghangat oli lebih cepat terkuras). Selanjutnya, lepas kapnya, cari tutup oli, dan buka. Di sinilah Anda akan menuangkan minyak baru (belum!), Dan membukanya sekarang memungkinkan minyak lama mengalir lebih cepat. Cari di bawah mobil, dan temukan panci minyak. Ini adalah panci logam datar yang dekat dengan mesin. Harus ada semacam steker atau baut ke arah bawah. Tempatkan wajan minyak Anda tepat di bawah steker, dan miliki beberapa koran di bawahnya, jika ada tetesan air.

Sekarang Anda siap untuk menarik steker oli (gunakan kunci soket). Periksa gasket, untuk melihat apakah perlu diganti. Setelah steker mati, coba tebak? Minyak keluar. Anda mungkin berantakan (jujur, Anda akan berantakan). Tangkap minyak di wajan. Sekarang kita tunggu.
 
pict source : Pixabay
Langkah 2: Mengubah Filter Oli

Setelah beberapa menit, oli akan terkuras dari mobil Anda. Ganti steker - kencangkan terlebih dahulu, kemudian dengan soket. Jangan lupa pakingnya! Lihatlah ke sekeliling di bawah mobil untuk filter oli Anda. Itu adalah silinder yang biasanya berwarna biru atau putih. Tidak ada posisi universal untuk mereka, jadi lihatlah filter oli baru yang Anda beli untuk menggantikan yang lama sebagai panduan. Setelah Anda menemukannya, buka yang lama dari majelis. Putar perlahan, berlawanan arah jarum jam. Anda harus bisa melakukan ini dengan tangan Anda, tetapi gunakan kain jika Anda membutuhkan pegangan tambahan. Tarik, dan pastikan juga menarik cincin gasket karet. Jika macet di perumahan, lepaskan. Tidak apa-apa, tangan Anda sudah kotor dari colokan oli.

Sebelum Anda memasang filter baru: celupkan jari Anda ke dalam beberapa kelebihan minyak dari filter lama. Oleskan di sekitar cincin gasket filter baru untuk melumasinya, dan buat segel yang rapat. Setelah Anda melumasi filter baru, hati-hati nyalakan. Baca paket untuk instruksi pengetatan tertentu.

Langkah 3: Menambahkan Minyak Baru

Setelah filter baru terpasang, dan Anda sudah menancapkan panci minyak, Anda bisa menambahkan minyak baru. Periksa jumlah dan berat / jenisnya terhadap manual pemilik Anda, dan tuangkan semuanya dengan hati-hati. Ganti tutup oli setelah selesai. Bersihkan segala kelebihan yang mungkin menetes atau tumpah. Anda siap menghidupkan mesin Anda. Periksa lampu tekanan oli mobil, dan dengan mobil Anda di tempat parkir atau netral, lihat di bawahnya apakah ada tetesan atau kebocoran. Biarkan mesin berjalan sejenak untuk mendapatkan kembali tekanan oli yang tepat.

Langkah 4: Membuang Minyak Tua

Tentu saja, Anda tidak bisa begitu saja membuang minyak kotor yang terkuras dari mobil Anda, itu adalah bahaya lingkungan. Tuang ke dalam wadah permanen (tabung susu tua akan melakukannya), beri label, dan bawa ke tempat pengumpulan yang ditunjuk di daerah Anda. Anda biasanya dapat memperoleh info ini dari tempat Anda membeli oli dan filter baru. Terakhir, atur ulang indikator jarak tempuh Anda, sehingga Anda akan tahu kapan saatnya mengganti oli Anda.

Nah itu tadi adalah langkah-langkah mengganti oli mesin. Kunjungi mobil.co.id untuk mencari tahu lebih dalam tentang oli. Sekian dan terima kasih.

No comments

Makasih udah baca, tinggalin jejak dong biar bisa dikunjungin balik ^^